Cara Meningkatkan Kualitas ASI Secara Alami

By Categories : Kesehatan

ASI adalah air susu ibu yang merupakan sumber gizi utama bagi bayi yang baru lahir yang belum dapat mencerna makanan padat secara sempurna. Seperti yang Anda ketahui, saat ini banyak ibu yang tidak memberikan ASI kepada buah hatinya dengan alasan tertentu. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat ASI bagi Anda dan perkembangan bayi Anda? Salah satu manfaat ASI adalah dapat mencegah penyakit pada bayi, meningkatkan perkembangan berbicara dan juga mendukung pertumbuhan bayi Anda.

Sedangkan bagi ibu sendiri, menyusui bayi dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, antara lain mencegah mencegah kanker ovarium dan merangsang produksi hormon oksitosin, di mana hormon tersebut bermanfaat untuk membantu ikatan Anda dengan buah buah hati. Untuk meningkatkan kualitas ASI diperlukan berbagai macam cara salah satunya yaitu mengonsumi makanan yang kaya akan vitamin. Berikut adalah cara meningkatkan kualitas ASI secara alami!

zzx

Cara Meningkatkan Kualitas ASI yang Perlu Anda Ketahui

Mengonsumsi Makanan Berlemak

Cara meningkatkan ASI yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak. Tahukah Anda makanan berlemak dapat membantu Anda untuk memenuhi hindmilk (ASI kaya lemak)? Hindmilk sendiri sangat baik untuk membantu bayi Anda untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal, tidak kurus atau kekurangan gizi. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya lemak baik seperti, buah alpukat, produk olahan susu, minyak sayur, kacang-kacangan dan juga daging.

Mengonsumsi Buah dan Sayur

Seperti yang Anda ketahui mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan khususnya untuk kesehatan pencernaan. Namun tak hanya itu, buah dan sayur juga bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga kualitas ASI. Mulailah untuk mengonsumsi buah dan sayur hijau yang kaya serat untuk meningkatkan kualitas ASI dan menjaga pencernaan sang bayi.

Daun Katuk

Cara meningkatkan kualitas ASI selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi daun katuk. Kandungan laktagagum pada daun katuk bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Tak hanya itu, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol. Keduanya, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar prolaktin yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam mengolah daun katuk, sebaiknya harus diperhatikan secara tepat, karena terlalu matang dalam mengolahnya, dapat membuat nutrisi yang ada pada daun katuk hilang.

Mengonsumsi Makanan Berprotein

Selain mengonsumsi makanan yang kaya lemak, vitamin dan juga mineral ibu menyusui juga harus mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Hal ini karena, protein yang Anda konsumsi dapat bermanfaat untuk membangun jaringan tubuh pada bayi Anda. Sumber protein yang baik dapat Anda temukan pada makanan dan minuman seperti, yoghurt, keju, kacang-kacangan, telur, tahu, makanan laut dan juga daging.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan kualitas ASI. Mulailah untuk menyusui bayi Anda. Karena dengan menyusui ini akan menghindarkan ibu dari berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, menyusui juga dapat menghemat pengeluaran uang, karena Anda tidak perlu membeli susu formula untuk bayi Anda.

Baca juga Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

loading...
Tags:cara memperbanyak hindmilk, cara meningkatkan produksi hindmilk, cara memperbanyak hindmilk asi, makanan untuk meningkatkan hindmilk, agar hindmilk banyak, memperbanyak hindmilk, cara meningkatkan hind milk, cara bikin asi hindmilj, meningkatkan kualitas asi, cara mengahasilkan asi hendmilk, cara mendapatkan asi hindmilk, cara meningkatkan kualitas, Cara pemperbanyak hindmilk, makanan agar hindmilk banyak, makanan untuk meningkatkan kwalitas asi