Ciri-Ciri Dan Pencegahan Kanker Payudara

By Categories : Kesehatan

Kanker adalah suatu kondisi dimana sel kehilangan pengendalian. Sehingga, menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal dan sangat cepat. Kanker payudara merupakan kanker yang secara umum diderita oleh para kaum wanita. Jika kemarin kita sudah membahas tentang ciri-ciri wanita terkena kanker serviks. Kali ini saya akan menjelaskan tentang kanker payudara. Pada umumnya, seseorang yang terkena kanker payudara akan mengalami benjolan pada payudaranya. Benjolan yang mula-mula kecil, semakin lama akan semakin besar. Hal ini karena pertumbuhan sel kanker berkali-kali lipat dari pertumbuhan sel biasa.

 shutterstock_38467414

Tak hanya benjolan saja yang dapat menjadi indikasi seseorang mengalami kanker payudara, perubahan pada kulit payudara dan puting susu juga merupakan salah satu tanda dari penyakit tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri-ciri dan pencegahan kanker payudara. Apa saja?

Ciri-Ciri Kanker Payudara

Benjolan pada payudara

Benjolan pada payudara merupakan suatu gejala yang paling umum dialami penderitanya. Ini terjadi karena pertumbuhan sel kanker lebih cepat dari pertumbuhan sel biasanya. Biasanya, benjolan tersebut jika diraba tidak akan menimbulkan rasa nyeri. Jika Anda menemui tanda yang gejala seperti ini, segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Cairan aneh di puting

Pada umumnya, hanya cairan susulah yang keluar dari puting payudara. Selain cairan susu yang keluar, Anda harus waspada jika yang keluar adalah cairan berwarna cokelat atau merah. Segeralah untuk periksa ke dokter, biasanya dokter akan melakukan ductogram. Ductogram merupakan pemeriksaan terhadap kelainan kelenjar susu.

Pembengkakan payudara

Biasanya, pembengkakan payudara dialami wanita ketika akan mengalami menstruasi. Namun, jika hal ini terjadi sebelum tanggal terjadi menstruasi, Anda perlu waspada. Pembengkakan payudara akibat kanker akan mengakibatkan payudara tidak simetris antara payudara kiri dan juga kanan.

Pencegahan Kanker Payudara

Ada banyak faktor-faktor yang dapat menjadi resiko seseorang terkena kanker payudara seperti riwayat keluarga terkena kenker paudara, obesitas, dan juga kehamilan pertama yang terjadi setelah umur 30 tahun. Berikut adalah cara untuk mencegah kanker payudara.

  • Mengonsumsi sayur dan buah
  • Melakukan pemeriksaan sendiri sedini mungkin setiap bulan setelah masa haid dengan cara meraba payudara secara menyeluruh. Dan juga pemeriksaan secara klinis (biopsi dan mammografi)
  • Menghindari makanan berlemak tinggi.

Nahh, sekarang sudah tahu kan apa saja ciri-ciri dan pencegahan kanker payudara. Namun, tidak semua perubahan pada payudara merupakan gejala dari kanker payudara. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel kesehatan lainnya tanda-tanda pembuluh darah tersumbat.

loading...
Tags:ductogram payudara, manfaat di pegang payudara, pencegahan kanker payudara dengan diraba