Daftar Makanan Bayi 6 Bulan Pertama yang Tepat untuk Diberikan

By Categories : Kesehatan

Makanan bayi 6 bulan pertama atau MPASI (makanan pendamping ASI) adalah makanan yang wajib diberikan oleh si kecil untuk menunjang tumbuh dan kembangnya. Bagi para ibu yang masih kebingungan mengenai makanan yang tepat untuk si kecil ketika usianya sudah menginjak 6 bulan, tak perlu khawatir karena kali ini akan menjelaskan mengenai daftar makanan pendamping ASI yang tepat untuk diberikan. Daripada penasaran, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui ASI merupakan makanan utama bayi yang penting dan harus dipenuhi. Jangka waktu pemberian ASI eksklusif yang baik bagi si kecil adalah hingga mencapai usia 6 bulan. Artinya, sebelum usia 6 bulan bayi tidak memerlukan makanan lain karena segala kebutuhan asupan gizi dan nutrisi si kecil sudah terdapat di dalam ASI. Dan setelah usia bayi memasuki 6 bulan si kecil harus mendapatkan tambahan makanan agar tumbuh dan kembangnya semakin optimal.

Namun adakalanya ASI yang seharusnya dikonsumsi oleh bayi hingga usia 6 bulan tidak terpenuhi. Kadangkala ada juga bayi yang menikmati ASI hingga usia 3 bulan atau bahkan kurang. Hal ini biasanya disebabkan oleh bayi itu sendiri, ibu yang sibuk bekerja ataupun kurangnya kualitas dan kwantitas ASI yang diproduksi ASI. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda juga bisa memberikan makanan pendamping Asi lebih cepat dari waktu yang ditentukan.makanan-bayi-6-bulan

Inilah Makanan Bayi 6 Bulan Pertama yang Tepat

Akan tetapi pemberian makanan pendamping memang harus diperhatikan. Sebab memberikan makanan secara asal-asalan justru dapat membuat si kecil mengalami gangguan pencernaan. Nah berikut adalah beberapa makanan yang tepat dikonsumsi oleh bayi usia 6 bulan ataupun kurang dari usia tersebut.

Baca juga jenis imunisasi bayi baru lahir yang harus diberikan lengkap dengan jadwalnya

Bubur Beras Merah

Saat awal pemberian makanan sebaiknya berikanlah bayi makanan yang lunak dan encer seperti bubur. Hal ini bertujuan agar bayi lebih mudah mencernanya. Salah satu bubur yang bisa Anda buat adalah bubur beras merah. Untuk bahannya pun cukup sederhana, yaitu siapkan sedikit beras merah dan juga ASI.

Caranya, masak beras merah ataupun beras putih menjadi bubur. Kemudian saring dan campur dengan ASI. Disamping dapat menikmati makanannya, kandungan nutrisi dalam ASI juga dapat ikut serta dinikmati oleh si kecil.

Bubur Susu

Selain bubur beras merah, Anda juga bisa mencoba membuat bubur susu. Caranya pun hampir sama, bahan-bahan yang harus disiapkan diantaranya adalah 10 gram tepung sagu dan 20 sendok makan ASI. Setelah semua bahan siap, masak tepung sagu dengan sedikit air. Setelah matang, tuangkan di mangkuk dan tambahkan dengan ASI.

Selain tepung sagu, Anda juga bisa menggunakan jenis tepung lainnya seperti tepung beras, tepung maizena, tepung kacang hijau dan tepung hunkwe. Hindari menggunakan tepung terigu karena tidak baik bagi kesehatan si kecil.

Pure Buah-buahan

Makanan bayi 6 bulan pertama selanjutnya yang dapat diberikan untuk si kecil adalah pure dari buah-buahan. Beberapa buah yang dianjurkan adadalah pisang, pepaya, melon dan alpukat. Jika dibandingkan dengan buah lainnya, alpukat lebih kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan si kecil.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa bayi yang makan alpukat dapat meningkatkan tumbuh dan kembangnya dengan cepat. Tak hanya itu saja, alpukat juga memiliki rasa yang netral, lembut dan rendah kalori yang bisa memenuhi kebutuhan energinya.

Menurut Profesor Robert Murray dari Ohio State University Amerika Serikat sangat penting bagi bayi untuk mencicipi berbagai macam rasa, warna, tekstur dan kombinasi dalam makanan pertama mereka. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan alpukat menjadi makanan pertama mereka.

Alpukat juga kaya akan vitamin E, asam folat dan lutein jika dibandingkan dengan buah lainnya. Sehingga alpukat dapat mendukung kesehatan bayi dengan cara yang murah dan juga mudah. Jika bayi sudah merasa bosan dengan buah ini, Anda bisa memanfaatkan buah yang sudah disebutkan di atas sebagai penggantinya.

Pure Jagung Manis

Berikutnya adalah dengan membuat jagung manis. Bahan yang perlu disediakan adalah 100 gram jagung manis yang sudah dipipil dan 100 ml ASI. Cara membuatnya, kukus pipilan jagung manis tersebut hingga lunak lalu campurkan dengan Asi dan kemudian blender hingga halus. Setelah itu Anda bisa menyaringnya untuk menghilangkan kulit biji jagung yang tersisa.

Baca juga tips memilih susu formula untuk bayi yang tepat

Jadwal Pemberian Makanan Pendamping ASI

Sama seperti jadwal makan biasanya, bayi usia 6 bulan makan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari yaitu sekitar jam 9 atau jam 10 pagi dan untuk sorenya yaitu sekitar jam 4 hingga jam 5. Sedangkan pada saat malam hari, cukup berikan si kecil ASI.

Demikianlah ulasan mengenai daftar makanan bayi 6 bulan pertama yang cocok diberikan untuk si kecil.

loading...