Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

By Categories : Kesehatan

Gerakan yoga untuk pemula yang bisa dilakukan di rumah banyak  dicari oleh hampir setiap orang, baik pria ataupun wanita. Ya, sebab olahraga yang satu ini memang tidak hanya bisa dilakukan para wanita, sebab para pria pun juga bisa melakukannya. Nah apakah Anda ingin mencoba yoga? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencoba olahraga yang satu ini. Nah kali ini akan membahas mengenai gerakan yoga yang mudah untuk pemula dan bisa dilakukan di rumah.

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dan bugar? Hampir semua orang pastinya ingin memiliki tubuh yang indah, sehat dan bugar. Maka jangan heran jika saat ini olahraga merupakan suatu keharusan bagi setiap orang. Umumnya ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti jogging, senam, berenang, bersepeda hingga yoga. Diantara beberapa olahraga tersebut, yogalah yang saat ini mulai di minati.

Ya, olahraga yoga juga memiliki segudang manfaat mulai dari menjaga kelenturan tubuh, kekuatan otot, keseimbangan badan dan meredakan stres. Dari sejumlah penelitian yanga da, yoga juga bisa mengurangi gejala rasa cemas dan penyakit kronis. Olahraga ini juga dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan terapi kesehatan tradisional lainnya.

Bagi seseorang yang sudah terbiasa mungkin mereka tak akan mempermasalahkan gerakannya. Namun bagaimana dengan pemula? Pastinya akan sulit untuk melakukan gerakannya. Tak perlu khawatir, berikut adalah beberapa gerakan yoga yang tepat untuk pemula yang bisa dilakukan di rumah.gerakan-yoga-untuk-pemula

Inilah Gerakan Yoga untuk Pemula yang Paling Mudah

Gerakan Sukhasana

Yang pertama adalah gerakan sukhasana. Dari sekian banyak gerakan yoga, gerakan yoga sukhasanalah yang paling mudah dilakukan. Gerakan ini mengharuskan Anda untuk duduk bersila di atas matras yoga dan kedua tangan di lutut  serta jangan lupa pula untuk menegakkan punggung. Setelah berada di posisi tersebut, pejamkanlah mata Anda dan tarik napas secara perlahan. Gerakan yoga yang satu ini dapat membantu Anda untuk meredakan stres dan gangguan cemas lainnya.

Baca juga tips meninggikan badan dengan beberapa pose yoga

Gerakan Cat Cow Pose

Yang kedua adalah gerakan cat cow pose. Sama seperti namanya, gerakan ini sama seperti seekor kucing. Cara melakukannya pun sangat mudah, yaitu tumpukan badan Anda di letapakan tangan dan lutut lalu gerakkan tubuh Anda melengkung ke dalam dengan dagu mengarah ke dada lalu gerakkan tubuh melengkung ke luar dan ulangi beberapa kali. Gerakan ini sangat efektif untuk mengatasi sakit punggung Anda derita.

Gerakan Downward Facing Dog

Berikutnya adalah gerakan downward facing dog. Untuk melakukan gerakan yoga ini, posisikan tubuh menjadi huruf V terbalik. Bertumpulah pada tangan dan kaki lalu angkat bokong ke atas. Setelah itu Anda bisa mengangkat pergelangan kaki dengan posisi berjinjit lalu kembali seperti semula lalu jinjit lagi. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk melatih fleksibilitas tubuh.

Gerakan Tree Pose

Gerakan yoga untuk pemula selanjutnya adalah gerakan tree pose. Sama seperti namanya, gerakan ini mirip seperti pohon berdiri. Cara melakukannya pun sangat mudah, yaitu pastikan Anda berdiri tegak, kedua tangan ditangkupkan di depan dada lalu angkat kaki kanan dan lipat ke paha kiri. Tahan selama 30 detik lalu ulangi gerakan ini secara bergantian. Gerakan ini bertujuan untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda.

Gerakan Viparita Karani

Gerakan viparita karani ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat membuat aliran darah mengalir lebih lancar. Cara melakukan gerakannya pun sangat  mudah, berbaringlah dengan kedua kaki yang diangkat dan disandarkan menempel di dinding dan biarkan kedua tangan terlentang ke samping. Lakukan ini beberapa detik agar aliran darah semakin lancar dan tubuh bisa lebih sehat.

Gerakan Child’s Pose

Ingin tubuh menjadi lebih rileks dan tenang? Lakukanlah gerakan child’s pose ini. cara melakukan gerakan ini pun sangat mudah, yaitu duduklah dengan kedua kaki dilipat ke bawah lalu luruskan punggung dengan kedua tangan menjulur ke depan. Tahan napas lalu hembuskan secara perlahan. Lakukanlah hal ini sesuai dengan kebutuhan.

Gerakan Standing Mountain Pose

Gerakan berikutnya adalah gerakan standing mountain pose. Gerakan relaksasi ini bisa dimulai dengan berdiri tegak, kedua tangan di samping, lebarkan kedua bahu lalu bernapaslah dengan teratur.

Baca juga sakit perut saat haid? lakukan gerakan yoga ini untuk mengatasinya

Nah itulah beberapa gerakan yoga untuk pemula yang bisa Anda coba.

loading...
Tags:gambar wanita berhijab memakai kebaya beserta dengan hijabnya yang syari, gerakan yoga untuk pemula di rumah