Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pencernaan

By Categories : Kesehatan

Masalah pencernaan merupakan masalah kesehatan yang sering dianggap remeh bagi setiap orang. Namun tahukah Anda masalah pencernaan yang tidak segera diatasi lama kelamaan dapat menyebabkan gangguan serius bagi kesehatan salah satunya yaitu dapat memicu terjadinya kanker usus. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang menyebabkan seseorang mengalami masalah pencernaan salah satunya yaitu pola makan yang tidak sehat dan juga gaya hidup yang serba instan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mudah menjaga kesehatan pencernaan.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cara menjaga kesehatan pencernaan agar tetap sehat

Minum air murni

Cara menjaga kesehatan pencernaan yang pertama adalah dengan minum air murni. Sejak jaman dahulu air putih memang dipercaya untuk menjaga kesehatan. Salah satunya yaitu kesehatan pencernaan. Akan tetapi saat ini kebanyakan orang minum air putih yang telah tercemar oleh desinfektan dan juga klorin. Seperti yang Anda ketahui klorin berguna untuk mensterilkan air, namun jika air tersebut dikonsumsi juga akan mensterilkan tubuh. Sehingga ini akan membuat bakteri baik di dalam usus tidak seimbang lagi. Jika hal ini terjadi maka tubuh sangat rentan terhadap spesies patogen seperti Candida, yaitu bakteri jahat yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Makan dengan porsi kecil

Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan dengan porsi kecil. Usahakan Anda tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar dalam sekali makan. Hal ini dikarenakan tubuh manusia tidak dapat mencerna makanan secara bersamaan apabila mengonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan porsi yang kecil, apabila sudah mulai lapar Anda dapat makan lagi.

Mengunyah makanan secara perlahan

Cara mudah menjaga kesehatan pencernaan selanjutnya adalah dengan cara mengunyah makanan secara perlahan. Seseorang yang makan dengan cara terburu-buru pasti membuat makanan yang ia makan tidak hancur secara sempurna saat dikunyah. Hal ini akan membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Ini karena makanan yang yang lebih halus dan hancur saat dikunyah dapat meringankan kerja sistem pencernaan Anda.

Mengonsumsi makanan berfermentasi

Makanan yang difermentasikan secara alami dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Ini karena makanan tersebut mengandung baik untuk melindungi usus dari mikroba jahat. Beberapa makanan fermentasi yang dapat Anda konsumsi adalah kimchi, keju, susu yang difermentasikan dan juga yoghurt.

Mencukupi kebutuhan serat

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan berserat merupakan salah satu makanan yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang rutin mencukupi kebutuhan serat dapat mengurangi resiko terserang sembelit, wasir dan juga penyakit divertikular. Oleh karena itu, mulailah mencukupi kebutuhan serat dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Nah itulah beberapa cara mudah menjaga kesehatan pencernaan yang dapat Anda coba.