Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Harus Anda Waspadai

By Categories : Kesehatan

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi di mana terjadi kenaikan pada tekanan sistolik dan diastolik. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi jika seseorang tersebut memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Salah satu faktor yang mengakibatkan tekanan darah tinggi sendiri adalah faktor keturunan, obesitas, kurangnya berolahraga, kelainan kadar lemak dalam darah (dislipidemia), kebiasan merokok, mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Baca juga buah terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah satu penyakit yang dapat meningkatkan resiko untuk terserang penyakit gagal jantung, stroke dan juga aneurisma arterial. Sedangkan untuk gejala umum yang sering dialami penderita tekanan darah tinggi adalah sebagai berikut!

0627042620X310

Berikut adalah gejala dari hipertensi!

  • Sakit kepala
  • Pandangan menjadi kabur
  • Jantung berdebar dengan cepat
  • Mudah marah
  • Wajah kemerahan
  • Vertigo
  • Tinnitus atau telinga berdengung
  • Sulit bernapas setelah bekerja terlalu berat
  • Mudah lelah
  • Jika di malam hari sering buang air kecil
  • Mimisan atau keluarnya darah melalui hidung
  • Rasa tidak nyaman dan terasa pegal pada daerah tengkuk

Itulah beberapa dari gejala tekanan darah tinggi yang harus Anda waspadai. Apabila Anda merasakan beberapa tanda atau gejala di atas, sebaiknya Anda harus segera mengatasinya. Karena telat dalam penangannya, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan seperti:

Kerusakan jantung

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada jantung. Hal ini disebabkan karena hipertensi menyebabkan otot jantung sebelah kiri mengalami pembesaran. Pembesaran tersebut menyebabkan jantung bekerja keras untuk memompa darah. Hal tersebut tentunya dapat memberatkan kinerja jantung sehingga telat dalam penanganan dapat menyebabkan jantung menjadi tidak berfungsi kembali.

Kerusakan otak

Tekanan darah tinggi selanjutnya dapat menyenankan pembuluh darah pada otak pecah. Jika ini terjadi maka darah akan keluar dari bagian tubuh tertentu salah satunya dari hidung. Sehingga ini akan menyebabkan seseorang tersebut  menderita stroke. Tak hanya itu, juka pembuluh darah yang ada di otak pecah ini akan menyebabkan bagian otak yang lain tidak teraliri aliran darah. Sehingga hal ini akan menyebabkan bagian otak yang lain menjadi rusak.

Kerusakan mata

Selain dapat menyebabkan kerusakan jantung dan juga otak, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Ini dikarenakan pembuluh darah yang semakin lama semakin tertekan ini akan mempengaruhi pembuluh syaraf yang ada pada mata. Akibatnya syaraf mata menjadi terganggu dan dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Kerusakan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki pernanan penting untuk ekskresi tubuh. jika tubuh mengalami tekanan darah tinggi, ini akan membuat pembuluh darah pada ginjal akan semakin tertekan. Akibatnya, pembuluh darah pada ginjal menjadi rusak dan menurunkan fungsi ginjal. Sehingga ini pun akan membuat ginjal mengalami kerusakan atau gagal ginjal.

Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat untuk penderita hipertensi. Karena tekanan darah yang stabil dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam komplikasi tersebut akibat tekanan darah tinggi.

Tags:waspada tekanan darah tinggi