Efek Samping Permen Karet bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Berdasarkan penelitian terhadap kesehatan yang dilakukan, terlalu sering megonsumsi permen karet ternyata memiliki dampak atau efek kesehatan bagi tubuh. Meskipun begitu sebagian orang beranggapan bahwa permen karet termasuk rendah kalori yang mampu mengurangi stress. Lalu apa saja efek samping permen karet bagi kesehatan tubuh? Di bawah ini beberapa efek samping permen karet bagi kesehatan tubuh.

Efek Samping Permen Karet

Berikut ini Efek Samping Permen Karet bagi Kesehatan

  • Menyebabkan Keinginan untuk Mengonsumsi Junk Food

Sebuah penelitian terbaru terhadap kesehatan menyatakan bahwa dengan mengonsumsi permen karet terlalu sering ternyata menyebabkan seseorang ingin mengonsumsi makanan cepat saji atau disebut dengan junk food. Pada dasarnya junk food merupakan makanan yang dapat menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya mengalami kegemukan atau obesitas.

Yang menyebabkan keinginan seseorang mengonsumsi junk food adalah rasa mint yang biasa terdapat pada permen karet. Rasa mint tersebut memberikan efek rasa buah dan sayur menjadi pahit pada saat di dalam mulut. Hal tersebut tentu mengurangi selera makan sayur maupun buah.

  • Dapat Mengganggu Kesehatan pada Pencernaan

Sifat elastis pada permen karet yang tidak aka nada habisnya membuat permasalahan pada pencernaan jika terlalu sering mengonsumsinya. Meskipun tidak ditelan permen karet dapat menyebabkan masalah lain seperti masuknya angin ke dalam perut yang berakibat menjadi kembung. Ini dikarenakan ketika terus menerus mengunyah maka secara otomatis angin akan masuk ke dalam tubuh. Selain itu permen karet juga mengandung pemanis buatan yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti pusing, timbulnya alergi, dan juga diare.

  • Merusak Gigi

Efek samping permen karet bagi kesehatan berikutnya adalah dapat merusak gigi. Permen karet mengandung kadar gula yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak jika terlalu sering mengunyah permen karet. Oleh sebab itu setelah mengunyah permen karet alangkah baiknya untuk membersihkannya dengan sikat dan pasta gigi untuk mencegah kadar gula pada permen karet menempel pada gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

  • Masalah pada Sendi

Efek berikutnya adalah timbulnya efek pada sendi bila terlalu sering mengunyah permen karet. Bagi Anda yang suka mengunyah permen karet sebaiknya untuk menguranginya karena bisa menyebabkan gangguan pada sendi. Gangguan sendi akan menimbulkan rasa sakit pada bagian otot, dan sendi yang terhubung dengan tulang rahang serta tengkorak kepala.

  • Mengganggu Kesehatan Tulang

Berdasarkan penelitian pada remaja yang terlalu sering mengunyah permen karet kemungkinan besar akan terjadi perkembangan tubuh yang kurang sempurna terutama pada wajah saat mereka dewasa. Hal ini dikarenakan dengan terlalu sering mengunyah permen karet akan menstimulasi tulang bagian rahan serta otot pada wajah, sehingga membuat rahang nampak lebih besar.

Nah itulah tadi beberapa efek samping permen karet bagi kesehatan tubuh. Untuk Anda yang sering mengunyah permen karet sebaiknya berusaha untuk menguranginya setelah mengetahui efek yang ditimbulkan. Baca juga artikel mengenai Cara mengurangi nafsu makan berlebih.

Tags:akibat pusing karena permen karet, alasan pusing karena permen karet