Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bahan Alami

By Categories : Kesehatan

Menurunkan kolesterol dengan bahan alami banyak dipilih karena terbukti lebih ampuh. Kolesterol memang salah satu penyakit yang harus segera diobati, tetapi bukan berarti Anda harus mengonsumsi obat yang mengandung kimia setiap hari. Perlu Anda ketahui bahwa Mengonsumsi obat dengan jangka waktu yang lama juga tidak baik untuk tubuh.

Kolesterol terdiri dari dua macam yaitu kolesterol HDL (kolesterol baik) dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). LDL merupakan lemak jenuh yang ada di dalam dinding pembuluh darah dapat menyumbat aliran darah. Jika dibiarkan maka timbunan lemak tersebut akan semakin keras dan dapat menganggu suplai makanan yang menuju jantung. Hal tersebut yang kemudian dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit stroke dan jantung koroner. Maka dari itu, menurunkan kolesterol dengan bahan alami dapat menjadi solusi bagi Anda.

Kolesterol merupakan salah satu bagian dari lemak yang disebut Lipid Plasma. Fungsi kolesterol sendiri adalah untuk membuat membran sel, membuat hormon steroid dan asam empedu dan mengubah fluiditas. Seseorang yang memiliki tubuh gemuk atau obesitas lebih berpotensi terserang kolesterol tinggi. Selain itu, pola makan yang tidak sehat dan faktor keturunan juga menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sebaiknya Anda mulai mengubah pola makan untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dilakukan agar kesehatan jantung tetap terjaga. Lalu bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol?

Menurunkan Kolesterol dengan Bahan Alami

Untuk menurunkan kolesterol sebenarnya cukup mudah karena Anda dapat mengonsumsi berbagai macam makanan yang sering menjadi menu makanan kita sehari-hari. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda pilih untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Buah dan Sayuran

Cara yang pertama adalah mengonsumsi buah dan sayuran misalnya tomat, buah delima atau alpukat. Tomat yang mengandung senyawa likopen berperan penting untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Selain buah tomat likopen juga dapat ditemui pada buah semangka, pepaya dan jambu. Sedangkan buah delima yang mengandung antioksidan yang berjenis polifenol juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Sedangkan buah alpukat mengangung lemak sekbanyak 77% sehingga menjadikan buah ini sebagai buah dengan kandungan lemak terbanyak. Lemak pada buah alpukat merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh.

Ikan dan Omega 3

Menurunkan kolesterol dengan bahan alami selanjutnya dapat dilkukan dengan mengonsumsi ikan dan omega 3. Menurut studi yang dilakukan di Norwegian University of Science and Technology bahwa seseorang yang mengidap diabetes yang mengonsumsi ikan dan mengandung omega 3 selama 9 minggu, mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya. Asam lemak dalam omega 3 mampu menurunkan tingkat trigycerides (jenis lemak dalam darah). Selain itu omega 3 juga dapat memperlambat pertumbuhan plak di arteri dan menurunkan kolesterol.

Minyak Zaitun

Selain digunakan untuk perawatan kecantikan, minyak zaitun juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Nutrisi dalam minyak zaitun kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

Kacang-kacangan

Beberapa studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi satu ons kacang sehari memiliki resiko penyakit jantung yang rendah. Ini dikarenakan kacang memiliki lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan asam lemak omega 3. Ini akan membantu mengurangi resiko Anda terserang penyakit jantung.

Jus Jeruk

Minum 2 gelas jus jeruk setiap pagi akan membantu menurunkan kolesterol. Karena jeruk mengandung vitamin C, potasium dan folat. Ketiga nutrisi tersebut dapat mencegah adanya oksidasi LDL dan juga berkontribusi terhadap tekanan darah lebih rendah.

Jus Jambu Merah

Menurunkan kolesterol dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus jambu merah. Sepert halnya jus jeruk, jus jambu merah juga mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, jus jambu merah juga mengandung karotenoid, flavonoid, selenium, serta vitamin E. Dengan antioksidan flavonoid maka jus ini berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat serta trigliserida. Anda dapat mengonsumsi jus jambu merah secara rutin setiap hari selama 1 bulan. Hasilnya kolesterol jahat dalam tubuh dapat turun hingga 50%.

Jus Anggur

Selain jus jeruk dan jus jambu merah, Anda juga dapat mengonsumsi jus anggur untuk menurunkan kolesterol tinggi. Buah anggur mengandung senyawa flavonoid serta zat catechin dapat menurunkan kolesterol jahat secara efektif. Selain itu, mengonsumsi jus anggur juga dapat meningkatkan kolesterol baik yang baik untuk kesehatan tubuh.

baca juga : gejala fisik tanda kolesterol tinggi

Selain melakukan cara diatas menurunkan kolesterol dengan cara alami juga dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas olahraga yang teratur dan juga mengubah pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

loading...
Tags:tips ampuh menurunkan kolesterol spirit