Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Agar Lebih Cerah

By Categories : Kecantikan

Merawat wajah berminyak dan berjerawat sebenarnya gampang-gampang susah, hanya saja belum banyak orang yang mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya. Padahal jika sudah tahu, minyak dan jerawat di wajah dapat hilang dengan mudah. Pastinya Anda penasaran kan bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan di bawah ini.

Jika bicara mengenai kecantikan kulit wajah, kulit normal, tidak jerawatan dan komedoan merupakan indikator  utama kulit yang sehat. Namun untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah instan, kita harus melakukan beberapa perawatan wajah agar kulit sehat dan bebas jerawat. Seperti yang kita ketahui kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang paling banyak dimiliki oleh wanita Indonesia. Maka jangan heran jika banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara yang tepat merawat jenis kulit ini.

Sebelum membahas hal tersebut, tak ada salahnya jika Anda mengetahui penyebab kulit berminyak. Umumnya kulit berminyak disebabkan karena faktor keturunan, kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari, sering mengonsumsi  gorengan dan makanan berlemak hingga salah memilih produk kecantikan. Salah satu produk kecantikan yang perlu diperhatikan adalah pelembab.

Sebab pelembab wajah merupakan make up dasar yang digunakan. Pelembab yang bagus untuk kulit berminyak sebaiknya memiliki kandungan khusus untuk menyerap keringat serta tidak menyebabkan komedo. Jika tepat memilih pelembab wajah, bisa dipastikan bahwa kulit akan lebih sehat dan jarang bermasalah. Namun tak hanya pelembab saja, perawatannya pun harus diperhatikan. Nah berikut adalah cara merawat kulit wajah berminyak yang sering jerawatan.cara-merawat-wajah-berminyak-dan-berjerawat-agar-lebih-cerah

Cara Terbaik Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

Melakukan Facial

Yang pertama adalah dengan melakukan facial wajah. Facial sesuai dengan jenis kulit, dapat membuat kulit Anda makin cerah serta masalah kulit seperti minyak dan jerawat pun hilang. Oleh karena itu, tak ada salahnya meluangkan waktu sebulan sekali untuk melakukan perawatan ini.

Baca juga inilah jenis dan manfaat facial wajah

Ketika melakukan facial, tak hanya memilih perawatan yang sesuai jenis kulit saja Anda juga harus pintar dalam memilih klinik kecantikan yang akan dikunjungi. Pastikan  semua peralatan yang digunakan steril dan perawatnya pun berpengalaman. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping dari facial wajah, seperti iritasi hingga jerawat yang tambah banyak.

Bersihkan Wajah Secara Teratur

Cara yang satu ini mungkin sudah diketahui oleh semua orang, namun meskipun begitu banyak orang yang sering mengabaikan hal ini. Padahal membersihkan wajah secara teratur merupakan cara paling mudah untuk mencegah jerawat. Ini karena dengan membersihkan wajah, pori-pori wajah akan selalu bersih dan tak akan tersumbat oleh make up dan kotoran yang menempel di wajah.

Selain itu, pastikan Anda selalu rajin keramas, mencuci handuk serta mengganti prei dan sarung bantal. Sebab kotoran yang ada di rambut, handuk dan sprei bisa menempel di wajah dan menyebabkan jerawat.

Air Garam

Cara selanjutnya adalah dengan membasuh wajah dengan menggunakan air garam. Garam memiliki sifat antiseptik serta anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat di wajah. Selain itu, air garam yang Anda gunakan juga dapat mengontrol produksi minyak yang berlebih pada kulit. Oleh karena itu, sering-seringlah menggunakan air garam sebagai perawatan alami untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.

Gunakan Masker Mentimun

Cara merawat kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan masker mentimun. Perlu Anda ketahui bahwa menggunakan masker mentimun secara teratur dapat merileksasikan kulit dan pori-pori. Selain itu, mentimun juga memiliki efek menyegarkan  jika Anda menggunakannya secara teratur maka produksi minyak berlebih dan jerawat dapat segera diatasi.

Caranya, haluskan mentimun lalu dinginkan sebentar. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikannya pada kulit wajah secara merata. Diamkan beberapa saat agar air dan kandungan vitamin mentimun dapat terserap di wajah. Kemudian bersihkan wajah hingga bersih lalu oleskan es batu pada wajah agar wajah terasa lebih segar dan pori-pori pun mengecil.

Putih Telur dan Jeruk Nipis

Selain menggunakan masker mentimun, Anda juga bisa memanfaatkan putih telur serta jeruk nipis. Selain dapat menghilangkan flek hitam di wajah, putih telur da jeruk nipis juga dapat mengatasi kulit berminyak dan menjaga kulit agar lebih kencang.

Caranya, campurkan putih telur dengan perasan air jeruk nipis. Aduk rata lalu oleskan pada wajah. Diamkan hingga mengering setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Lakukan perawatan wajah ini secara teratur agar kulit selalu sehat dan bebas jerawat.

Menjaga Pola Makan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa kulit berminyak disebabkan karena pola makan tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan berminyak. Untuk mengatasinya sebaiknya kurangilah makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan sehat seperti buah, sayur serta karbohidrat kompleks.

Jangan lupa pula untuk berolahraga secara teratur agar racun dalam tubuh bisa keluar lewat keringat. Sehat dan cantik itu, sangat mudah bukan?

Baca juga masker wajah alami untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat

Nah itulah beberapa cara merawat kulit berminyak dan berjerawat yang bisa Anda coba.

loading...
Tags:cara menjaga muka yang berminyak dan kusam