Daftar Buah dan Sayur Sumber Vitamin C

By Categories : Kesehatan

Vitamin C atau yang lebih sering disebut dengan asam askorbat merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Beberapa peranan vitamin  C bagi tubuh antara lain, dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi dan juga dapat mencerahkan kulit. Maka jangan heran jika suntik vitamin C sangat sering digunakan oleh seseorang yang menginginkan kulit putih dan cerah. Sebenarnya ada beberapa sumber vitamin C yang bisa kita konsumsi, mulai dari buah-buahan dan juga sayuran.

Vitamin C bersifat mudah larut dalam air dan jika tubuh sudah cukup memenuhui asupan vitamin C maka akan dibuang melalui air seni dalam waktu 24 jam. Namun perlu Anda ketahui bagi seseorang yang memiliki penyakit lambung tidak disarankan mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin C berlebihan. Ini karena vitamin C mengandung asam yang cukup tinggi.

sumber vitamin c

Untuk kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, hal ini tergantung usia, kondisi psikologis, jenis kelamin, dan aktivitas seseorang. Bagi pria dewasa membutuhkan asupan vitamin C 90 mg/hari, wanita dewasa memutuhkan 75 mg/hari, sedangkan untuk anak yang berusia antara 14 hingga 18 tahun membutuhkan asupan 65 mg/hari. Kondisi ini juga berbeda bagi mereka yang memiliki tubuh yang kurang fit. Tentu asupan vitamin C harus ditingkatkan, namun tidak disarankan untuk waktu yang lama karena dapat mengganggu penyerapan vitamin B12 dan meningkatnya asam lambung.

Inilah Sumber Vitamin C Terbaik

Jambu biji

Yang pertama adalah jambu biji. Untuk menikmati buah yang satu ini Anda bisa memanfaatkannya sebagai jus segar ataupun mengonsumsinya secara langsung. Jika dibandingkan dengan jeruk, vitamin C pada jambu lebih besar, yaitu mengandung 108 miligram dalam 100 gram jambu biji. Salah satu jenis jambu biji yang sangat baik untuk menjaga kesehatan adalah jambu biji merah. Kandungan vitamin C yang tinggi juga membuat jambu biji merah dapat menurunkan kadar kolesterol, berat badan yang berlebih dan juga dapat mencegah kanker.

Buah kiwi

Yang kedua adalah buah kiwi, buah asli China ini kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam setiap harinya. Dalam 100 gram buah kiwi mengandung vitamin C sebesar 100 gram. Tak hanya dapat memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh saja, manfaat buah kiwi lainnya juga dapat merawat kecantikan dan menjaga kesehatan kulit, menjaga jantung dan masih banyak lagi.

Buah apel

Buah apel merupakan sumber vitamin C selanjutnya. Selain dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami, buah apel  juga kaya akan berbagai macam vitamin yang dapat menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu vitamin C. Pada 100 gram  buah apel mengandung vitamin C sebanyak 5 miligram. Kandungan vitamin C tersebut sangat berguna untuk mengeluarkan racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, buah apel juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

Cabai

Bagi Anda pecinta pedas, tentu saja sangat menyukai masakan  yang mengandung cabai. Tak hanya dapat memberikan rasa pedas pada masakan, cabai juga memiliki manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh. Ini karena cabai kaya akan vitamin C . kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun jangan terlalu banyak dalam mengonsumsi cabai, rasa pedas yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.

Brokoli

Ini merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Sayuran ini memiliki juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Beberapa penyakit di antaranya adalah penyakit kanker, detoksifikasi, dan mencegah terjadinya penyakit serangan jantung. Brokoli juga ampu mengontrol kolesterol di dalam tubuh. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda disarankan mengonsumsi brokoli dengan cara direbus untuk menghindari pemakaian minyak goreng.

Stroberi

Sumber vitamin C selanjutnya adalah stroberi. Walaupun tidak terlalu besar tetapi sangat bermanfaat untuk tubuh. Anda dapat mengonsumsi 8 buah stroberi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Kandungan vitamin C dari stroberi dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi serta mencegah sariawan. Selain itu, buah stroberi juga mampu menyembuhkan jerawat.

Tomat

Tomat memiliki banyak kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan pada tomat mampu menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan. Selain itu, bagi Anda yang sedang menjalani program diet disaranakan mengonsumsi banyak tomat. Sayuran ini dipercaya mampu menurunkan berat badan. Anda dapat membuatnya sebagai salad atau sandwich. Tomat mengandung air dan serat sehingga dapat mengisi perut dengan cepat.

Nah itulah beberapa daftar buah dan sayur sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi. Bahan-bahan alami di atas sebaiknya Anda konsumsi sehari untuk menjaga kesehatan tubuh.