Faktor Pemicu Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah pola hidup. Pola hidup tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh. Mulai dari merokok sampai tidak mengontrol pola makan merupakan satu dari sekian banyak pola hidup tidak sehat. Seperti yang kita ketahui kolesterol tinggi biasanya menyerang bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Jika kadar kolesterol dalam tubuh tidak terkendali, maka dapat memicu berbagai penyakit serius.

Faktor Pemicu Kolesterol Tinggi

Penyakit tersebut mengancam kesehatan tubuh seperti stroke atau bahkan serangan jantung. Untuk itu salah satu cara menghindari kolesterol tinggi adalah dengan menjaga hidup sehat. Adapun cara mendapatkan hidup sehat seperti rajin berolahraga, menghindari rokok, alkohol, serta mengonsumsi makanan sehat. Sekedar memberikan informasi untuk Anda, berikut adalah beberapa faktor pemicu kolesterol tinggi yang wajib diketahui.

Inilah 5 Faktor Pemicu Kolesterol Tinggi

Kegemukan atau Obesitas

Faktor pemicu kolesterol tinggi yang pertama adalah kegemukan atau disebut dengan obesitas. Kegemukan tidak hanya dapat menimbulkan kolesterol tinggi yang berakibat serangan jantung atau stroke, tetapi juga dapat menimbulkan permasalahan kesehatan lainnya seperti diabetes. Untuk itu bagi Anda yang memiliki berat badan lebih sebaiknya memulai untuk menjalankan program diet sehat dengan didampingi olahraga secara teratur.

Merokok

Pemicu kadar kolesterol tinggi berikutnya adalah merokok. Merokok mengandung banyak zat berbahaya di dalamnya, salah satunya dikenal dengan nama zat nikotin. Zat dalam rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam jangka waktu lama seperti serangan jantung, stroke, kanker, gangguan kehamilan bagi wanita yang merokok, serta dapat memicu kadar kolesterol dalam tubuh meningkat tinggi. Ini dikarenakan dengan merokok dapat menurunkan kadar lemak baik pada tubuh atau dapat disebut dengan HDL.

Pola Makan Tidak Terkendali

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak terkendali. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi di antaranya seperti daging merah, roti panggang, atau juga makanan berlemak lainnya. Untuk menjaga agar kolesterol dapat terjaga dengan baik, sebaiknya memulai memperhatikan pola makan dengan baik.

Kurang Berolahraga

Dapat dikatakan berolahraga wajib halnya dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kurang berolahraga dapat menyebabkan permasalahan serius, seperti berat badan tak terkendali sampai dengan masalah kolesterol tinggi. Bagi kalangan lanjut usia sangat disarankan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil. Untuk itu olahraga ringan dapat dilakukan seperti berjalan, senam, dan olahraga ringan lainnya.

Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang benar. Penyakit gula darah ini dapat menyerang siapa saja, apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat gula darah tinggi. Gula darah tinggi dapat menyebabkan LDL atau kolesterol jahat menjadi tinggi serta kolesterol HDL atau kolesterol baik menjadi rendah. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak lapisan arteri secara perlahan.

Itulah tadi informasi mengenai  faktor pemicu kolesterol tinggi yang wajib Anda ketahui. Baca juga artikel terkait mengenai Cara alami turunkan kolesterol.

loading...