Cara Mengobati Mimisan Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami-  Secara medis mimisan juga disebut dengan epistaksin yang berarti pendarahan yang terjadi dengan cara keluar dari lubang hidung. Biasanya hal ini sering terjadi pada seorang anak, namun tidak menutup kemungkinan ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Mimisan itu sendiri dikarenakan oleh lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Keadaan tersebut tentunya terdapat kondisi yang memicu terjadinya pelepasan mukosa salah satunya karena perubahan cuaca yang tidak menentu, terdeteksi tumor pada tubuh, dan juga bisa karena demam yang sangat tinggi. Baca juga ini makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis-Jenis-Mimisan
Meskipun pada dasarnya penyakit mimisan tidaklah terlalu berbahaya, namun Anda juga harus sangat mewaspadai juga, karena jika mimisan dibiarkan begitu saja dan terjadi secara terus menerus tentunya akan berdampak lebih besar bagi kesehatan Anda. Nah, agar tidak berdampak semakin besar untuk kesehatan Anda, berikut ini akan saya sajikan ulasan untuk menangani dengan cara mengobati mimisan secara alami. Berikut ini penjelasannya!

Cara Mengobati Mimisan Secara Alami

Sebelum mengobati mimisan dengan menggunakan bahan alami, Anda harus melakukan cara awal untuk menangani pada korban terlebih dahulu. Adapun caranya adalah berikut ini.

  1. Jika Anda menemuai anak atau saudara Anda yang sedang mimisan maka usahakan untuk mendudukkan korban, dan posisi hidung lebih tinggi dari pada jantung dengan begitu aliran darah tidak akan bertambah deras dan kembali normal.
  2. Setelah itu tekan cuping hidung sekitar lima menit atau sepuluh menit.
  3. Setelah itu berikan kompres atau bahan pengobatan alami seperti berikut ini.

Obat Mimisan dengan Bahan Alami

Daun sirih
Pengobatan dengan menggunakan daun sirih sangatlah mudah, cukup dengan mengambil 2 lembar daun sirih setelah itu cuci bersih dan gulung, lalu masukkan pada lubang hidung yang mimisan.

Rambut jagung
Rambut jagung bisa di temuai pada jagung yang masih muda atau juga bisa pada lapisan dalam daun jagung. Rambut jagung dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan dalam, cara hanya dengan mengambil rambut jagung 50 gram, lalu cuci bersih dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Setelah mendidih dan air tinggal satu gelas maka angkat dan minum sampai habis agar mempercepat proses penyembuhan setelah mengalami mimisan.

Nah,, itulah beberapa cara mengatasi mimisan secara alami yang dapat Anda lakukan, agar Anda tidak meras panik jika Anda atau orang disekitar Anda mengalami mimisan. Tindak lanjuti secara cepat masalah mimisan agar tidak berdampak lebih besar bagi kesehatan Anda atau orang terdekat Anda. Sekian dan semoga bermanfaat!

Baca juga artikel terkait lainnya Tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh

loading...