Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

By Categories : Kesehatan

Nafsu makan tidak terkontrol dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebih yang tentunya menyebabkan kegemukan atau disebut dengan obesitas. Permasalahan tersebut selain tidak baik untuk kesehatan, juga akan mengurangi penampilan menjadi kurang menarik. Ketika seseorang sudah mengalami permasalahan seperti kegemukan maka susah untuk mengembalikan posisi tubuh seperti semula. Nah untuk itu sebaiknya dicegah dengan memperhatikan pola makan, serta mengurangi nafsu makan berlebih. Di bawah ini terdapat beberapa cara mengurangi nafsu makan berlebih yang sebaiknya diperhatikan.cara-mengurangi-nafsu-makan-berlebih

Berikut Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

Jangan Lupa untuk Sarapan

Cara mengurangi nafsu makan berlebih yang pertama adalah jangan lupa untuk sarapan. Sarapan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi nafsu makan berlebih yang dapat menyebabkan obesitas pada tubuh. Banyak pakar kesehatan menyarankan untuk sarapan di pagi hari, pasalnya sarapan di pagi hari membantu tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dapat diubah menjadi energi yang siap digunakan untuk aktivitas seharian. Pola makan yang tidak teratur akan menyebabkan obesitas pada tubuh.

Memenuhi Konsumsi Minum Air Putih

Cara mengurangi nafsu makan yang kedua adalah dengan memenuhi konsumsi air putih. Air putih dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi cairan yang akan digunakan dalam melakukan aktivitas. Kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan akan cairan. Rata-rata orang dewasa akan membutuhkan paling tidak 8 gelas dalam sehari untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makan Secara Teratur

Cara yang ketiga adalah dengan memperhatikan pola makan secara teratur. Pada poin nomor pertama di akhir sudah dijelaskan bahwa terlambat makan atau pola makan tidak teratur dapat menyebabkan rasa lapar berlebihan yang menyebabkan nafsu makan menjadi susah terkontrol. Secara umum ketika seseorang terlambat makan maka rasa lapar akan semakin meningkat, secara otomatis porsi makan semakin banyak. Hal itulah yang bisa menyebabkan kenaikan tubuh kurang terkontrol.

Mengurangi Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Makanan serba instan secara kesehatan memang tidak baik dan dapat membuat tubuh mengalami kegemukan. Makanan cepat saji atau junk food membuat perut cepat merasa lapar akibat nutrisi yang dimiliki kurang dibandingkan dengan makanan sehat seperti sayuran, maupun yang berasal dari buah-buahan. Selain itu, makanan cepat saji juga merupakan makanan penyebab penyakit jantung yang perlu Anda waspadai. Untuk itu jika tidak ingin memiliki nafsu makan berlebih sebaiknya mengurangi makanan cepat saji mulai sekarang.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Protein

Cara mengurangi nafsu makan berlebih yang terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Makanan yang mengandung banyak protein serta rendah lemak akan memberikan asupan energi yang cukup pada tubuh. Ditambah lagi dengan memperhatikan pola makan secara teratur akan mengurangi resiko kegemukan akibat dari rasa lapar dan keinginan untuk makan yang tinggi.

Demikian tadi ulasan mengenai cara mengurangi nafsu makan berlebih. Ada baiknya jika makan secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi serta melakukan olahraga secara teratur bila tidak ingin memiliki berat badan berlebih.