Gejala Monopause Dini Pada Wanita

By Categories : Kesehatan

Monopause adalah kondisi berhentinya pendarahan dan siklus datang bulan, yang menandakan akhir masa reproduksi wanita. Monopause pada umumnya terjadi pada saat wanita sudah menginjak usia 40-50 tahunan. Tetapi, tahukah Anda monopause juga dapat dialami oleh wanita usia dini? Wanita yang mengalami monopause lebih dini maka tandanya ia tidak akan mendapatkan keturunan atau buah hati dan tentu kondisi tersebut sangat tidak diharapkan bagi setiap wanita apalagi jika wanita masih dalam usia produktif. Monopause dini pada wanita ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah tekanan kerja dan stres yang berlebihan. Selain itu juga bisa disebabkan oleh kegagalan ovarium dini (premature ovarian failure, POF).

monopouse

Menurut sebuah penelitian, di Indonesia yang mengalami monopause dini terjadi karena kelainan bawaan (kelainan kromosom), penyakit autoimun dan mengangkatan ovarium (rahim). Terjadinya monopause tentu saja akan disertai gejala yang akan dirasakan oleh penderitanya. Tapi pada umumnya gejala monopause dini jarang sekali disadari oleh setiap wanita. Maka dari itu berikut ini akan kami jelasakan cara mengetahi gejala monopause dini pada wanita. Adapun pejelasannya sebagai berikut!

Inilah Gejala Monopause Dini Pada Wanita

Datang Bulan Menjadi Tidak Teratur

Gejala awal yang akan dialami oleh seseorang yang akan mengalami monopause dini adalah datang bulan menjadi tidak teratur. Jika Anda mengalami hal tersebut maka alangkah baiknya segera konsultasikan kepada dokter supaya mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Terjadi Perubahan Suasana Hati

Gejala monopause dini yang kedua adalah akan mengalami perubahan suasana hati yang akan menyebabkan wanita tersebut mudah merasa marah, sedih dan sangat melankolis. Bukan hanya itu saja, meraka juga akan merasa sangat tertekan.

Perubahan Pola Tidur

Gejala monompouse dini juga akan disertai gejala yang memberikan perubahan pada pola tidur. Hal ini disebabkan karena mengalami depresi atau stres yang sangat berat dan perubahan hormon.

Sensasi Terbakar Pada Perut

Rasa panas atau terbakar pada perut ini merupakan gejala yang paling umum dirasakan oleh kebayakan wanita yang akan mengalami monopause. Namun akan tetapi jika Anda masih dalam kondisi usia dini mengalami hal tersebut maka sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bisa jadi itu merupakan salah satu gejala monopause dini.

Infestilitas 

Gejala terakhir monopause dini adalah jika kadar hormon dan datang bulan Anda mulai tidak teratur maka Anda akan mengalami gejala infestilitas atau ketidaksuburan yang akan terjadi pada wanita yang mendekati monopause dini tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai gejala monopause dini pada wanita yang harus Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Penyebab telat datang bulan selain hamil.

loading...