Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

By Categories : Kesehatan

Mengetahui fungsi lemak bagi tubuh manusia memang sangat penting. Karena sampai sekarang banyak yang beranggapan bahwa lemak hanyalah sebuah parasit dalam tubuh yang hanya membuat tubuh gemuk atau penyebab obesitas. Padahal hal yang harus Anda tahu lemak ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat lemak bagi tubuh manusia sendiri adalah berperan sebagai sumber energi selain karbohidrat dan protein. Karena lemak merupakan salah satu dari kesekian zat makro yang berperan sebagai penyimpan energi dalam tubuh. Lemak sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya lemak sederhana, lemak campuran, dan lemak asli ( lemak jenuh dan lemak tidak jenuh).

fungsi lemak bagi tubuh

Lemak memiliki sifat zat organic hidrofobik yang membuat lemak akan sulit larut di dalam air. Dari sifat lemak tersebut membuat lemak sangat mudah menimbun di dalam tubuh dan tak jarang membuat perut buncit. Semakin banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, maka seseorang akan sangat mudah mengalami obesitas. Tapi jika dapat mengendalikan dengan baik, justru lemak tersebut dapat berperan baik bag kesehatan tubuh manusia. Ingin tahu kan apa saja fungsi dari lemak bagi tubuh manusia? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Berikut Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia yang Dapat Anda Ketahui

Lemak sendiri memiliki berbagai sumber kandungan di dalamnya seperti mengandung oksigen, fosfor, karbon, nitrogen dan hidrogen yang berperan baik bagi tubuh manusia diantaranya sebagai berikut :

  • Manfaat lemak bagi tubuh manusia yang pertama adalah dapat melindungi tubuh dari perubahan iklim.
  • Berfungsi sebagai alat pelindung organ vital seperti jantung, lambung dan organ lainnya.
  • Bermanfaat untuk membantu menyusun membrane sel di dalam tubuh.
  • Menghemat peranan protein dalam tubuh dimana lemak membantu proses pembentukan energi.
  • Bermanfaat untuk menyusun vitamin dan hormon dalam tubuh.

Namun tak hanya itu saja fungsi dari lemak bagi tubuh, lemak juga memiliki fungsi lainnya diantaranya yaitu:

Sumber energi

Lemak yang baik juga sangat bermanfaat sebagai sumber energi. Tanpa energi, tubuh tidak akan bisa melakukan aktivitas dan bergerak. Tak hanya itu saja, seseorang yang kurang asupan lemak juga sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Baca juga manfaat vitamin B kompleks bagi kesehatan tubuh

Membantu penyerapan vitamin

Seperti yang diketahui tubuh sangat membutuhkan beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, D, E dan juga K. Tanpa lemak, vitamin-vitamin tersebut tubuh tidak akan bisa terserap ke dalam tubuh. Padahal tubuh tidak bisa memproduksi vitamin tersebut.

Menunjang fungsi otak

Manfaat berikutnya adalah untuk menunjang fungsi otak. Otak merupakan salah satu organ tubuh yang penting sekali untuk dijaga kesehatannya. Lemak baik yang Anda konsumsi dapat membuat sel-sel yang ada di dalam otak terus berkembang dan membentuk lapisan sel yang sehat. Secara khusus, lemak baik juga dapat membuat otak lebih cerdas dan terhindar dari demensia.

Meningkatkan kesuburan

Fungsi lemak bagi tubuh selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesuburan. Seorang wanita remaja yang masuk dalam usia subur dapat mendapatkan siklus mentruasi yang teratur jika dibandingkan dengan seorang wanita yang kekurangan asupan lemak. Meskipun begitu, kelebihan lemak dalam tubuh juga dapat menganggu proses kesuburan seseorang, baik pria ataupun wanita.

Mengontrol berat badan

Banyak orang yang mengira bahwa lemak hanya akan meningkatkan berat badan seseorang. Namun tahukah Anda bahwa lemak juga berperan dalam membantu tubuh agar berat tubuh tetap ideal. Seperti yang Anda ketahui lemak ada dua macam yaitu lemak jahat dan lemak baik. Jika Anda mengonsumsi lemak baik tentu saja tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Mengurangi potensi penyakit

Lemak baik seperti asam lemak omega 3 dan 6 juga memiliki peranan penting dalam menurunkan risikp seseorang terserang oleh penyakit kronis, seperti jantung dan stroke. Oleh karena itu, mulailah untuk mengonsumsi lemak baik dan menghindari lemak jahat. Sumber makanan yang mengandung lemak baik diantaranya yaitu ikan salmon, minyak ikan, biji-bijian dan lainnya.

Nah itulah beberapa fungsi dari lemak bagi tubuh manusia yang dapat Anda ketahui. Untuk mendapatkan sumber lemak yang dibutuhkan tubuh Anda dapat mengonsumsi beberapa sumber makanan berikut ini, diantara sebagai berikut!

  • Sumber lemak nabati, contohnya seperti buah alpukat, minyak kelapa, kacang kedelai, kacang kenar tumbuhan laut dan masih banyak lagi lainnya.
  • Sumber lemak hewani contohnya seperti susu, lemak, daging merah, telur, dan berbagai olahan ikan laut.

Setelah kita mengetahui mengetahui fungsi lemak bagi tubuh, dalam prakteknya keseharian kebutuhan lemak setiap orang berbada tergantung dengan usia dan berat badan manusia. Maka alangkah baiknya untuk menghindari kebutuhan lemak tubuh yang berebihan maka sebaiknya konsumsi secara berimbang.

Baca juga artikel terkait lainnya Cara Mengatasi Lemak Perut Secara Alami.

loading...
Tags:fungsi lemak, yang bukan merupakan fungsi lemak, fungsi lemak dalam tubuh manusia, fungsi lemak sebagai zat, fungsi utama lemak adalah, fungsi zat lemak, manfaat lemak bagi kecantikan, perhtikan beberapa fungsi zat makana berikut fungsi lemak bagi tubuh