Gejala Paru-paru Basah

By Categories : Kesehatan

Mengetahui gejala paru-paru basah memang sangat penting untuk dilakukan karena untuk menghindari penyakit paru-paru kronis. Paru-paru basah dalam ilmu kedokteran merupakan Pheumonia yang artinya adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada paru-paru yang dipicu oleh bakteri, virus dan jamur. Virus, bakteri dan jamur merupakan salah satu penyebab utama yang menjadi pemicu munculnya penyakit paru-paru basah. Jadi, kemungkinan semua orang bisa mengalami penyakit yang satu ini. Tapi sayangnya masih banyak orang yang tidak peduli dan menganggap remeh penyakit ini karena gejala-gejalanya sangat sulit untuk dikenali atau tidak terduga.

Gejala Paru-paru Basah

Paru-paru basah itu sendiri memiliki banyak jenis dari mulai yang ringan sampai parah. Adapun jenis penyakit paru-paru basah sebagai berikut.

  • Community-acquired pneumonia (CAP): Jenis paru-paru basah yang paling umum terjadi. Jenis paru-paru basah ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan organisme yang lain.
  • Hospital-acquired pneumonia (HAP): Paru-paru jenis ini memang cenderung parah dibanding dengan CAP. Karena bakteri dan organisme pemicu paru-paru basah cenderung lebih sulit untuk diobati.
  • Aspirasi Paru-paru basah : Jenis ini terjadi karena disebabkan oleh iritasi yang menyebabkan gangguan pada paru-paru. Hal itu terjadi ketikan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Nah itulah penjelasan mengenai paru-paru basah dan macam-macamnya. Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini mengenai gejala paru-paru basah yang harus Anda ketahui.

Gejala Paru-paru Basah

  • Gejala paru-paru basah memiliki beberapa variasi tergatung dari kondisi kesehatan dari orang yang memiliki radang paru-paru.
  • Paru-paru basah biasanya menyebabkan timbulnya batuk berdahak.
    Pada paru-paru basah yang disebabkan oleh bakteri, maka semua jenis paru-paru perlahan akan terisi oleh cairan yang disebut dengan proses konsolidasi.
  • Sesak Nafas
  • Panas dingin
  • Telapak tangan sering berkeringat
  • Merasakan sakit dan nyeri pada dada, khususnya pada saat bernapas dalam-dalam, timbul bau mulut yang tidak sedap dan bibir menjadi kebiruan mengalami kekurangan oksige dalam darah.

Mendiaknosis Paru-paru Basah

Setelah mengetahui gejala paru-paru basah seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka akan memudahkan kita untuk mendiaknosis paru-paru basah. Selain itu juga bisa melakukan pemeriksaan fisik ke dokter dengan memastikan deman dan kelenjar yang bengkak. Pemeriksaan lanjutan dapat dilakukan dengan cara melalui tes darah atau dilihat dengan sinar X atau CT scan.

Itulah penjelasan mengenai gejala paru-paru basah. Semoga dengan penjelasan tersebut dapat membantu Anda untuk mengenali tanda-anda penyakit paru-paru basah pada tubuh Anda sebelum menjadi penyakit paru kronis. Selain itu juga berhentilah melakukan hal-hal yang dapat memicu penyakit paru-paru basah seperti merokok, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel mengenai Tips menjaga kesehtan jantung.

loading...
Tags:paru paru basah, pheumonia artinya