Fungsi Kolagen untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Kolagen dapat disebut sebagai salah satu protein dalam tubuh guna membantu pembentukan tulang gigi, sendi, otot, sampai dengan membantu kesehatan kulit. Kadar dari kolagen dalam tubuh kurang lebih 30 persen dari semua protein yang terdapat di dalam tubuh. Terdapat 28 jenis kolagen yang ada pada tubuh, akan tetapi hanya tipe I dan tipe V yang paling banyak ditemukan.

Fungsi Kolagen untuk Kulit

Sampai saat ini kolagen dapat ditemukan dalam beberapa bentuk seperti berupa vitamin dan juga asupan lain yang berfungsi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Nah ingin tahu apa saja sebenarnya fungsi kolagen untuk kulit dan kesehatan tubuh tubuh? Langsung saja, simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Fungsi Kolagen untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Membantu untuk Mendukung Nutrisi Otak

Fungsi kolagen yang pertama adalah untuk mendukung nutrisi otak. Permasalahan seperti insomnia atau susah tidur, pusing, sampai dengan pelupa dapat disebabkan karena jaringan kolagen menipis sehingga otak kurang mendapatkan nutrisi. Di samping itu permasalahan sulit berkonsentrasi, mengalami kecemasan yang berlebih turut menjadi akibat tubuh kekurangan kolagen. Oleh sebab itu diperlukan kolagen tambahan alami untuk otak bekerja secara maksimal.

Untuk Membantu Kesehatan pada Rambut

Fungsi kolagen berikutnya adalah untuk memperkuat rambut serta membantu untuk tumbuh lagi ketika dipotong. Oleh sebab itu ketika tubuh mendapatkan asupan kolagen tambahan maka rambut yang rontok bisa tumbuh kembali dan diperkuat. Untuk mendapatkan asupan kolagen tambahan, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran sehat.

Membantu Kesehatan Kulit sekaligus Sebagai Penyokong Kulit

Hal ini diungkapkan langsung oleh dr. Eric yang berasal dari University of Pennsylvania yang menyatakan bahwa sekitar 80 persen dari kulit berasal dari kolagen. Kolagen dapat membantu menjaga elastisitas pada kulit. Namun ketika seseorang berusia lebih dari 25 tahun, maka kolagen dalam tubuh akan berkurang sebanyak 15 persen. Oleh sebab itu sangat diperlukan asupan kolagen berasal dari luar yang dapat berupa vitamin, maupun secara alami dari buah-buahan maupun sayuran.

Sebagai Sistem Imun Tubuh

Fungsi kolagen untuk kulit yang keempat adalah sebagai sistem imun untuk tubuh. Kolagen tidak hanya untuk membantu elastisitas dan kecantikan kulit saja, melainkan juga untuk sistem imun atau sistem kekebalan pada tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi makanan sehat berupa sayuran maupun buah-buahan yang mengandung kolagen secara alami maka secara tidak disadari sistem imun pada tubuh juga meningkat, sehingga mengurangi resiko berbagai penyakit.

Tulang dan Sendi

Kolagen memiliki fungsi untuk kesehatan tulang dan sendi, hal ini berarti menandakan bahwa kolagen dan kalsium sama-sama berperan penting untuk tulang. Agar kesehatan tulang dan sendi dapat terjaga sehat, sebaiknya konsumsi makanan alami yang mengandung kalsium sekaligus kolagen. Saat ini kolagen dapat ditemukan berupa vitamin.

Fungsi kolagen untuk tubuh lainnya dalah dapat memperkuat kuku agar tak mudah patah, membantu sistem pencernaan pada tubuh, dan banyak lagi. Nah itulah tadi beberapa fungsi kolagen untuk kulit dan kesehatan tubuh.  Baca juga artikel tentang Manfaat vitamin C untuk kulit wajah.

loading...
Tags:gambar kulit