Gejala dan Pencegahan Virus MERS

By Categories : Kesehatan

Virus MERS atau virus Corona Middle East Respiratory Syndrome adalah salah satu jenis virus yang menyerang organ pernafasan manusia yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular. Ada beberapa cara penularan dari virus MERS yaitu langsung dan tidak langsung. Penularan secara langsung biasanya seseorang terkena percikan dahak seorang penderita MERS saat batuk atau bersin. Sedangkan penularan secara tidak langsung biasanya melalui media atau benda yang terkontaminasi penyakit tersebut.

Gejala dan Pencegahan Virus MERS

Virus tersebut merupakan virus yang berbahaya karena virus ini sebelumnya menyebabkan SARS pada tahun 2002-2003. Tak hanya itu saja, penyakit yang disebabkan oleh virus MERS juga dapat membahayakan nyawa penderitanya. Di mana pada tahun 2002-2003 yang lalu SARS menyebabkan 775 orang meninggal dunia.

Negara yang melaporkan adanya virus MERS adalah Arab Saudi, Qatar, Tunisia, Inggris, Uni Emirat Arab, Inggris, Italia, Perancis dan juga Korea Selatan. Lantas apa saja gejala dari MERS-coV (salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus MERS)? Berikut ulasannya.

Gejala MERS-coV yang Patut Anda Ketahui

Gejala dari penyakit ini tidak jauh beda dengan penyakit SARS yaitu:

  • Demam
  • Batuk
  • Bersin-bersin
  • Sesak nafas

Meskipun hanya seperti itu, namun jika tidak segera di atasi gejala tersebut dapat menyebabkan komplikasi serius seperti ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome) diserati dengan kegagalan multiorgan, pneumonia berat, gagal ginjal, perikaditis dan juga koagulopati konsumtif yang pada akhirnya akan berujung pada kematian.

Cara Mencegah Virus MERS

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara utama untuk mencegah virus ini adalah dengan menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat. Jika kebutuhan vitamin dalam tubuh terpenuhi ini akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Sehingga ini akan membantu tubuh untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Hindari Menggunakan Alat Makan Bersama

Seperti yang Anda ketahui cara penularan virus MERS adalah dengan cara langsung ataupun tak langsung. Menggunakan tempat makan ataupun minum secara bersamaan merupakan salah satu media menularnya penyakit ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari menggunakan alat makan dan minum bersama untuk mengindari penularan virus MERS.

Gunakan Masker Saat Berpergian

Cara mencegah virus MERS yang selanjutnya adalah dengan cara selalu menggunakan masker saat bepergian. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari virus MERS kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Nah itulah beberapa cara mencegah virus MERS. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan, karena saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat mengobati penyakit ini. Perawatan secara medis yang dilakukan saat ini hanya untuk meringankan gejala dari virus MERS tersebut.

Baca juga artikel tentang Penyebab dan gejala penyakit lupus.

loading...
Tags:pencegahan virus mers