Cara Merawat Rambut Keriting Secara Alami

By Categories : Kecantikan

Cara merawat rambut keriting agar tidak mudah kusut adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki rambut ikal dan keriting. Karena rambut keriting merupakan salah satu jenis rambut yang sulit diatur serta sangat rentan mengalami kerontokan.

Meskipun memiliki rambut lurus dan bagus adalah dambaan setiap wanita. Namun, sekarang ini rambut lurus tidak menjadi role model rambut ideal. Justru malah rambut keriting dan ikal lah yang lebih banyak di sukai oleh wanita sekarang ini. Hal ini dikarenakan rambut keriting memberikan kesan menarik dan unik. Nah bagi Anda yang memiliki rambut keriting tak perlu repot-repot untuk meluruskannya, karena perawatan rambut yang tepat dapat membuat rambut keriting yang Anda miliki lebih menarik.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki rambut lurus apakah juga menginginkan hal serupa? Namun bagi Anda yang ingin membuat rambut keriting, terdapat hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Rambut keriting diperlukan perawatan yang khusus karena teksturnya rambut ini lebih susah di atur dibandingkan dengan model rambut lurus. Tentu hal itu akan sangat merepotkan ketika hendak menatanya. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui  cara yang tepat untuk merawat rambut keriting.

merawat-rambut-keringtingjpg

merawat rambut keriting sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara salah satunya adalah dengan cara menggunakan bahan alami. Perawatan rambut keriting dengan menggunakan bahan alami, hasilnya lebih bagus di bandingkan dengan melakukan perawatan di salon. Nah sebelum kita membahas mengenai cara terbaik merawat rambut keriting secara alami. Perlu Anda ketahui bahwa dalam melakukan perawatan haris di pahami dengan baik. Jika tidak, maka akan membuat rambut keriting Anda rusak seperti terlihat kusut, mengembang, dan tidak teksturnya tidak teratur. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Berikut Cara Merawat Rambut Keriting Secara Alami

Selalu Menjaga Kelembapan Rambut

Rambut keriting harus selalu dalam kondisi yang lembab supaya teksturnya tertata rapi dan mudah untuk di atur. Hal ini dikarenakan salah satu masalah yang sering terjadi adalah rambut cenderung kering dan mudah kusut. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan rambut, adalah dengan menggunakan pelembab dan konditioner rambut yang memiliki formula khusus untuk merawat rambut keriting. Dengan begitu, rambut akan senantiasa sehat dan lembab.

Baca juga cara melembutkan rambut secara alami

Menggunakan Minyak Zaitun

Yang kedua adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sejak zaman dahulu memang selalu digunakan untuk merawat kecantikan, tak terkecuali dengan rambut. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E serta minyak alami yang dapat membuat rambut keriting Anda tetap lembab dan teratur.

Cara memanfaatkan minyak zaitun untuk merawat rambut keriting sangat mudah, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata pada rambut Anda. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit Anda bisa membilasnya sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan setiap 3 kali seminggu.

Menggunakan Lemon dan Minyak Kelapa

Cara merawat rambut keriting secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan lemon dan minyak kelapa. Campuran antara kedua bahan tersebut dapat membuat rambut keriting Anda tidak kusut dan kering. Caranya cukup dengan mengkombinasi kedua bahan antara lemon dan minyak kelapa. Setelah itu simpan 15 menit di lemari es hingga berubah menjadi gel dan gunakan sebagai masker rambut. Lakukan perawatan rambut berikut ini secara teratur agar rambut Anda menjadi lebih indah dan lembab.

Hindari Hal-hal yang Dapat Merusak Rambut

Selanjutnya adalah dengan menghindari beberapa hal yang dapat merusak kesehatan rambut. Jika Anda sering menggunakan alat styling rambut seperti menggunakan hairdryer dan  catok rambut  sebaiknya Anda menghindari hal-hal tersebut, serta hindari pula menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan kimia, dan terlalu lama mengikat rambut. Karena beberapa hal tersebut dapat membuat rambut semakin rusak dan susah untuk diatur.

Masker Seledri

Berikutnya adalah dengan menggunakan daun seledri. Tak hanya berguna untuk menyedapkan masakan saja, seledri juga berguna untuk menjaga rambut keriting agar lebih indah. Ini karena daun seledri kaya akan vitamin B yang dibutuhkan oleh rambut. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, ambil beberapa ikat seledri lalu cincang sampai halus. Setelah itu siapkan 2 gelas air dan rebus air dengan seledri tersebut sampai mendidih. Setelah dingin, Anda bisa menggunakan air rebusan tersebut untuk berkeramas.

Selain bermanfaat untuk rambut, air rebusan seledri juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan wajah. Hal ini berguna untuk membersihkan wajah dari minyak dan debu.

Baca juga artikel terkait lainnya Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Nah itulah beberapa cara merawat rambut keriting secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah.

loading...
Tags:macam macam mengikat rambut keriting