Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi dengan Cepat

By Categories : Kesehatan

Secara medis, gula darah merupakan suatu istilah yang mengacu pada tingkat glukosa atau gula di dalam darah. The American Diabetes Associaticon merekomendasikan bahwa kadar gula darah normal pada seseorang sebelum makan atau pra-makan adalah 90 hingga 130 mg. Sedangkan setelah makan atau pasca-makan adalah kurang dari 180 mg. Akan tetapi jika seseorang yang melakukan pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan angka yang didapat melebihi 18 mg maka seseorang tersebut dapat dikatakan memiliki resiko terserang diabetes.

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Jika tidak segera diatasi, seseorang yang mengalami gula darah tinggi atau hiperglikemia untuk jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf dan organ tubuh lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut langkah utama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan apa yang akan Anda konsumsi. Sebaiknya hindari makanan yang kaya akan glukosa dan karbohidrat serta konsumsilah makanan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah Anda. Nah, berikut adalah cara menurunkan gula darah tinggi secara cepat dan alami!

Cara menurunkan gula darah secara alami

Bawang putih

Cara menurunkan gula darah yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi bawang putih. Selain dapat digunakan sebagai obat tradisional masuk angin, bawang putih juga dapat Anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk menurunkan gula darah. Sebuah studi yang dilakukan pada seekor kelinci dan tikus menunjukkan bahwa dapat menurunkan gula darah. Meskipun dapat menimbulkan aroma napas yang tidak sedap, ekstak bawang putih dapat meningkatkan jumlah insulin pada penderita diabetes.

Kayu manis

Cara menurunkan gula darah tinggi yang kedua adalah dengan cara menggunakan kayu manis. Meskipun memiliki rasa manis, kayu manis tidak akan meningkatkan kadar gula akan tetapi dapat menurunkan kadar gula darah serta dapat menurunkan resiko seseorang terkena diabetes. Tak hanya itu saja, kayu manis juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida. Akan tetapi sebelum menggunakan kayu manis, Anda harus berkonsultasi dengan dokter, karena penggunaan dosis kayu manis yang tidak tepat dapat menyebabkan berbahaya bagi kesehatan.

Gandum atau oats

Cara menurunkan gula darah tinggi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi gandum atau oats. Meskipun makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, akan tetapi oats termasuk golongan karbohidrat baik karena kaya akan serat larut yang tinggi. Selain dapat menurunkan gula darah, mengonsumsi oats secara teratur juga dapat mencegah penyakit jantung serta membantu mengurangi berat badan yang berlebih.

Cuka

Sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi cuka akan memiliki kadar gula darah dan insulin yang normal. Salah satu jenis cuka yang dapat Anda gunakan adalah cuka sari apel.

Nah itulah beberapa cara menurunkan gula darah tinggi dengan cepat.

loading...