Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Sebelumnya, kita sudah menjelaskan tentang tips menaikkan badan secara alami. Artikel kali ini akan membahas tentang cara menurunkan berat badan secar alami. Yuk simak penjelasannya di sini!

Setiap orang pastinya ingin memiliki berat badan yang ideal dan juga proporsional. Naiknya berat badan biasanya disebabkan pola makan dan juga gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan cepat saji dan instan. Untuk mendapatkan berat badan yang proporsional setiap orang rela melakukan apa saja salah satunya yaitu mengonsumsi obat penurun berat badan.

Namun tahukah Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut akan memberikan efek buruk  bagi kesehatan Anda? Maka dari itu, dalam menurunkan berat badan sebaiknya pilihlah cara yang sewajarnya. Berikut adalah cara mudah  menurunkan berat badan secara alami!

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara menurunkan berat badan dengan cepat

Mengawali dengan air putih

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan air putih. Selain dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, air putih juga sangat berperan dalam kesehatan tubuh salah satunya dalam menurunkan berat badan. Dengan rutin mengonsumsi air putih, ini akan membantu tubuh untuk melakukan proses metabolisme dengan lancar.  Proses metabolisme tubuh tersebut akan mengeluarkan racun-racun dan juga zat yang tidak berfungsi dalam tubuh.

Makan makanan berserat

Tahukah Anda mengonsumsi makanan berserat dapat menurunkan berat badan? Kenapa? Karena salah satu fungsi serat adalah dapat memperlambat proses makan di dalam sistem pencernaan. Sehingga hal ini akan mencegah kita merasa lapar. Serat merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan untuk program diet manusia. Selain dapat menurunkan berat badan, mengosumsi makanan berserat secara rutin dapat menghindarkan Anda terserang penyakit kronis seperti, jantung, obesitas, kanker dan juga diabetes.  Makanan berserat dapat Anda temukan pada buah dan juga sayuran seperti, pepaya, pir, apel, pisang, kembang kol, brokoli dan juga sayuran hijau lainnya.

Menghindari minuman bersoda

Minuman bersoda memanglah salah satu minuman menyegarkan yang dapat menghilangkan rasa dahaga kita. Namun, minuman ini sangat tidak cocok Anda konsumsi saat Anda melakukan program diet. Terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda, akan memicu meningkatkan resiko obesitas dan juga penyakit lainnya seperti, diabetes. Ini karena minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi dan sebaiknya Anda menghindari minuman berkarbonasi tersebut.

Baca juga bahaya minuman bersoda bagi kesehatan.

Olahraga atau bergerak

Cara selanjutnya adalah dengan cara berolahraga atau hanya sekedar bergerak untuk membakar kalori. Olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah senam aerobik, joging atau jalan sehat.  Namun, selain olahraga Anda juga bisa membakar kalori hanya dengan bergerak. Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk menatap komputer, Anda bisa jalan-jalan kecil seperti mengambil minum maupun membuat kopi. Selain merilekskan mata ini juga dapat membakar kalori dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi makanan berprotein

Cara menurunkan berat badan tanpa obat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan berprotein. Meskipun sedang berdiet, akan tetapi protein merupakan salah satu nutrisi penunjang yang harus dipenuhi. Hal ini di karenakan protein berguna untuk membakar lemak dan tentunya akan membantu program diet yang Anda lakukan. Makanan berprotein tinggi yang dapat Anda konsumsi antara lain putih telur, sereal, gandum dan lainnya.

Konsumsi karbohidrat kompleks

Seperti yang kita ketahui karbohidrat merupakan sumber energi dan gula. Akan tetapi jenis karbohidrat sederhana akan sulit diserap oleh tubuh dan biasanya karbohidrat sederhana akan ditimbun dalam bentuk lemak. Untuk menghindari hal ini sebaiknya pilihlah karbohidrat kompleks yang memiliki peranan penting dalam menurunkan berat badan. Sumber karbohidrat komplek yang dapat dikonsumsi antara lain oatmeal, gandum, sereal, beras merah dan kacang-kacangan.

Jangan tinggalkan sarapan

Sebagian besar orang yang sedang berdiet pastinya mereka tidak pernah sarapan dengan alasan ingin menurnkan berat badan. Padahal sarapan sangat berguna untuk membantu Anda agar memiliki berat badan proporsional. Sistem metabolisme tubuh seseorang yang tidak sarapan akan menurun dan pastinya hal ini pun akan berdampak negatif pada program diet yang Anda jalani. Menu sarapan sehat yang dapat Anda konsumsi antara lain makanan yang kaya serat, protein dan juga gizi.

Perhatikan makan malam Anda

Pada malam hari, tubuh tidak banyak dalam melakukan aktivitas sehingga asupan karbohidrat pun tidak terlalu dibutuhkan. Oleh karena itu, pada malam hari sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi makanan kaya karbohidrat. Sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi makanan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur. Tak hanya itu saja, pada malam hari Anda juga harus menghindari makanan yang digoreng agar program diet yang Anda lakukan lebih optimal.

Nah itulah beberapa adalah cara menurunkan berat badan secara alami. Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan ramuan alami seperti campuran teh dengan jeruk nipis secara rutin  setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan.

Baca juga menu diet mayo untuk turunkan berat badan