Gerakan Senam Aerobik untuk Menurunkan Berat Badan

By Categories : Kesehatan

Gerakan senam aerobik cukup banyak dan sangat beragam. Pada umumnya aerobik memiliki arti dengan oksigen. Sehingga aerobik merupakan suatu senam yang terdiri dari kombinasi musik dan gerakan dimana penggunaan oksigen serta pengaturan pernapasan dalam senam tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Senam aerobik sendiri merupakan salah satu latihan kardio yang sangat efektif untuk membakar lemak pada tubuh. Sehingga melakukan senam aerobik secara teratur selain dapat menjaga kesehatan, tentu saja kegiatan ini dapat menurunkan berat badan Anda.

Senam aerobik dapat dilakukan diman saja, seperti di rumah. Olahraga ini sangat cocok untuk Anda yang memang tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym atau tempat latihan. Gerakan senam aerobik sangat efektif untuk mengurangi berat badan jika diimbangi dengan pola makan sehat. Sebelum melakukan senam aerobik Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa gerakan dasar berikut ini.

  • Pemanasan

Pemanasan dilakukan agar tubuh tidak cidera ketika melakukan gerakan senam aerobik. Tujuannya adalah supaya suhu tubuh meningkat, manaikkan denyut jantung dan mempersiapakn otot persedian.

  • Latihan Inti

Ketika tubuh Anda sudah siap maka Anda dapat melakukan gerakan dengan intensitas yang lebih tinggi. Latihan inti dapat Anda lakukan dengan waktu 20-50 menit.

  • Pendinginan

Setelah Anda melakukan gerakan inti maka Anda harus mengembalikan frekuensi denyut dari jantung ke kondisi normal secara bertahap. Sebenarnya gerakan pendingingan mirip dengan gerakan pemanasan, yakni bertujuan agar otot kembali normal. Gerakan pendinginan dapat dilakukan selama 10 menit.

Macam-macam Gerakan Senam Aerobik

gerakan senam aerobik

Membakar kalori dengan aerobik sangat efektif untuk membuat bentuk badan Anda ideal. Bahkan untuk Anda yang memiliki perut buncit dapat dihilangkan dengan rutin melakukan aerobik. Berikut macam-macam gerakan aerobik yang perlu Anda ketahui.

Marching

Gerakan senam aerobik yang pertama adalah marching. Marching adalah salah satu gerakan jalan di tempat dengan mengangkat kaki secara bergantian kira-kira setinggi betis dan juga lutut yang ditekuk 90 derajat. Setiap kaki yang mendarat atau menyentuh lantai dimulai dari bola kaku dan kemudian berakhir pada tumit. Jika dilakukan secara teratur, gerakan  aerobik yang satu ini bermanfaat untuk mengecilkan paha Anda.

Jogging

Gerakan senam aerobik yang kedua adalah jogging. Saat akan melakukan jogging, Anda diharuskan untuk tengkurap. Gerakan jogging sendiri ditandai dengan kaki menekuk ke arah belakang sedangkan lutut mengarah ke lantai dengan menggunakan persendian lutut dan engkel sebagai peredam gerakan. Gerakan aerobik yang satu ini merupakan gerakan high impact.

Kicking

Gerakan aerobik selanjutnya adalah kicking. Kicking pada senam aerobik berbeda dengan gerakan kicking pada olahraga bela diri ataupun sepak bola. Yang membedakan adalah gerakan kicking pada senam aerobik mengharuskan Anda untuk mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pinggang ataupun lebih. Selain itu, gerakan ini juga merupakan jenis high impact yang berarti gerakan ini cukup banyak menguras tenaga.

Single Step

Berikutnya adalah single step. Gerakan ini mengharuskan kaki Anda melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut tersebut merapat serta mengahadap ke depan sebagai gerakan terakhir.

Double step

Sama seperti single step, perbedaannya hanya terletak pada gerakan melangkah saja, Pada double step Anda harus melangkah dua langkah ke kanan atau kiri. Untuk gerakan terakhirnya pun sama seperti single step yaitu merapatkan kaki dengan cara menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan serta lutut kaki tumpu agak ditekuk.

Discorobic

Jenis olahraga aerobik ini merupakan gabungan dari senam aerobik yang ringan dan keras. Manfaatnya selain untuk mengurangi berat badan adalah untuk menghilangkan perut buncit. Gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit biasanya dimulai dengan gerakan senam yang keras, lalu diselingin dengan gerakan senam aerobik yang ringan. Selain itu, discorobic juga cukup menyenangkan, terlebih lagi jika lagu yang Anda pilih merupakan lagu yang Anda sukai.

Rockrobic

Gerakan senam aerobik ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai jenis musik cadas. Ini merupakan gabungan dari gerakan discorobik dengab musik rock. Perpaduan tersebut membuat olahraga ini menjadi lebih maksimal. Gerakan rockrobic sangat cocok untuk Anda yang ingin mengecilkan perut buncit.

Nah itulah beberapa gerakan senam aerobik untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda coba. Baca juga artikel mengenai Gerakan yoga untuk menurunkan berat badan.

loading...
Tags:contoh gerakan senam aerobik dan gambarnya, gerakan senam aerobik, gerakan aerobik, gambar gerakan senam aerobik, gambar senam aerobik, gerakan senam aerobik beserta gambarnya, contoh gerakan senam aerobik, gambar senam, gambar gerakan senam, gerakan senam aerobic, gerakan senam erobik, gerakan senam aerobik beserta gambar, senam aerobik di rumah dan gambarnya, cara senam aerobik, tutorial senam aerobik