Efek Samping Facial Wajah yang Harus Anda Ketahui

By Categories : Kecantikan

Setiap wanita pastinya ingin memiliki kulit yang bersih, putih dan bebas dari jerawat. Selain menggunakan produk kecantikan, treatment yang sering dilakukan setiap orang adalah dengan melakukan facial. Facial merupakan salah satu kegiatan perawatan wajah yang paling sering dilakukan. Pada umumnya facial dicoba setiap orang karena hal tersebut dipercaya dapat merawat kulit wajah menjadi lebih sehat, bersinar dan terbebas dari masalah kulit salah satunya yaitu jerawat dan komedo.

efek samping facial

Meskipun manfaat facial sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, akan tetapi facial pun memiliki efek samping yang dapat membahayakan bagi wajah Anda. Yang harus Anda ketahui adalah tidak semua jenis kulit cocok melakukan jenis perawatan yang satu ini. Sebelum melakukan facial, sebaiknya Anda mengetahui efek samping facial wajah berikut ini!

Dampak negatif akibat facial wajah

Dapat merusak sel-sel kulit wajah

Efek samping dari facial yang pertama adalah dapat merusak sel-sel kulit wajah. Rusaknya sel kulit pada wajah dapat ditandai dengan pori-pori wajah semakin membesar. Jika tidak segera ditangani, pori-pori wajah yang membesar tentunya dapat menyebabkan masalah yang lain seperti jerawat, komedo dan kulit berminyak. Hal ini dikarenakan pori wajah yang membesar dapat memudahkan segala macam kotoran masuk ke dalam wajah Anda.

Menyebabkan iritasi dan kemerahan

Efek samping yang kedua adalah dapat menyebabkan iritasi atau kemerahan pada kulit. Setelah melakukan facial, kulit akan terlihat lebih putih dan bersinar namun hal ini hanya sementara. Setelah beberapa hari facial akan membuat kulit wajah Anda tampak kemerahan, iritasi dan kemudian muncul jerawat. Oleh karena itu, saat Anda mengalami hal ini setelah facial, langkah terbaik yang harus Anda lakukan adalah mencuci wajah dengan menggunakan susu dan air dingin untuk meredakan iritasi pada wajah. Selain itu, air dingin Anda gunakan juga dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Hindari menggunakan make up setelah facial

Selanjutnya adalah hindari penggunaan make up setelah melakukan facial. Beberapa jenis kulit wajah akan memberikan reaksi buruk, seperti berubah warna dan berjerawat ketika make up bercampur dengan krim facial. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari make up setelah melakukan perawatan wajah yang satu ini. akan tetapi jika Ada harus kembali bekerja dan diharuskan ber make up, Anda bisa berkonsultasi dengan spesialis dokter kulit.

Menyebabkan jaringan parut permanen

Efek samping facial wajah selanjutnya adalah dapat menyebabkan jaringan parut permanen, Jika Anda ingin melakukan facial, sebaiknya lakukanlah di klinik atupun tempat perawatn yang memiliki pegawai yang berpengalaman, karena melakukan facial yang tidak sesuai dengan prosedur dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada wajah. Hal ini bertujuan dan berguna agar Anda tidak menyesal setelah melakukan facial.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Facial

Perhatikan blackhead

Yang pertama adalah perhatikan blackhead. Bagi Anda yang memiliki blackead sebaiknya tidak mencoba membersihkannya sendirian. Biarkanlah  dokter kulit langganan Anda yang membersihkannya. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan facial secara rutin. Orang sudah ahli bisa mengangkatnya secara maksimal, sehingga blackhead tak menumpuk dan menyebabkan pori-pori membesar.

Sesuai jadwal

Yang kedua adalah melakukannya sesuai jadwal. Sebagian besar orang yang sudah mencoba facial mungkin pernah merasa kecewa ketika tidak merasakan efek yang berarti. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda tidak melakukannya  secara rutin. Ini juga merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum facial untuk pertama kali. Dokter kulit pun menyarankan untuk melakukan facial tiga minggu sekali untuk kulit berminyak dan lima minggu sekali untuk orang yang memiliki kulit kering.

Facial bukanlah solusi

Yang perlu diketahui tentang perawatan yang satu ini adalah facial bukanlah suatu solusi instan untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bersih. Seperti yang kita ketahui banyak orang yang melakukan facial agar terlihat lebih mulus pada saat acara spesial. Sebenarnya pernyataan tersebut salah, karena facial bukanlah suatu solusi instan untuk mempercantik wajah. Terlebih lagi ada beberapa efek samping facial wajah, mulai dari wajah kemerahan dan bahkan iritasi. Dan tentu saja hal ini membuat Anda tidak maksimal ketika harus menemui banyak orang.

Pijatan

Selain bersih, facial yang baik juga harus  dilakukan dengan pijatan yang dapat dinikmati. Semakin baik pijatannya, semakin baik pula sirkulasi darah yang  dapat menunjang efek bersinar pada wajah. Pijatan untuk wajah baik diterapkan oleh orang lain agar menimbulkan sensasi yang menenangkan.

Mahal belum tentu berkualitas

Tak selamanya melakukan perawatan mahal memiliki kualitas yang cukup baik. Pilihlah klinik kecantikan yang sudah terpercaya dan profesional. Jika sudah memiliki klinik kecantikan langganan, setialah pada klinik tersebut dan jangan terkecoh dengan klinik lain yang terlalu agresif dalam menawarkan produknya. Dan tentu saja perhatikan pula hasil facialnya, jangan terpatok dengan harga.

Nah itulah beberapa efek samping facial wajah yang wajib Anda ketahui.

loading...
Tags:Facial wajah, manfaat facial, efek samping totok wajah, efek samping facial wajah, manfaat facial wajah, facial muka, sebelum dan sesudah facial wajah, efek samping facial, efek facial, facial, facial wajah yang bagus, apa itu facial, fesel, dampak facial, fesel wajah