Cara Mengobati Kaki Pecah-pecah dengan Cepat

By Categories : Kesehatan

Cara mengobati kaki pecah-pecah sebenarnya cukup mudah dengan menggunakan obat tradisional yang dikenal ampuh dan tidak menimbulkan efek samping. Memiliki kondisi kaki pecah-pecah memang membuat banyak orang merasa kurang nyaman. Terkadang kaki terasa nyeri dan sakit ketika berjalan. Hal ini biasanya sering dialami oleh seseorang yang setiap harinya menggunakan sepatu.

Kaki pecah-pecah dapat terjadi karena kurangnya perawatan pada kaki atau bisa juga karena kurang vitamin pada tubuh. Selain itu, kaki pecah-pecah juga dapat karena terlalu sering terkenan sinar matahari. Hal inilah yang membuat telapak kaki menjadi kasar dan kering. Jika tidak langsung diobati maka kondisi tersebut akan lebih buruk dan berpengaruh terhadap penampilan Anda. Cara mengobati kaki pecah-pecah dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang Anda buat sendiri di rumah.

Penggunaan bahan alami tentu lebih aman dibandingkan Anda menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Namun sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab kaki pecah-pecah.
Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan telapak kaki menjadi pecah-pecah. Yang pertama dapat disebabkan karena cuaca yang tidak menentu, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu ekstrim tersebut dapat memicu kaki menjadi kekurangan nutrisi. Faktor lainnya adalah karena sering berenang di kolam renang yang mengandung kaporit tinggi, terlalu sering mandi air panas, dan keringat yang berlebih juga dapat menyebabkan telapak kaki pecah-pecah.

Selain faktor di atas, telapak kaki pecah-pecah juga dapat disebabkan karena berat badan berlebih atau memiliki penyakit tertentu seperti diabetes.

Cara Mengobati Kaki Pecah-pecah Secara Alami

pecah

Untuk mengobati kaki pecah-pecah dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara terbaik adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami karena dapat dilakukan di rumah. Selain lebih aman, cara alami juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda dapat melakukannya secara rutin agar telapak kaki yang pecah dapat kembali normal. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati kaki pecah-pecah

Minyak Zaitun

Bahan alami pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengobati tumit kaki pecah-pecah. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bagian kaki yang pecah secara merata. Kandungan pada minyak zaitun dapat melembabkan kulit serta mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan kembali bersih dan halus. Cara ini dapat Anda lakukan setiap hari sebelum mandi.

Jeruk Nipis

Cara mengobati kaki pecah-pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Selain sering dijadikan sebagai minuman segar, jeruk nipis ternyata baik untuk mengobati kulit pecah-pecah. Cara menggunakannya juga mudah, Anda cukup memilih jeruk nipis yang sudah tua kemudian Anda belah menjadi dua bagian. Setelah itu, Anda gosok jeruk nipis yang usdah dibelah tersebut ke bagian kulit yang pecah-pecah. Cara ini dapat Anda lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal dan kulit kaki tidak kembali kering.

Alpukat

Bahan alami yang dapat digunakan selanjutnya adalah buah alpukat. Buah ini mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh. Dengan menggunakan alpukat secara rutin, kulit kaki yang pecah-pecah akan kembali halus dan tidak kering. Caranya adalah dengan mengambil satu buah alpukat kemudian ambil dagingnya. Haluskan daging alpukat tersebut hingga lembut lalu oleskan ke bagian kaki yang pecah secara merata. Anda juga dapat memijitnya secara perlahan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air bersih.

Alpukat mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E berfungsi untuk antioksidan yang dapat menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, vitamin E juga dapat berfungsi untuk melembabkan kulit. Bahan alami ini juga mengandung vitamin A yang berguna untuk regenerasi sel kulit serta membentuk jaringan kolagen yang baru.

Lemon

Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi. Kedua vitamin tersebut dapat berfungsi untuk meregenras sel kulit mati serta membentuk jaringan kulit baru. Cara mengobati kaki pecah-pecah dengan buah lemon adalah dengan merendam ke dalam air perasan jeruk lemon. Cara ini memang sedikit perih, namun hal tersebut tidak masalah karena ini mendandakan bahwa kulit Anda sedang menerima vitamin yang ada pada buah lemon tersebut.

Madu

Madu memang bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, madu juga sering digunakan oleh wanita untuk perawatan kecantikan. Salahsatu manfaat madu adalah dapat mengobati kaki pecah-pecah dengan cepat. Penggunaan madu secara rutin dapat berfungsi untuk melembabkan kulit kaki yang kering. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke bagian telapak kaki yang pecah setiap hari.

baca juga : cara mengobati kaki pecah-pecah

Itulah beberapa cara mengobati kaki pecah-pecah menggunakan bahan alami yang perlu Anda ketahui.

loading...