Gejala Kanker Darah Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Kanker darah atau yang biasa disebut dengan leukimia adalah suatu kondisi di mana sel darah putih lebih banyak dibandingkan sel darah merah. Akan tetapi sel darah putih tersebut bersifat tidak normal. Kanker yang terjadi biasanya disebabkan oleh pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Akan tetapi kanker pada anak sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya. Oleh karena itu, pada umumnya kanker pada anak bersifat tidak dapat dicegah. Kanker darah merupakan kanker nomor satu yang membunuh anak-anak. Kanker jenis ini banyak ditemui pada anak yang berusia 2 hingga 6 tahun. Lantas apa saja gejala kanker darah pada anak? Berikut ulasannya!

gejala kanker darah

Gejala leukimia pada anak

  • Mengalami anemia
    Gejala kanker darah pada anak yang pertama adalah mengalami anemia. Pada umumnya anak-anak yang mengalami anemia memiliki ciri-ciri mudah lelah, pucat, sesak napas dan juga lesu. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan sel darah merah.
  • Mudah memar dan berdarah
    Jika seorang anak yang normal dan sehat ketika terluka akan cepat membeku, berbeda dengan seorang anak yang terkena leukimia. Anak- anak leukimia sangat mudah sekali berdarah dan memar. Hal ini dikarenakan tingkat pembekuan darahnya sangat rendah. Tak hanya itu saja, anak-anak yang menderita leukimia juga memiliki trombosit yang rendah, sehingga hal ini mengakibatkan keterlambatan dalam pembekuan darah.
  • Nyeri tulang
    Gejala kanker darah selanjutnya adalah nyeri pada tulang. Biasanya nyeri tulang terjadi akibat kekurangan vitamin D. Akan tetapi bagi penderita leukimia nyeri tulang disebabkan karena sum-sum tulang belakang terakumulasi sel-sel darah putih yang abnormal. Dan biasanya nyeri tulang pada anak leukimia akan semakin memburuk dari waktu ke waktu salam setiap harinya.
  • Kelenjar yang bengkak
    Gejala awal yang sering dialami pada anak yang terkena leukimia adalah membengkaknya kelenjar getah bening. Jika kelenjar getah bening membengkak ini dapat dilihat di daerah seperti ketiak, dada dan pangkal paha leher. Perbedaannya dengan bengkak karena sakit flu adalah, pembengkakan yang terjadi akibat leukimia adalah berlangsung selama beberapa hari.
  • Demam dan mudah terinfeksi
    Selanjutnya adalah anak mudah demam dan terinfeksi. Hal ini dikarenakan sel darah putih yang ada tidak mampu melawan berbagai macam virus. Sehingga anak sangat rentan terhadap infeksi dan demam. Demam pada anak leukimia juga biasanya lebih dari 38 derajat celcius dan berlangsung selama beberapa hari.

Nah itulah beberapa gejala kanker darah pada anak. Selain itu, ada juga gejala kanker lainnya, seperti mimisan, berat badan rendah, sakit kepala, kesulitan bernapas, hilangnya nafsu makan, keringat berlebihan, pendarahan pada gusi serta munculnya bintik merah pada kulit. dalam dunia medis hal tersebut biasa disebut dengan petechiae.

Baca juga artikel yang terkait mengenai Makanan penyebab kanker yang perlu Anda ketahui.