Gejala dan Cara Mengatasi Iritasi Pada Wajah

By Categories : Kecantikan

Cara mengatasi iritasi pada wajah sebenarnya cukup mudah asalkan Anda mengatahui penyebabnya. Seperti yang Anda ketahui make up dan wanita merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini dikarenakan make up yang mereka gunakan berguna untuk menunjang penampilan serta kecantikan seorang wanita. Akan tetapi banyaknya produk kosmetik yang beredar di pasaran membuat para wanita selalu tergoda untuk membeli dan mencobanya. Untuk menghindari hal tersebut Anda harus pandai-pandai memilih produk kecantikan yang dijual di pasaran serta mengandung bahan yang aman.

Oleh karena itu, saat membeli produk kecantikan sebaiknya Anda perhatikan kembali kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Karena produk kecantikan yang tidak cocok pada wajah, justru ini akan membuat kulit wajah menjadi sensitif dan mudah iritasi. Berikut adalah gejala dan cara mengatasi iritasi pada wajah yang dapat Anda coba.

Gejala iritasi pada wajah

  • Kulit terasa panas dan gatal
  • Warna kemerahan pada kulit
  • Radang dan bersisik pada kulit
  • Kulit kering
  • Adanya ruam pada kulit
  • Kulit pecah-pecah
Cara Mengatasi Iritasi Pada Wajah

iritasi pada wajah wanita

Setelah mengetahui beberapa gejala iritasi pada kulit, berikut adalah cara ampuh mengatasi iritasi pada wajah yang dapat Anda coba.

Cara Mengatasi Iritasi pada Wajah Secara Alami

Menggunakan lidah buaya

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan lidah buaya. Selama ini kita hanya tahu bahwa lidah buaya hanya bermanfaat untuk menjaga keindahan rambut. Akan tetapi tak hanya itu saja, lidah buaya juga berguna untuk mengatasi iritasi, hal ini karena lidah buaya kaya akan vitamin E. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat melembabkan, mendinginkan serta menyembuhkan kulit yang teriritasi.

Menggunakan mentimun

Cara mengatasi iritasi pada wajah yang kedua adalah dengan cara menggunakan mentimun. Kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah mentimun bermanfaat untuk mendinginkan dan melembabkan kulit. Cara menggunakannya pun mudah, yaitu haluskan mentimun kemudian taruh ke dalam wadah dan rendamlah kapas di dalamnya. Setelah itu, masukkan dan diamkan ke dalam kulkas untuk beberapa saat. Jika sudah, Anda dapat menggunakannya sebagai masker untuk wajah.

Air mawar

Air mawar merupakan salah satu produk kecantikan yang sudah dipercaya untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Selain berguna untuk mengatasi flek hitam pada wajah, air mawar juga dapat meringankan kulit wajah yang terkena iritasi. Caranya, rendam kapas ke dalam larutan air mawar kemudian tempelkan pada kulit yang mengalami iritasi.

Minyak zaitun

Selanjutnya adalah dengan cara menggunakan minyak zaitun. Sama halnya dengan lidah buaya, minyak zaitun juga kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk melembabkan, mendinginkan serta menyembuhkan kulit wajah yang mengalami iritasi. Caranya pun hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang mengalami iritasi. Jangan lupa untuk memijat ringan bagian wajah tersebut untuk mengurangi rasa gatal.

Minyak kelapa

Cara mengatasi iritasi pada wajah selanjuntya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan salah satu minyak alami yang kaya akan manfaat. Selain untuk melembabkan dan melembutkan kulit, minyak kelapa juga sangat ampuh untuk mengatasi iritasi pada wajah. Ketika mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang teriritasi sebaiknya Anda berhati-hati, agar tidak meluber ke bagian kulit lainnya. Minyak kelapa juga mengandung anti mikroba dan anti jamur. Sehingga sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Selain minyak kelapa, minyak alami yang dapat Anda gunakan lainnya adalah minyak almond, ataupun minyak biji roseship.

Gunakan masker oatmeal

Oatmeal juga merupakan bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk meredakan iritasi pada wajah akibat terbakar sinar matahari ataupun karena jerawat. Untuk mengatasinya, pastikan Anda memilih oat murni. Caranya pun sangat mudah campurkan oatmeal dengan air lalu oleskan pada bagian wajah yang mengalami iritasi. Jika ingin hasil lebih maksimal, Anda bisa membuat masker oatmeal dengan menggunakan susu. Protein lemak dalam susu akan membantu meremajakan kulit wajah Anda.

Gunakan tabir surya

Meskipun bukan merupakan cara alami, akan tetapi menggunakan tabir surya juga sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi iritasi akibat sinar matahari. Agar lebih efektif sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF 30 dan gunakan tabir surya non comedogenic untuk menghindari sumbatan di pori-pori wajah.

Gunakan teh hijau

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal saja, teh hijau juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung senyawa anti inflamasi serta dapat membantu menyempitkan pembuluh darah di kulit. Sehingga teh hijau dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Caranya pun sangat mudah, masukkan beberapa kantung teh atau sendok makan daun teh ke dalam panci mendidih. Angkat  dan diamkan.  Setelah itu tuangkan teh ke dalam mangkuk dan celupkan kapas atau tisu. Letakkan kapas tersebut pada wajah yang mengalami iritasi. Pastikan Anda mengoleskannya secara perlahan agar tidak semakin mengiritasi kulit.

baca juga : pemutih waah alami yang aman untuk kulit

Nah itulah beberapa gejala dan cara mengatasi iritasi pada wajah secara alami.

loading...
Tags:ciri-ciri wajah iritasi akibat kosmetik, iritasi kulit wajah merah dan gatal, ciri ciri iritasi pada kulit wajah, gejala iritasi kulit wajah, ciri ciri iritasi kulit, cara menghilangkan kemerahan pada wajah dengan cepat, ciri ciri wajah iritasi, iritasi wajah, wajah iritasi, iritasi pada wajah, ciri ciri kulit iritasi, ciri wajah iritasi, Ciri ciri kulit wajah iritasi, ciri ciri iritasi, cara mengatasi muka merah akibat iritasi