Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Anak-anak memang sebuah anugerah terindah yang dimiliki oleh setiap orang tua. Setiap orang tua pasti sangat senang melihat para putra dan putrinya saat tersenyum lebar. Namun jika kita mendapati anak-anak dengan gigi berlubang dan warna yang kecokelatan, pastinya ini sangat mengganggu penampilan. Bagi anak-anak merawat gigi adalah bukanlah hal yang paling penting jika dibandingkan dengan bermain. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus mengajari mereka bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak yang benar dan tepat.

cara menjaga kesehatan gigi1

Selain untuk kesehatan, memiliki gigi yang putih bersih dan terawat juga dapat membuat senyuman ceria anak-anak Anda lebih indah dan terpancar. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan.

Cara menjaga gigi dan mulut anak agar tetap sehat

Mengurangi makanan manis

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak yang pertama adalah menghindari atau mengurangi makanan manis. Seperti yang Anda ketahui anak-anak pasti sangat suka mengonsumsi makanan yang merusak kesehatan gigi seperti permen, es krim, susu, teh dan lainnya. Akan tetapi mengonsumsi makanan manis yang tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat justru dapat mempercepat pembusukan pada gigi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan membiasakan memberikan makanan manis pada anak-anak jika Anda menginginkan mereka memiliki gigi dan mulut yang sehat.

Menggunakan obat kumur

Cara yang kedua adalah selalu berkumur. Selain menggosok gigi secara teratur, Anda juga harus membiasakan menggunakan obat kumur pada anak-anak Anda. Setidaknya gunakanlah obat ini sekali dalam seminggu. Menggunakan obat kumur dapat membantu untuk mencegah adanya plak dan karang pada gigi.

Jangan biarkan menghisap botol saat tidur

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak selanjutnya adalah jangan membiarkan anak menghisap botol saat tidur. Hal ini pun telah dijelaskan oleh dokter gigi dan dokter anak yaitu membiarkan anak tidur dengan menghisap sebotol susu formula atau jus dapat membuat gigi mereka rusak dan tidak sehat. Hal ini dikarenakan cairan manis di dalam botol tersebut dapat menempel pada gigi anak, dan pastinya hal tersebut akan mempermudah bakteri untuk hidup di dalam mulut. Bakteri merupakan penyebab bau mulut yang perlu Anda ketahui, bakteri tersebut dapat membuat gigi berlubang.

Minum air putih

Yang terakhir adalah dengan cara selalu membiasakan minum air putih setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Dengan begitu, sisa makanan lebih mudah hilang dan tidak dapat menyebabkan kerusakan gigi. Tak hanya itu saja, minum air putih secara teratur juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil.

Nah itulah beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak.

loading...
Tags:menjaga kesehatan gigi anak