Gejala dan Obat Tradisional Penyakit Hepatitis B

By Categories : Kesehatan

Hepatitis B merupakan penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B yaitu VHB. Virus tersebut sangat membahayakan karena akan merusak dan menginfeksi hati manusia. Selain merupakan silent killer penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular yang perlu Anda waspadai. Penularan hepatitis B pun dapat terjadi melalui beberapa hal, yaitu :

  • Jarum suntik yang sudah terkontaminasi virus hepatitis B
  • Sikat gigi
  • Pisau cukur
  • Ibu hamil pada janinnya
  • Barang-barang yang digunakan penderita

Obat Tradisional Penyakit Hepatitis B

Nah itulah beberapa penularan penyakit hepatitis B. Selain mengetahui cara penularan, sebaiknya Anda pun mengetahui apa saja gejala dari hepatitis B. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Gejala penyakit hepatitis B

  • Kulit mata menguning
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Demam dan menggigil
  • Gatal-gatal
  • Nyeri pada perut
  • Urine berwarna gelap

Selain pertolongan medis, Anda juga dapat mengobatinya dengan cara tradisional atau alami. Nah berikut adalah obat tradisional penyakit hepatitis B yang dapat Anda coba.

Cara Mengobati Hepatitis B secara alami

Temulawak
Obat tradisional penyakit hepatitis B yang pertama adalah temulawak. Tumbuhan yang satu ini memang sudah dipercaya untuk menjaga kesehatan sejak zaman dahulu. Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai obat tradisional penyakit hepatitis B. Ini karena temulawak memiliki kadar xanthorhiza dan kurkumin yang mampu melawan zat tersebut. Oleh karena itu mulailah untuk mengonsumsi ramuan temulawak untuk mengatasi penyakit mematikan ini. Selain untuk mengobati hepatitis temulawak juga berguna untuk meningkatkan daya imun tubuh, menurunkan kadar lemak, serta dapat meningkatkan nafsu makan.

Kunyit
Yang kedua adalah kunyit. Selain digunakan untuk bahan masakan kunyit juga berguna untuk menjaga kesehatan. Kandungan minyak atsiri pada kunyit memiliki kemampuan sebagi anti tumor, anti mikroba, dan anti HIV. Caranya ambil beberapa ruas kunyit kemudian bersihkan hingga bersih, parut kunyit lalu peras airnya. Agar rasanya lebih enak, Anda dapat menambahkan madu saat mengonsumsinya.

Mengkudu
Obat tradisional penyakit hepatitis B selanjutnya adalah dengan cara menggunakan mengkudu. Mengkudu dapat memberikan stimulasi pada tubuh untuk memproduksi nitrit oksida (NO) serta dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh. NO berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan virus. Tak hanya itu saja manfaat mengkudu, mengkudu juga memiliki zat iridoid yang memiliki kemampuan untuk mengatasi hepatitis.

Mahkota dewa
Selanjutnya adalah mahkota dewa, kandungan fenol, lignan, tanin, flavonoid dan minyak atsiri pada mahkota dewa berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu untuk mengobati hepatitis.

Nah itulah beberapa gejala dan obat tradisional penyakit hepatitis B.

loading...
Tags:air kelapa untuk hepatitis b, air kelapa dan hepatitis b, cara mengobati hepatitis b dg degan ijo, manfaat air kelapa muda untuk hepatitis b, Mata wanita hepatitis