Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat dan Putih

By Categories : Kesehatan

Menurut WHO (World Health Organization) ada skitar 60 hingga 90% penduduk dalam sebuah negara mengalami kerusakan pada gigi salah satunya yaitu gigi berlubang. Seperti yang Anda ketahui gigi berlubang merupakan salah satu penyebab segala masalah pada gigi. Sehingga menjaga dan merawat kesehatan gigi merupakan hal yang harus kita lakukan. Selain dapat mengurangi resiko kerusakan gigi, merawat kesehatan gigi juga dapat menunjang penampilan dan percaya diri.

FML-AP6Y6P.jpg

Saat tersenyum salah satu bagian mulut yang terlihat adalah gigi, oleh karena itu, memiliki gig terawat dapat memancarkan senyuman yang sehat pada setiap orang. jika Anda masih bingung dalam merawat gigi, berikut adalah cara merawat gigi agar tetap sehat dan putih yang dapat Anda coba!

Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat yang Bisa Anda Coba

Menggososk Gigi Secara Teratur

Cara yang pertama adalah dengan cara menggosok gigi secara teratur. Gosoklah gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Karena flouride dapat berguna untuk melindungi dan merawat kesehatan gigi Anda. Pastikan Anda selalu mengganti sikat gigi Anda apabila bulu sikat sudah rusak dan mekar.

Hindari Mengonsumsi Makanan Panas dan Dingin Bersamaan

Seperti yang Anda ketahui salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah sering mengonsumsi makanan panas dan dingin pada waktu bersamaan. Sebagai contoh adalah, saat Anda memesan bakso ataupun mie ayam pastinya Anda juga akan memesan minuman yang dingin seperti es teh, es jeruk, jus buah ataupun es campur yang disertai dengan banyak es. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus akan menimbulkan efek buruk pada gigi Anda yaitu gigi akan lebih mudah rapuh. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memesan minuman lainnya seperti air meneral ataupun minuman hangat.

Kurangi Mengonsumsi Makanan Manis

Cara merawat gigi agar tetap sehat selanjutnya adalah mengurangi makanan manis yang tinggi akan gula. Gula merupakan salah satu penyebab pembusukan pada gigi. Jika gula bergabung dengan plak, bakteri streptococus mutans akan menghasilkan asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang secara cepat. Maka dari itu, mulailah menghindari makanan yang manis, lengket dan juga asam, selain dapat membuat gigi rusak dan berlubang, makanan manis juga dapat menyebabkan gula darah semakin naik.

Hindari Penggunaan Tusuk Gigi

Saat selesai makan, biasanya kita akan menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Namun sebaiknya Anda menghindari penggunaan tusuk gigi secara terus menerus. Ini karena meskipun dapat membuang sisa makanan, tusuk gigi juga dapat menyebabkan pembengkakan serta melukai gusi Anda. Untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau, Anda dapat menggunakan obat kumur untuk menggantikan tusuk gigi.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat gigi agar tetap sehat dan sehat. Baca juga artikel terkait lainnya Tips memilih sikat gigi yang tepat.

loading...