Cara Mengobati Herpes Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Herpes merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut menyerang saraf tepi sehingga dapat menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. Rasa sakit tersebut masih terus dirasakan walaupun luka sudah kering dan sembuh. Penyakit ini diawali dengan pembentukan gelembung kecil yang berisi cairan air yang berkelompok.

Penyakit herpes dapat menyerang siapa saja karena mudah sekali menular.Jenis penyakit herpes terdiri dari berbagai macam. Jenis yang paling sering dijumpai di Indonesia adalah jenis herpes simpleks dan herpes zoster. Herpes simpleks atau dikenal juga dengan herpes genitalis merupakan herpes yang disebabkan oleh virus hominis (HVS), yakni jenis herpes yang sering terjadi di kulit bagian mata, mulut, anus, dan mampu menyerang sistem saraf pusat. Sedangkan untuk herpes zoster adalah infeksi peradangan yang terjadi pada kulit dan disebabkan karena virus varicellah zoster. Virus tersebut yang menimbulkan gelembung cairan dan dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh.

cara mengobati herpes

Walaupun terbagi menjadi beberapa jenis tetapi pada umumnya gejala dari semua jenis penyakit herpes adalah sama. Herpes merupakan salah satu jenis penyakit menular yang harus diwaspadai, penularan penyakit ini dapat terjadi secara langsung bersentuhan dengan penderita herpes ataupun melalui media, seperti handuk, baju dan hal lainnya.

Cara Mengobati Herpes Paling Ampuh

Masa inkubasi penyakit ini yaitu 7 hingga 12 hari. seseorang yang mengalami herpes biasanya akan merasa meriang, pening dan nafsu makan menurun. Selain itu, area yang terinfeksi virus herpes juga akan terasa nyeri dan perih. Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adalah cara mengobati herpes secara alami yang dapat Anda coba.

Menggunakan es batu

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan es batu. Selain berguna untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, es batu juga dapat Anda manfaatkan es batu untuk mengobati penyakit kulit ini. cara penggunaannya pun sagnat mudah, yaitu hanya dengan menempelkan es batu pada kulit yang terkena herpes.

Teh hijau

Yang kedua adalah dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau tak hanya berguna untuk menurunkan berat badan. Maka jangan heran jika banyak seseorang yang berdiet menggunakan teh hijau untuk membantu program mereka. Namun tak hanya itu saja. kandungan vitamin dan zat yang terkandung dalam teh hijau ternyata sangat ampuh untuk mengatasi herpes. Caranya, celupkanlah teh hijau pada air hangat lalu kompreskan pada kulit yang terkena herpes.

baca juga : manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan

Daun waru landak

Cara mengobati herpes selanjutnya adalah dengan menggunakan daun daun waru landak. Caranya, ambilah beberapa daun landak, kemudian jemur hingga kering. Setelah kering, Anda bisa membuatnya menjadi bubuk. Setelah itu seduh dengan menggunakan air hangat dan oleskan pada kulit yang luka akibat herpes.

Jinten hitam

Sudah menjadi rahasia umum jika jinten hitam memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengobati herpes. Caranya, campurkan jinten hitam atau habbatusauda dengan temu putih, daun sambiloto dan brotowali. Rebuslah semua bahan alami tersebut. Setelah itu, minumlah ramuan itu secara teratur 2 kali sehari.

Daun dewa merah

Tak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, daunnya pun memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit kulit ini. caranya, ambilah daun daun dewa merah yang masih segar, lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Biarkan hingga air tinggal 1 gelas. Setelah dingin Anda bisa menyaring dan meminumnya. Minumlah ramuan ini secara teratur dan rutin yaitu 2 kali dalam sehari.

Bagi penderita herpes sebaiknya menjaga agar gelembung dan cairan tidak percah. Ini karena cairan yang pecah akan membuat kuman masuk dan menyebabkan infeksi sekunder. Penyakit kulit ini hanya bersifat sementara yang mampu menyerang permukaan kulit, namun jika terus dibiarkan akan dapat kambuh dikemudian hari.

Cara mengobati herpes di atas juga harus didukung dengan gaya hidup Anda sehari-hari. Hal yang terpenting adalah menjaga pola makan Anda. Para penderita herpes disarankan untuk menghindari makanan seperti telur, kepiting, udang, daging kambing, tape singkong, terasi, alpukat, sirsak, dan minuman beralkohol. Makanan dan minuman tersebut mampu memperburuk keadaan penyakit herpes yang dideritanya.

Karena bersifat sementara biasanya herpes akan cepat sembuh jika ditangani dengan baik. Setelah mengering, herpes akan meninggalkan bekas yang terkadang sulit dihilangkan. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan jagung muda dan bengkoang sebagai obat alami yang berguna untuk menghilangkan bekas herpes. Caranya adalah dengan menghaluskan bengkoang atau jagung muda kemudian gossokkan pada bekas luka herpes. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengobati herpes secara alami beserta gejala dan pantangan yang harus dihindari oleh penderita herpes. Baca juga bahan alami untuk mengobati kurap.

loading...
Tags:cara mengobati Herpes, cara alami menghilangkan herpes, cara menyembuhkan herpes