Gerakan Senam Yoga untuk Ibu Hamil yang Paling Aman

By Categories : Kesehatan

Gerakan senam yoga untuk ibu hamil merupakan salah satu hal yang paling banyak ditanyakan para ibu hamil. Sebab dengan mengetahui hal ini diharapkan kesehatan ibu dan calon bayi tidak mengalami masalah. Nah Apakah Andapun sedang mencari artikel tentang masalah ini? jika iya tak perlu khawatir karena pada kali ini akan membahas hal tersebut. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Menikah dan hamil adalah momen terindah bagi pasangan suami istri. Sebab momen tersebut akan membuat pernikahan Anda semakin indah dan bahagia, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengandung. Ibu yang baru mengalami kehamilan pertama, tak jarang akan cemas dengan gerakan yang dilakukan pada kehidupan sehari-harinya. Banyak pula ibu hamil yang khawatir dengan janin di masa awal kehamilan karena masih sangat rentan.

Namun perlu diketahui latihan dan beraktivitas justru malah akan baik bagi ibu hamil. Sebab beberapa aktivitas tersebut dapat mengatasi keluhan yang dialami ibu hamil seperti tegang, otot kaku dan pegal-pegal serta Anda juga akan merasa lebih bugar dan kuat. Meskipun disarankan untuk beraktifitas namun ibu hamil juga tetap harus mengontrol gerakan serta berkonsultasi dengan dokter.

Gerakan yang tepat juga akan memberikan pengaruh positif untuk ibu hamil diantaranya yaitu dapat mengatur pernapasan sehingga dapat membantu proses persalinan. Tak hanya itu saja, penting pula untuk ibu hamil berolahraga. Sebab olahraga yang Anda lakukan tentu saja dapat membuat tubuh lebih sehat dan tidak mudah sakit. Umumnya ada beberapa olahraga yang baik untuk ibu hamil, seperti berenang, jalan kaki hingga yoga.gerakan-senam-yoga-untuk-ibu-hamil

Inilah Gerakan Senam Yoga untuk Ibu Hamil

Dari sekian banyak olahraga, yogalah yang paling sering dilakukan. Nah apaka Anda tertarik untuk mencoba olahraga ini? Jika iya, berikut adalah gerakan yoga untuk ibu hamil yang aman yang bisa Anda coba.

Gerakan Sukhasana

Yang pertama adalah gerakan sukhasana. Gerakan ini adalah gerakan yoga untuk pemula yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Cara melakukannya pun sangat mudah, Anda hanya membutuhkan matras sebagai bantalan duduk Anda sehingga tidak bersentuhan dengan lantai. Caranya, ambil posisi duduk bersila di atas matras dengan memposisikan tangan kanan dan kiri pada sisi tubuh Anda.

 Luruskan siku dan telapak tangan sehingga menempel di lantai.  Atur napas berulang kali lalu setelah itu Anda bisa menambah gerakan lain seperti gerakan mengangkat kedua tangan dari samping tubuh ke arah kepala sembari menarik napas. Gerakan yoga ini sangat berguna untuk merilekskan pikiran serta mencegah stres dan depresi pada ibu hamil.

Angle Pose

Yang kedua adalah angle pose. Gerakan yoga ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot pinggang dan bagian atas tubuh Anda, sehingga persalinan Anda lebih mudah. Cara melakukan gerakan yoga ini Anda harus dalam posisi berdiri setelah itu buka kaki selebar bahu kemudian secara perlahan angkat tangan kiri Anda dengan siku lurus lalu badan dicondongkan ke arah kiri dengan posisi miring dan bertumpu pada tangan kanan.

Mountain Pose

Gerakan senam yoga untuk ibu hamil selanjutnya adalah mountain pose. Sama seperti gerakan sukhasana, gerakan yoga yang satu ini juga sangat mudah dilakukan. Bagaimana caranya? Caranya pun sangat mudah, berdirilah di atas matras lalu angkat kedua tangan ke atas dengan posisi kaki menjinjit. Biarkan beberapa saat lalu kembali posisi semula dan ulangi lagi gerakan ini.

Selain berdiri, Anda juga bisa melakukan gerakan yoga ini pada posisi duduk. Ketika melakukannya dengan posisi duduk, pastikan posisi punggung lurus lalu angkat kedua tangan ke atas dengan kedua telapak tangan menyatu di atas.

Gerakan Yoga Berbaring

Gerakan yoga ini juga sangat mudah dilakukan. Caranya, ambil posisi berbaring dengan kedua kaki Anda menempel di dinding dan kedua tangan di samping  badan. Setelah itu Anda menarik napas seiring mengangkat panggul dari lantai ataupun matras. Lalu hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Gerakan yoga ini bermanfaat untuk mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan dan pegal di kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil serta memberikan rasa rileks pada tubuh Anda.

Gerakan Yoga Merangkak

Berikutnya adalah gerakan yoga merangkak. Caranya, posisikan tubuh seperti sedang merangkak lalu kempiskan perut Anda dan kerutkan juga anus. Lalu Anda bisa mengejan seperti layaknya saat buang air besar. Lakukan gerakan ini lebih dari 8 kali dalam satu sesi senam. Gerakan yoga yang satu ini berguna untuk mempersiapkan otot-otot bagian bawah tubuh supaya lebih lancar saat melahirkan.

Baca juga gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan

Nah itulah beberapa gerakan senam yoga untuk ibu hamil yang bisa Anda lakukan.

loading...
Tags:gerakan yoga hamil, gerakan yoga untuk ibu hamil, gerkn yoga hamil