Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

By Categories : Kesehatan

Yoga merupakan salah satu latihan gerakan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, pikiran dan serta dipercaya dapat menurunkan berat badan. Apalagi sekarang ini banyak sekali orang yang berusaha menurunkan berat badan supaya memiliki badan yang proporsional dan menarik dengan cara melakukan segala usaha. Menurunkan berat badan secara alami memang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara salah satunya dengan yoga.

gerakan yoga untuk menurunkan berat badan

Tapi terkadang seseorang sering kali merasa putus asa terlebih dahulu karena telah melakukan berbagai usaha hingga melakukan diet ketat namum tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu cobalah Anda untuk mencari alternatif yang lebih efektif dan cepat untuk mengatasi masalah berat badan Anda dengan melakukan gerakan yoga setiap hari secara rutin. Adapun gerakan yoga yang sudah sangat dipercaya untuk menurunkan berat badan adalah sebagai berikut.

Beberapa Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Gerakan Pemanasan Tadasana

Tahap yang pertama atau hal yang paling dasar dalam gerakan yoga adalah pose tadana atau yang sering disebut dengan pose gunung. Pose tadana ini merupakan tahap pernapasan ketika ingin memulai melakukan yoga. Adapun caranya adalah berdiri tegak dengan kedua tangan posisi lurus dan menutup dibagian sisi tubuh. Setelah itu regangkan tangan Anda ke depan dengan kaki menjinjit, lakukan gerakan tersebut selama kurang lebih 20-30 detik atau lakukan 10 kali secara bertahap.

Surya Namaskar (Pose Matahari )

Gerakan yoga untuk menurunkan berat badan yang kedua adalah surya namaskar atau pose matahari. Dalam pose ini adalah menggambungkan atau pertemuan ke dua belas posisi yoga yang masing-masing gerakan memiliki dampak positif bagi kesehatan khususnya dalam menurunkan berat badan. Lakukan cara kedua belas tersebut secara perlahan sampai benar-benar tubuh Anda merasakan perubahan dari setiap pergantian gerakan dari pose matahar tersebut.

Pavanamuktasana (Pose Angin )

Gerakan yoga yang ketiga adalah pavanamuktasana atau pose angin ini merupakan gerakan yang memiliki manfaat untuk mengurangi penimbunan lemak di dalam perut. Gerakan pose angin adalah cukup dengan berbaring, lalu tekuk lutut hingga perut dan tahan menggunakan kedua tangan. Tahan posisi tersebut sampai dengan 60-90 detik. Untuk lebih efektifnya bisa Anda ulangi 8-10 kali gerakan tersebut. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengulangi lagi sebaiknya Anda harus melakukan istirahat terlebih dahulu sekitar 15 detik.

Naukasana (Pose Kapal)

Inilah merupakan pose yang paling sering dilakukan seseorang yang ingin melakukan diet atau menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pose tersebut dapat memiliki manfaat untuk membuat bagian perut, paha dan lengan menjadi langsing. Adapun caranya adalah berbaring dengan posisi kaki lurus dan tangan menghadap kelangit-langit. Setelah itu tahan nafas dalam-dalam dan lepaskan bersamaan ketika Anda mengangkat kepala dan membentuk tubuh Anda seperti kapal.

Bow Pose

Bow pose juga merupakan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan selanjutnya. Cara untuk melakukan gerakan yoga yang satu ini pun cukup mudah, caranya berbaringlah di atas matras kemudian angkat tangan ke belakang dan peganglah jari-jari kaku Anda. Setelah itu, angkat dada tetapi usahakan paha tetap menempel di matras. Kemudian tarik nafas dalam-dalam dan berusahalah untuk membuat tetap santai dalam posisi ini. Manfaat bow pose ini adalah untuk membantu Anda menghilangkan lemak di bagian tersulit di tubuh. Selain itu, gerakan ini dapat menegangkan bagian paha, perut, pinggang dan juga dada.

Tree Pose

Posisi ini juga dapat Anda coba. Tree pose adalah gerakan yoga untuk pemula yang sangat mudah dilakukan untuk mengurangi berat badan dan menenangkan pikiran. Caranya, ambilah posisi berdiri yang stablil lalu angkat satu kaki ke atas dan tekuk telapak kaki ini sampai menempel ke kaki lainnya. Untuk hasil lebih maksimal, lakukan gerakan ini saat perut masih dalam keadaan kosong.

Paschimottanasana

Umumnya gerakan paschimottanasana ini sama seperti gerakan mencium lutut, hanya yang membedakannya adalah gerakan ini menggunakan alat bantu, seperti balok kayu datar untuk menyangga telapak kaki. Caranya, ambillah posisi seperti posisi mencium lutut. Kemudian letakkan balok datar sebagai alat bantu di ujung kaki Anda. Hal ini bertujuan agar kaki tetap lurus. Posisi yoga yang satu ini sangat bermanfaat untuk membakar lemak di perut serta dapat mengatasi nyeri punggung.

Butterfly

Sama halnya dengan tree pose, gerakan butterfly ini juga sangat mudah dilakukan. Karena Anda hanya harus duduk bersila. Meskipun begitu, Anda harus mempertemukan kedua telapak kaki dan pegang dengan kedua tangan. Pastikan Anda duduk dengan posisi tubuh yang tegak. Meskipun terlihat simpel dan mudah akan tetapi posisi ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Nah itulah merupakan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Baca juga Artikel mengenai Tips meninggikan berat badan dengan yoga.

loading...
Tags:yoga untuk mengurangi berat badan, tip gerakan yoga untuk menguruskan badan, senam yoga untuk menurunkan berat badan, posisi yoga melangsingkan badan, kapan gerakan senam surya namaskar di lakukan, gerakan yoga penurun berat badan, gerakan yoga dasar, gerakan senam menguruskan badan, gerakan gerakan yoga untuk memperlancar menstruasi dan menurunkan berat badan, gerakan atau pemanasan untuk menurunkan berat badan, garakan yoga yg dapat menurunkan berat badan, gambar yoga untuk menguruskan badan, gambar posisi yoga, gambar gerakan yoga pemula untuk menurunkan berat badan, gambar dan gerakan yoga matahari dan cara pernapasannya