Dampak Negatif Penggunaan High Heels

By Categories : Kesehatan

Saat ini sepatu memanglah suatu hal yang digunakan untuk menunjang penampilan, khususnya para wanita. Dengan adanya sepatu para wanita akan lebih terlihat cantik dan seksi terlebih sepatu yang digunakan adalah high heels. Tidak bisa dipungkiri lagi, selain dapat membuat kaki terlihat jenjang, sepatu high heels juga dapat membuat tubuh si pengguna terlihat lebih langsing.

Dampak-negatif-dari-penggunaan-high-heels

Namun tahukah Anda pemakaian sepatu high heels yang terlalu sering dan terlalu lama dapat membahayakan kesehatan Anda? Sepatu ini akan menyebabkan tekanan  pada telapak kali Anda. Akibatnya ini akan membuat kram dan nyeri pada mata kaki dan juga tumit. Untuk lebih lengkapnya, berikut  adalah penjelasannya! Baca juga tips memilih sepatu sesuai warna kulit.

Dampak negatif penggunaan high heels

Gangguan kesehatan pada ibu hamil

Dampak negatif yang pertama adalah dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada ibu hamil. Tuntutan pekerjaan ataupun profesi mengharuskan seorang wanita menggunakan sepatu berhak tinggi, ini membuat para ibu hamil harus waspada dan lebih berhati-hati. Jika memang diharuskan, sebaiknya gunakanlah sepatu yang tingginya kurang dari 5 cm. Karena sepatu yang terlalu tinggi dapat beresiko menyebabkan jatuh, keseleo hingga patah tulang kaki.

Nyeri pada kaki

Dampak negatif yang kedua adalah nyeri pada kaki. Nyeri pada kaki disebabkan karena saat berjalan kaki menjadi satu-satunya tumpuan dari seluruh tubuh. Dan jika terlalu sering memakai sepatu high heels ini akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit neuroma. Hal ini disebabkan karena beban yang diberikan pada kaki lebih besar daripada saat menggunakan flat shoes.

Menyebabkan postur tubuh berubah

Jika dilihat dari sisi penampilan, sepatu high heels akan membuat penampilan seorang wanita lebih seksi dan langsing. Namun, jika sepatu ini digunakan dalam jangka waktu yang lama  dapat membuat pinggul dan tulang belakang tidak sejajar. Hal inilah yang menyebabkan postur tubuh Anda berubah dan terlihat melengkung.

Menyebabkan sering keseleo

Dampak negatif yang terkahir adalah dapat menyebabkan sering keseleo. Dalam memilih sepatu high heels, sebaiknya pilihlah sepatu yang paling nyaman untuk dipakai. Karena jika Anda memaksakan karena tuntutan pekerjaan Anda, ini akan menyebabkan ketidaknyamanan yang membuat kaki Anda sulit bergerak dan jika hal ini dipaksakan akan menyebabkan keseleo pada kaki Anda.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja dampak negatif penggunaan high heels. Sebaiknya gunakan sepatu high heels pada acara khusus untuk menghindarkan masalah kesehatan seperti di atas. Jika memang diharuskan, Anda bisa memilih heels yang pendek seperti wedge atau platform heels. Semoga bermanfaat

Baca juga artikel terkait tips merawat sepatu kulit.

loading...
Tags:apa dampak menggunakan cream BL terlalu sering