Gerakan Senam Zumba untuk Menurunkan Berat Badan Bagi Pemula

By Categories : Kesehatan

Gerakan senam zumba sebenarnya ada banyak sekali. Hanya saja jika untuk pemula pastinya harus menyesuaikan dengan kemampuannya yaitu dengan mencoba gerakan untuk pemula. Apakah Anda mulai tertarik dengan latihan senam zumba? Jika iya, perhatikan terlebih dahulu gerakan zumba dasar untuk pemula. Daripada penasaran, simak saja ulasan berikut ini.

Siapa yang tidak tahu zumba? Setiap orang pasti sudah mengetahui olahraga yang satu ini. Saat ini zumba semakin populer dan mulai menjadi gaya hidup setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan pastinya ideal. Lantas sebenarnya apa sih manfaat senam zumba untuk tubuh?  Senam yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Selain dapat menurunkan berat badan, senam zumba juga efektif untuk mengatasi masalah kesehatan seperti stres, insomnia dan masih banyak lagi.

Sebelum memulai latihan zumba, ada beberapa hal yang perlu perhatikan. Salah satunya yaitu berkonsultasi kepada dokter, terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu, pastikan Anda mengikuti kelas zumba dengan instruktur yang berpengalaman serta pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum dan pendinginan sesudah zumba.

Bagi Anda yang tak memiliki cukup waktu untuk pergi ke pusat kebugaran, jangan khawatir. Karena Anda bisa melakukan zumba sendiri di rumah dengan diiringi musik yang pastinya menyenangkan. Lalu gerakan zumba untuk pemula seperti apa yang dapat menurunkan berat badan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.gerakan-senam-zumba

Inilah Gerakan Zumba untuk Menurunkan Berat Badan

Lakukan Pemanasan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan gerakan dasar zumba adalah dengan memulai sesi pemanasan atau warm up. Lalu bagaimana pemanasan yang tepat? caranya, mulalilah dengan jogging di tempat sebanyak 2 kali dalam 8 hitungan. Setelah itu bergeraklah ke kanan dn ke kiri dengan menyilangkan kedua tangan dan kaki.

Baca juga gerakan yoga untuk menurunkan berat badan

Lakukan gerakan ini sebanyak 2 kali dalam 8 hitungan secara lambat. Setelah itu, Anda bisa mengulangi jogging di tempat dan bergerak ke kanan dan ke kiri sebanyak 2 kali dalam 8 hitungan dengan tempo yang lebih cepat.

Merengue March

Gerakan zumba pertama yang bisa Anda coba adalah merengue march. Gerakan yang bermanfaat untuk mengecilkan lengan dan pinggang ini terbagi menjadi dua tahap yaitu dinamis dan statis.

  • Merengue march dinamis

Untuk melakukan gerakan merengue march dinamis Anda hanya perlu menekuk kedua tangan secara horizontal di depan dada. Lalu ayunkan tangan dan pinggul sambil membuka kedua kaki secara satu per satu. Setelah itu tutup kembali kaki  secara satu persatu namun tetap mengayunkan tangan dan pinggul. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 4 kali. 2 kali dalam 8 hitungan  dengan tempo lambat dan 2 kali dalam 8 hitungan  dengan tempo lambat.

  • Merengue March Statis

Yang kedua adalah merengue march statis. Cara melakukan gerakan ini pun sangat mudah, yaitu rentangkan kedua tangan lalu tarik tangan ke arah dalam dan bawah. Ikuti gerakan tersebut dengan mengayunkan pinggul ke kanan dan ke kiri. Lakukan secara bergantian tangan kanan dan kiri dengan tempo sedang sebanyak 2 kali dalam 8 hitungan.

Salsa

Salsa adalah gerakan senam zumba yang wajib di sertakan. Sama seperti merengue march, gerakan salsa juga terbagi menjadi 2 jenis gerakan yaitu basic dan 2 steps. Untuk caranya, Anda bisa menyimak di bawah ini.

  • Basic

Caranya, posisikan kedua tangan Anda yang ditekuk secara vertikal di depan dada. Buka kaki kanan dan goyangkan pinggul, kaki, tangan dan tubuh ke arah kanan. Rapatkan lagi kaki Anda sambil tetap menggoyangkan tubuh. lakukan secara bergantian dengan tempo sedang sebanyak 2 kali dalam 8 hitungan.

  • 2 steps

Gerakan salsa yang satu ini sebenarnya hampir sama seperti salsa basic. Hanya saja pada salsa ini Anda perlu menambahkan 1 langkah di setiap  arahnya. Sehingga Anda bergerak ke kanan 2 kali dan ke kiri 2 kali. Lakukan gerakan ini secara bertahap mulai dari tempotnya lambat hingga cepat. Masing-masing gerakan dilakukan 2 kali sebanyak 8 hitungan.

Kumbia

Ingin memiliki perut sixpack dan paha kencang? Lakukan gerakan kumbia ini. selain berguna untuk mengencangkan perut dan paha, gerakan kumbia ini juga dapat merampingkan pinggang dan lengan. Untuk gerakan dasar Anda bisa mencobanya dengan cara berdiri tegak dengan arah sedikit menyerong, gerakkan kaki kanan secara maju dan mundur sebanyak 1 kali dalam 8 hitungan.

Kemudian goyangkan tubuh secara meliuk-liuk dengan kaki masih digerakkan maju mundur. Lakukan gerakan ini sebanyak 1 kali dalam 8 hitungan. Ulangi gerakan tersebut untuk kaki yang satunya dengan jumlah dan tempo yang sama.

Pendinginan

Yang terakhir adalah dengan melakukan pendinginan. Untuk sesi pendinginan atau cooling down pada senam sumba tidak terlalu banyak aturan. Anda bisa jogging di tempat secara perlahan sambil mengatur napas secara perlahan.

Baca juga gerakan senam aerobik untuk menurunkan berat badan

Nah itulah gerakan senam zumba untuk menurunkan berat badan bagi pemula.

loading...
Tags:gerakan zumba, gerakan senam zumba, senam zumba untuk pemula, gambar senam zumba, gambar gerakan senam zumba, cara senam zumba, Gambar gerakan zumba, gerakan olahraga zumba, gerakan senam bokwa, gerakan senam sumba, foto gerakan senam zumba, contoh gambar gerakan zumba, Cari gambar senam zumba, getakan be el dalam senam, tutorial zum