Efek Buruk Minuman Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Minum-minuman beralkohol sangat dilarang untuk beredar di kalangan masyarakat. Namun keberadaannya sampai saat ini masih menjadi pro dan kontra, adapula sebagian yang mendukung adapula sebagian yang menolak. Sebenarnya minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh meskipun terdapat minuman beralohol yang memiliki manfaat untuk tubuh. Minuman beralkohol dengan kandungan alkohol yang tinggi memiliki berbagai efek negatif jika secara terus menerus diminum. Lalu apa saja efek buruk minuman alkohol? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Efek Buruk Minuman Alkohol

Berikut Efek Buruk Minuman Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

Menyebabkan Mabuk

Efek yang dapat diambil ketika seseorang minum minuman beralkohol dalam jumlah berlebih akan menyebabkan mabuk. Ketika orang sedang mabuk, dirinya kurang sadar ketika akan melakukan sesuatu. Adapun dampak yang disebabkan oleh mabuk seperti rasa mual, tubuh menjadi lemas, pusing atau sakit kepala, sampai dengan badan kurang fit dalam menjalankan aktivitas.

Kerusakan pada Hati

Yang kedua adalah dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati secara perlahan-lahan dalam jangka waktu lama. Ketika seseorang terus minum minuman beralkohol tanpa disadari dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati. Organ hati berfungsi untuk melawan racun dalam tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya berhenti atau bahkan menghindari minuman yang mengandung alkohol.

Menurunnya Daya Ingat Otak

Selain mengancam kerusakan pada organ hati, minuman yang mengandung alkohol juga dapat membuat orang yang mengalami penurunan daya ingat. Ini dikarenakan bagi mereka pecandu minuman keras atau minuman beralkohol akan mengalami perkembangan sel otak sampai dengan kerusakan, sehingga daya ingat  dan konsentrasi seseorang mulai menurun.

Kerusakan pada Ginjal

Ketika organ ginjal mengalami masalah secara medis akan sulit untuk disembuhkan. Ketika organ ginjal sudah mengalami permasalahan, cara untuk merawatnya adalah dengan melakukan cuci darah dengan menggunakan mesin dialisis. Ini dikarenakan sifat alkohol yang keras dapat merusak organ pada tubuh termasuk juga ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting dalam mengatur volume cairan pada darah.

Dapat Menyebabkan Serangan Jantung

Terlalu berlebihan minum minuman beralkohol tidak hanya buruk untuk kesehatan hati dan ginjal, melainkan juga berdampak buruk pada kesehatan jantung. Dalam jangka waktu yang lama minuman minuman beralkohol dapat merusak organ pada tubuh termasuk organ jantung.

Mempengaruhi Mental Seseorang

Tidak hanya menyebabkan gangguan pada fisik, efek buruk minuman alkohol selanjutnya adalah mempengaruhi mental pada seseorang. Biasanya orang-orang yang sering minum minuman beralkohol akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan kurang fokus.

Menyebabkan Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf merupakan efek buruk dari minuman alkohol selanjutnya. Seperti yang Anda ketahui, saraf manusia merupakah penghubung antara satu organ ke organ lainnya, jika bagian tubuh yang satu ini terganggua tentu saja dapat membuat tubuh tidak seimbang. Dan bahkan minum minuman keras yang sangat banyak dan melebihi kapasitas tubuh dapat menyebabkan overdosis hingga kematian.

Mengganggu Sistem Metabolisme Tubuh

Sistem metabolisme tubuh yang baik dapat membantu tubuh untuk mendapatkan tenaga yang baik untuk beraktivitas. Oleh karena itu seseorang yang minum alkohol akan merasa tidak semangat dan tidak berenergi. Hal ini dikarenakan seseorang yang minum alkohol sistem metabolismenya akan terganggu.

Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Sama halnya dengan minuman bersoda, mengonsumsi minuman alkohol yang berlebih juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan alkohol mengandung gula yang tinggi. Hal inilah yang dapat memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin melakukan program diet sebaiknya hindari minuman yang satu ini. Kenaikan berat badan tak hanya dapat menyebabkan kurangnyaa rasa percaya diri, akan tetapi juga dapat memicu segala macam penyakit yang berbahaya.

Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Seseorang yang mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan hormon adrenalin dalam tubuh meningkat. Sehingga hal ini dapat meningkatkan denyut jantung serta tekanan darah dalam tubuh. Sehingga seseorang yang mengonsumsi alkohol secara berlebih akan berisiko terserang penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi sendiri dapat memicu penyakit berbahaya lainnya, seperti jantung hingga stroke.

Nah itulah tadi beberapa efek buruk minuman alkohol untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Meskipun akan memberikan efek dalam jangka waktu lama, tetapi efek yang diberikan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan ginjal. Pasalnya jika ginjal mengalami gangguan, maka tubuh secara otomatis tidak akan seimbang dan mengalami gangguan pula. Oleh karena itu, mulailah untuk membatasi dan menghindari minuman yang satu ini.

Baca juga artikel tentang Efek samping makanan cepat saji.

loading...
Tags:gambar minuman keras, minuman keras, dp bbm minuman keras, poto minuman keras, kata kata mabuk minuman, foto minuman keras, dp bbm mabuk berat, minuman alkohol, dp bbm mabuk minuman, dp bbm minuman alkohol, dp mabuk miras, dp mabuk, mabuk minuman keras, gambar orang mabuk minuman keras, kata kata minum minuman keras