Cara Mengobati Bisulan dan Pencegahannya

By Categories : Kesehatan

Cara mengobati bisulan sebenarnya cukup mudah. Anda cukup menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita untuk mengobati penyakit kulit ini. Ases kulit atau furunkel atau yang lebih sering disebut dengan bisul merupakan suatu benjolan pada kulit yang mengalami peradangan serta pembengkakan. Biasanya benjolan bisul tersebut akan berisi nanah. Bisul sendiri disebabkan oleh bakteri staphylococcus auerus, bakteri tersebut akan masuk ke kulit melalui pori-pori. Di mana bisul tersebut dapat tumbuh di mana saja, tergantung dari bakteri tersebut hinggap di bagian kulit yang mana. Pada umumnya kulit yang terluka akan lebih mudah dimasuki oleh bakteri tersebut.

Tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda, selain menyebabkan rasa sakit pada kulit yang terkena bisul, penyakit ini juga sering mengeluarkan nanah serta darah kotor. Namun Anda jangan khawatir, berikut adalah cara mengobati bisul dan pencegahannya.

Cara mengobati bisulan secara alami

Kompres dengan air hangat

Mengompres dengan air hangat adalah cara mengatasi bisul yang paling efektif. Karena setelah Anda menyadari adanya bisul lalu Anda segera mengompresnya dengan air hangat ini akan menurunkan resiko terjadinya komplikasi lebih lanjut. Beberapa manfaat yang dapat Anda perolah dengan cara melakukan hal ini antara lain ar hangat dapat meningkatkan sirkulasi di sekitar bisul, membantu untuk mendatangkan antibodi serta sel darah putih serta dapat meredakan nyeri.

Kunyit

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, kunyit juga berguna untuk mengatasi peradangan akibat bisul. Hal ini dikarenakan bumbu dapur ini memiliki zat anti-inflamasi atau anti peradangan. Cara memanfaatkan kunyit sebagai obat bisul pun mudah, campurkan bubuk kunyit dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada bisul. Setelah mengoleskannya pastikan Anda membalutnya, karena kunyit dapat meninggalkan noda pada pakaian Anda.

Cuka sari apel

Cara mengobati bisulan selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel merupakan desinfektan alami yang berfungsi untuk membersihkan infeksi dari bisul saat nanah mulai keluar. Caranya pun sangat mudah yaitu tuangkan cuka sari apel pada kapas kemudian tempelkan pada bisul. Untuk mengurangi rasa perih, Anda dapat mencampurkan cuka sari apel dengan air.

Obat Bisul Tradisional Paling Ampuh dan Mujarab

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah dan juga tanaman obat. Ada beberapa jenis tanaman obat alami yang ampuh untuk mengobati bisulan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mengobati bisul dengan obat tradisional.

Daun ciplukan

Yang pertama adalah daun ciplukan. Tanaman yang satu ini sering dijumpai di pekarangan rumah. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah yaitu siapkan daun ciplukan secukupnya lalu cuci hingga bersih dan tumbuk sampai halus. setelah itu oleskan tumbukan daun ciplukan tersebut pada bisul dan sekitarnya. Gunakanlah kain atau perban untuk membalut bisul. Dan pastikan Anda mengganti kain atau perban tersebut dua kali sehari.

Bunga matahari

Yang kedua adalah dengan menggunakan bunga matahari. Petik bunga matahari dan ambil biji wijen secukupnya. Kemudian sangrai bunga matahari tersebut hingga berubah menjadi kecoklatan kemudian tumbuk hingga halus. Lalu tuangkan minyak wijen pada bunga matahari yang telah halus tadi lalu aduk hingga halus. Oleskan pada bisul secara tertaur.

Daun asam jawa

Tak hanya buahnya saja yang dapat digunakan sebagai bumbu dapur ataupun sebagai obat tradisional. Daun asam jawa juga memiliki kandungan zat baik yang sangat ampuh untuk mengatasi bisul. Cara mengobati bisulan dengan obat tradisional yaitu siapkan daun asam dan kunyit jawa sekupunya. Tumbuk halus kedua bahan tersebut setelah itu oleskan pada bisul. Untuk mempercepat proses pengobatan, gunakanlah obat ini secara teratur.

Daun bayam

Obat bisul tradisional paling ampuh dan mujarab berikutnya adalah dengan menggunakan daun bayam. Selain sangat ampuh untuk mengatasi anemia daun bayam juga juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat bisulan. Caranya, sediakan daun bayam duri dan madu murni secukupnya. Kemudian cuci dan haluskan, tambahkan sedikit madu lalu oleskan pada bisul. Balut dengan kain kasa atau kain dan gantilah pembalut setiap 2 kali sehari.

Daun bandotan

Caranya ambil beberapa lembar daun bandotan dan haluskan. Setelah itu Anda bisa menempelkannya pada bisul yang masih kecil ataupun yang sudah meradang. Lalu balut dengan kain kasa.

Nah itulah beberapa cara mengobati bisul secara alami. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.
Cara mencegah bisul datang kembali

  • Jangan berbagai handuk, pakaian dan selimut dengan penderita bisul
    Meskipun bisul bukan termasuk kategori menular, akan tetapi bakteri penyebab bisul dapat menular melalui perantara tersebut. Oleh karena itu untuk mencegah datang kembali sebaiknya Anda tidak berbagai handuk, pakaian ataupun selimut.
  • Bersihkan luka
    Seperti yang Anda ketahui bakteri penyebab bisul dapat mudah masuk ke dalam kulit melalui luka di kulit. Sehingga jika Anda memiliki luka, pastikan Anda segera membersihkannya menggunakan sabun antiseptik lalu mengolesinya dengan salep dan menutunya dengan perban.

Nah itulah beberapa cara mengobati bisulan dan pencegahannya yang dapat Anda coba.

Tags:remajaHijab syarii, apakah air kelapa bisa mengobati biaul, kelapa ijo untuk bisul, kumpulan wanita berhijab syar\i seluruh dunia