Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Melancarkan Persalinan

By Categories : Kesehatan

Gerakan senam ibu hamil perlu dipahami untuk mempermudah dalam proses persalinan. Pada masa kehamilan ibu hamil tentu saja wajib memperhatikan mengenai daya tahan tubuh baik untuk ibu sendiri maupun kesehatan calon bayi. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi ibu hamil juga harus melakukan olahraga yang baik untuk menjaga kesehatannya. Salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil adalah senam. Selain untuk menjaga kesehatan, senam ibu hamil sangat berguna menjaga tubuh lebih segar, fresh serta dapat membantu melancarkan persalinan. Sebelum membahas mengenai gerakan-gerakan senam Ibu hamil, berikut adalah manfaat dan hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan senam.

Gerakan Senam Ibu Hamil

senam ibu hamil

Manfaat Senam Hamil Secara Teratur

Selama kehamilan, aktivitas fisik atau olahraga juga perlu dilakukan. Karena olahraga dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Beberapa olahraga yang tepat untuk ibu hamil adalah berenang, lari kecil, yoga, dan juga senam. Manfaat senam hamil secara tertaur adalah untuk meredakan nyeri dan sakit pada masa kehamilan, membuat tidur lebih nyenyak, memperkuat sendi, memperkuat jantung dan paru-paru,  menghindarkan tubuh dari pertambahan berat badan berlebih serta meringankan nyeri selama kehamilan.

Namun tak hanya itu saja, secara psikologis senam hamil juga dapat membuat ibu hamil lebih berfikir positif karena ibu hamil akan lebih siap menghadapi persalinan. Dan setelah persalinan, senam selama hamil juga dapat membuat stamina tubuh lebih kuat seperti semula.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan senam ibu hamil

  • Sebelum senam, pastikan Anda melakukan pemanasan dan melakukan pendinginan setelah melakukan senam. Hal ini bermanfaat agar tubuh tidak kram dan lebih bugar.
  • Saat melakukan gerakan mengangkat lutut, pastikan Anda mengencangkan otot perut. Hal ini berguna untuk menghindari cedera pada sendi panggul dan punggung bawah.
  • Jaga suhu ruangan agar tidak panas dan gunakan pakaian  yang tidak terlalu tebal namun tetap menyerap keringat.
  • Mengonsumsi cukup air sebelum melakukan olahraga. Hal ini berguna untuk mencegah dehidrasi selama melakukan senam hamil.
  • Jangan memaksakan diri. Yang terpenting ketika berolahraga adalah jangan memasakan diri. Kenali kemampuan Anda ketika berolahraga. jika merasa lelah ada baiknya untuk beristirahat.
  • Hindari gerakan membalikkan badan dan memutar dengan cepat. Karena ketika hamil, tubuh akan sulit untuk menjaga keseimbangan.
  • Dan pastikan Anda memilih istruktur senam yang terpercaya.

Jika Anda tidak pernah atau sudah lama tidak berolahraga, Anda bisa memulainya dengan gerakan senam selama 5 menit dalam setiap harinya. kemudian meningkat menjadi 10 menit dan 30 menit dalam setiap harinya.

Selain dapat melancarkan persalinan, manfaat utama dari senam hamil adalah dapat membuat tubuh lebih sehat dan pikiran menjadi rileks. Saat hamil, penting sekali untuk menjaga perasaan tetap tenang dan tidak stres.

Berikut beberapa gerakan senam ibu hamil

Gerakan mencium lantai

Gerakan senam ibu hamil yang pertama adalah gerakan mencium lantai. Senam ibu hamil yang satu ini berguna untuk memperbaiki posisi bayi agar kepalanya mengarah panggul pada bayi sungsang. Gerakan senam ini sangat cocok diaplikasikan bagi ibu hamil usia 6 bulan. Cara melakukan gerakan ini pun sangat mudah yaitu awali gerakan dengan berjongkok, kemudian membungkuk secara perlahan sampai mencium tanah. Setelah itu kembali posisi semula dan lakukan hal ini beberapa kali.

Hand and back up train

Yang kedua adalah senam ibu hamil dengan gerakan hand and back up train. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara mengangkat lengan lurus di atas kepala dengan telapak tangan saling berhadapan. Tahan posisi ini selama beberapa detik kemudian regangkan kedua lengan. Lakukan gerakan hand and back up train ini berulang-ulang. Senam ini dapat dilakukan ibu hamil yang memiliki usia kehamilan 6 hingga 8 bulan.

Hip

Gerakan senam ibu hamil selanjutnya adalah hip. Gerakan ini sangat cocok dilakukan  saat usia kehamilan 8 bulan. Caranya pun mudah yaitu hanya dengan berbaring telentang pada matras dengan posisi lutut ditekuk. Setelah itu  tarik napas melalui hidung dan kencangkan otot perut. Tahan beberapa detik kemudian hembuskan nafas. Senam ini berguna untuk merileksasikan semua anggota tubuh.

Duduk dan bersila

Hal ini dapat Anda lakukan pada saat sedang bersantai. Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan membiarkan tangan berada di depan, tenangkan pikiran dan pastinya duduk dan bersila dengan badan yang tegap. Lakukan gerakan ini sesering mungkin agar badan selalu rileks.

Posisi badan merangkak

Gerakan senam untuk ibu hamil berikutnya yang dapat Anda coba adalah posisi badan yang merangkak. Caranya, posisikan lutut dan telapak tangan agar sejajar. Setelah itu tundukkan kepala lalu lihatlah bagian bawah perut. Bersamaan dengan hal tersebut angkat pinggang dan angkat kembali kepala Anda. posisi gerakan ini berguna agar otot pinggul lebih lemas  dan rileks.

baca juga : Cara mengatasi varises pada ibu hamil

Demikianlah ulasan mengenai gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan.

Tags:Gambar ibu hamil yng sakit perutnya saat senam ibu hamil, tutorial senam hamil 8 bln, senam untuk ibu hamil, senam cium lantai saat hamil 5 bulan, senam bumil, OLAHRAGA UNTUK WANITA, matras senam bumil, gambar yoga ibu hamil muda, gambar senam bumil muda, tutorial senam ibu hamil 8 bulan