Dampak Negatif Penggunaan Headset

By Categories : Kesehatan

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, tidak hanya memberikan dampak positif saja. Namun, terkadang teknologi juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan headset atau earphone yang terlalu sering. Headset atau earphone memanglah menjadi pilihan yang sangat praktis bagi setiap pemakainya. Bagi Anda yang memiliki penyakit insomnia mungkin ini akan membantu Anda karena penggunaan headset pada waktu tidur akan membuat kita mengantuk.

bahaya-memakai-headset-terlalu-sering

Namun tahukah Anda, penggunaan headset atau earphone yang terlalu sering dapat memberikan dampak negatif untuk setiap pemakainya. Misalnya merusak sistem pendengaran dan juga menurunkan kinerja pendengaran. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan dari Dampak Negatif Penggunaan Headset.

Kerusakan pendengaran secara permanen

Dampak yang pertama adalah kerusakan pendengaran secara permanen  atau yang biasa disebut tuli. Penggunaan headset atau earphone dengan volume yang terlalu keras dapat membuat rumah siput berdengung dan terasa panas sehingga menyebabkan rasa lelah. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, resiko kerusakan permanen pada pendenganran akan semakin besar.

Kerusakan pada otak

Tak hanya memiliki dampak negatif pada telinga saja. Penggunaan alat elektronik yang satu ini juga dapat menyebabkan kerusakan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada seekor tikus menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik pada headset dapat berpengaruh pada otak tikus. Meskipun belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik tersebut. Namun yang jelas kita harus tetap waspada dan mengurangi penggunaan haedset atau earphone.

Infeksi telinga

Menggunakan headset atau earphone memanglah sangat menyengkan. Namun, pernahkah Anda berbagi headset atau earphone secara bergantian bersama teman, keluarga dan juga pasangan? Jika iya, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini. Kenapa? Karena terlalu sering berbagi penggunaan headphone dan earphone   dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Ini terjadi karena bakteri mereka akan berpindah ke telinga Anda sehingga menyebabkan infeksi.

Kehilangan pendengaran

Jika memang kita ingin mendengarkan lagu dengan menggunakan headset atau earphone. Sebaiknya, gunakan hanya sampai 15 menit saja. karena terlalu menggunankan alat tersebut dapat menyebabkan kerusakan gendang telinga hingga kehilangan pendengaran.

Itulah beberapa Dampak Negatif Penggunaan Headset. Bagi kalian yang tetap ingin menggunakan headset atau earphone sebaiknya tetap membatasi penggunaannya. Beri istirahat telinga Anda. Karena jika organ dalam telinga yang bernama koklea merasa capek, pendengaran akan mengalami kerusakan permanen. Semoga bermanfaat :)

loading...
Tags:efek memakai headset setiap hari, Akibat sering pakai headset, dampak negatif headset, dampak negative make handset, dampak negatif wireless headset, dampak negatif menggunakan headset, dampak negatif dari headset, dampak negatif dan positif memakai headset di pagi hari, dampak menggunakan headset bagi kesehatan tubuh, dampak memakai headset, apa akibat dari mendengarkan heansad, akibat positif dan negatif sering menggunakan hedset, akibat penggunaan earphone, akibat pemakaian handset yang bergantian, mendengraarkan lagu dengan headset semakaman