Efek Tidur Setelah Makan

By Categories : Kesehatan

Ketika perut kenyang biasanya yang terjadi pada kebanyakan orang adalah rasa kantuk yang menyebabkan rasa ingin tidur. Kebiasaan tidur setelah perut kenyang ternyata memiliki efek buruk pada tubuh. Selain dapat bertambahnya lemak yang tidak terkontrol, ternyata juga menyebabkan berbagai efek lainnya yang juga masih tak disadari oleh orang.

efek tidur setelah makan

Oleh sebab itu ketika perut kenyang sangat tidak disarankan langsung tidur atau sekedar tiduran saja. Ini akan menyebabkan pencernaan akan bekerja lebih keras dalam mencerna makanan dalam perut. Akibatnya adalah timbul permasalahan yang terjadi pada sistem pencernaan tubuh. Untuk memberikan informasi kepada Anda, berikut ini terdapat beberapa efek tidur setelah makan yang perlu Anda ketahui.

Berikut Efek Tidur Setelah Makan

Berat Badan Naik

Dalam menurunkan berat badan, Anda perlu membakar kalori dalam tubuh Anda dengan cara mengurangi ngemil makanan, mengonsumsi makanan sehat, mengurangi makanan cepat saji, sampai melakukan olahraga. Namun hal sepele tidur setelah kenyang tanpa disadari dapat menyebabkan permasalahan pada berat badan seperti berat badan dapat bertambah, terlebih lagi jika habis mengonsumsi makanan cepat saji, lemak dalam tubuh akan bertambah semakin banyak atau disebut dengan obesitas.

Dapat Menyebabkan Penyakit Stroke

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Loannina Medical School di negara Yunani, tidur setelah makan dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit stroke meski dalam jangka panjang. Sebuah penelitian ini telah dilakukan kepada sekitar 500 orang sehat, yang menyatakan bahwa orang yang menunggu dengan waktu lebih lama dan tidak langsung tidur memiliki penurunan resiko terkena penyakit stroke. Ini dikarenakan refluks asam yang lebih yang bisa menyebabkan nafas terhenti sejenak ketika tidur. Hal itulah yang membuat resiko terkena penyakit stroke.

Menyebabkan Resiko Penyakit Jantung

Selain penyakit stroke, ternyata resiko penyakit jantung juga turut terjadi jika seseorang terlalu sering langsung tidur ketika dirinya merasa kenyang. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa serangan jantung dapat saja terjadi akibat dari lemak yang terus menumpuk. Ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan resiko dari serangan jantung. Seperti pada poin yang pertama, penumpukan lemak lebih besar ketika seseorang langsung tidur saat setelah merasa kenyang.

Refluks Asam

Efek tidur setelah makan yang berikutnya adalah refluks asam. Refluks asam dapat mengakibatkan rasa panas yang terjadi pada dada ketika seseorang setelah mengonsumsi makanan ringan maupun makanan berat. Ini dikarenakan asam lambung naik ke dalam rongga dada, sehingga tubuh akan merasakan rasa panas dan rasa tidak nyaman pada bagian sekitar dada.

Dapat Menyebabkan Diabetes

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang sebaiknya dicegah sejak usia muda. Penyakit ini bisa datang kepada siapa saja bagi mereka yang kurang memperhatikan pola makan. Diabetes dapat disebabkan karena obesitas atau kegemukan. Nah untuk Anda yang memiliki kebiasaan buruk seperti tidur ketika setelah makan sebaiknya hinderi untuk mencegah obesitas dan diabetes.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai efek tidur setelah makan yang perlu diketahui.

loading...
Tags:akibat selesai makan langsung tidur, akibat habis makan langsung tidur, efek dari makan langsung tidur, efek setelah makan terus tidur, habis maka, manfaat dan akibat habid mkan tidur