Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Sinusitis merupakan permasalahan yang terjadi pada rongga hidung bagian atas akibat terjadinya peradangan. Penyakit ini dapat diketahui dengan berbagai gejala yang muncul seperti timbulnya rasa sakit pada wajah, merasa pusing atau sakit kepala. Demam pada bagian wajah, keluar ingus bening secara terus menerus, tenggorokan terasa sakit, batuk, dan juga merasa sesak nafas pada bagian rongga hidung.

Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

Dalam dunia medis, sinusitis dapat diatasi dengan menggunakan obat resep dari dokter seperti diberikan antibiotic, steroid, sampai dengan anti inflamasi. Namun ada beberapa kasus yang harus menjalani pembedahan akibat dari penyakit sinusitis. Di antara terdapat cara pengobatan yang menggunakan resep dari dokter, ternyata juga ada cara alami yang bisa dimanfaatkan.

Berikut Cara Mengobati Sinusitis dengan Cara Alami

Melakukan Pembatasan Konsumsi Makanan

Selain menggunakan cara operasi bagi mereka yang mengalami sinusitis, cara alami juga masih banyak dijadikan sebagai alternatif untuk pengobatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi sumber makanan yang dikonsumsi. Ketika sinusitis sedang kambuh, sebaiknya mereka perlu mengurangi sumber makanana seperti telur, coklat, makanan olahan seperti gorengan, sampai dengan susu. Selain menghindari makanan tersebut, penderita harus tetap mencukupi kebutuhan minum air putih.

Dengan Menggunakan Terapi Gurah

Cara mengobati Ssinusitis selanjutnya adalah dengan terapi gurah. Terapi gurah dilakukan guna untuk mengeluarkan lendir kotor dan berkuman. Dengan adanya terapi ini tentu sangat jelas mengurangi lendir yang berada pada tenggorokan maupun yang ada di tenggorokan. Untuk itu jangan ragu jika Anda akan menjalankan terapi gurah ini.

Mengonsumsi Propolis

Cara yang ketiga adalah dengan mengonsumsi propolis. Propolis sendiri merupakan zat alami yang hanya dihasilkan dari lebah madu. Zat tersebut didapatkan oleh lebah madu berasal dari daun-daun yang diambil dari daun atau bunga. Secara umum propolis digunakan lebah untuk menseterilkan tempat mereka agar terhindar dari bakteri maupun jamur. Untuk penggunaannya sebaiknya dilakukan selama 3 kali sehari, dengan meneteskannya sebanyak 1 kali pada hidung. Oleh sebab itu propolis banyak digunakan oleh orang karena alami dan tidak memiliki efek samping.

Menggunakan Campuran Herbal

Cara mengobati sinusitis selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran obat herbal seperti bawang putih, bawang merah, lobak, dan juga cabai rawit ke dalam menu makanan seperti sup. Dengan adanya campuran herbal tersebut membuat lendir yang dihasilkan mengurang. Selain itu Anda juga bisa mencoba lobak Jepang yang disebut wasabi, namun wasabi memiliki cita rasa yang sangat pedas.

Menggunakan Ramuan Cuka Sari Apel

Untuk cara ini Anda dapat mencampurkan 1 sampai 2 sendok teh cuka yang dicampurkan dengan sari apel sebanyak 6 ons serta tambahan satu sendok teh madu sebagai pemanis alaminya. Minum sebanyak 3 kali sehari selama kurang lebih 1 minggu. Cuka dan sari apel dapat membantu lendir yang mulanya padat menjadi tipis.

Demikianlah tadi ulasan mengenai cara mengobati sinusitis secara alami yang biasa menjadi alternatif sebagian orang. Untuk amannya sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis THT agar mendapatkan saran. Baca juga artikel mengenai Tips mengatasi tenggorokan gatal.

Tags:seputar wanita sinusitis