Gejala Fisik Penanda Tingginya Kadar Kolesterol

By Categories : Kesehatan

Kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung maupun penyakit stroke. Kadar kolesterol tinggi biasanya lebih sering terdapat pada mereka yang sudah berusia lanjut. Untuk cara pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari makan-makanan yang mengandung kolesterol jahat (LDL) dan menggantinya dengan makanan rendah atau yang mengandung lemak baik (HDL). Kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi biasanya ditandai dengan beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Dengan mengetahui gejala tersebut, Anda dapat menguji pemeriksaan kadar kolesterol dengan cara melakukan tes darah. Lalu apa saja gejala fisik penanda tingginya kadar kolesterol dalam tubuh?

Penanda Tingginya Kadar Kolesterol

Berikut Gejala Fisik Penanda Tingginya Kadar Kolesterol

Merasa Pusing pada Bagian Kepala

Salah satu gejala fisik yang penanda tingginya kadar kolesterol dalam tubuh yang pertama adalah merasakan pusing pada bagian kepala. Ini dikarenakan ketika kadar kolesterol yang tinggi akan membentuk plak di dalam pembuluh darah pada bagian kepala. Hal ini menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga seseorang tersebut akan merasakan rasa pusing yang hebat. Jika sudah parah pembuluh darah dapat pecah yang bisa menyebabkan stroke sampai dengan kematian.

Tangan dan Kaki Terasa Pegal

Gejala berikutnya dari kolesterol terlalu tinggi adalah tangan dan kaki terasa pegal-pegal. Ini disebabkan karena pembuluh darah pada kaki dan tangan yang tersumbat. Sama seperti di atas, bahwa kolesterol tinggi dapat tertimbun pada pembuluh darah sehingga membuat seseorang akan mengalami kaki dan tangan terasa pegal. Untuk gejala ini perlu diwaspadai, biasanya rasa pegal terlalu sering terjadi.

Merasa Pegal pada Bagian Pundak dan Tengkuk

Penanda tingginya kadar kolesterol dalam tubuh adalah tubuh merasa pegal pada bagian pundak dan tengkuk. Sama seperti poin di atas, untuk gejala yang satu ini dikarenakan tersumbatnya pembuluh darah oleh kolesterol yang terlalu tinggi pada bagian tersebut. Dengan begitu peredaran darah di dalam tubuh akan kurang lancar dan maksimal.

Sering Merasakan Kesemutan pada Bagian kaki

Gejala yang keempat adalah sering mengalami kesemutan pada bagian kaki. Aliran di dalam darah yang kurang lancar akan mempengaruhi sel saraf pada bagian tertentu seperti kaki mengalami kesemutan. Hal ini juga disebabkan karena kadar kolesterol jahat dalam tubuh terlalu tinggi.

Terasa Nyeri pada Dada Sebelah Kiri

Gejala fisik penanda tingginya kadar kolesterol selanjutnya adalah terasa nyeri pada dada sebelah kiri. Jantung terletak pada dada sebelah kiri yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi maka akan menyebabkan pembuluh darah pada sekitar jantung akan tersumbat. Akibatnya adalah dada sebelah kiri akan mengalami nyeri sampai dengan leher. Nyeri pada dada sebelah kiri juga bisa gejala serangan jantung.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dan Hipertensi

Kolesterol tinggi dan hipertensi merupakan jenis penyakit yang sering diabaikan oleh setiap orang. Padahal kedua penyakit tersebut merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mengetahui cara mencegah kolesterol tinggi dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Nah berikut adalah beberapa panduan yang tepat dan aman untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Membatasi Asupan Garam

Seperti yang Anda ketahui garam merupakan salah satu penyebab penyakit darah tinggi yang perlu Anda waspadai. Maka dari itu, kurangilah asupan garam dalam menu makanan Anda. Hal ini bertujuan untuk mengontrol tekanan darah serta kolesterol. Selain itu, hindarilah makanan kaleng serta makanan asin, seperti keripik.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dalam setiap harinya adalah kunci utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Menu makanan sehat yang dapat Anda pilih sebagai menu sehari-hari antara lain, daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas merupakan faktor penyebab tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan tumpukan lemak yang ada di dalam tubuh dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, fokuslah untuk menurunkan berat badan. Selain dapat menghindarkan dari segala macam penyakit, berat badan ideal tentu saja dapat membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Tetap Aktif dan Hindari Alkohol

Berusaha tetap aktif bergerak dalam setiap harinya dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah kesehatan, termasuk kolesterol dan hipertensi. Selain itu, bagi yang sering minum alkohol Anda juga harus menghindari alkohol. Karena minuman beralkohol juga dapat menyebabkan segala macam penyakit yang bahkan lebih parah dari hipertensi dan kolesterol.

Cek Tekanan Darah Secara Rutin

Untuk mencegah terjadi suatu hal yang membahayakan, lakukanlah pemeriksaan kesehatan tubuh, termasuk tekanan darah secara rutin.

Nah itulah beberapa gejala fisik penanda tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh yang perlu diwaspadai.

loading...