Ingin Kenyang Lebih Lama? Konsumsilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Ini

By Categories : Kesehatan

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi merupakan salah satu jenis makanan yang  wajib dikonsumsi oleh setiap orang. Sebab karbohidrat memiliki peranan penting yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Seperti yang kita ketahui fungsi dari karbohidrat sangatlah beragam untuk menjaga kesehatan dan menunjang aktivitas sehari-hari. Pastinya Anda sudah mengetahui mengenai fungsi karbohidrat bagi kesehatan tubuh, selain untuk membuat tubuh menjadi lebih bertenaga, karbohidrat juga memiliki peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Tak hanya itu saja karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga sistem imun tubuh, mengoptimalkan kerja protein, mencegah ketidaksempurnaan proses oksidasi lemak dan lainnya.

Melihat betapa pentingnya karbohidrat bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu setiap orang wajib memenuhi asupan karbohidrat ini dalam setiap harinya. Untuk memenuhi asupan nutrisi yang satu ini Anda harus mengonsumsi beberapa makanan yang kaya karbohidrat. Di Indonesia sendiri nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat dan merupakan makanan pokok bagi rakyat Indonesia.Makanan yang mengandung karbohidrat

Namun tahukah Anda bahwa tidak hanya nasi yang kaya karbohidrat, kali ini akan menjelaskan mengenai beberapa makanan yang mengandung tinggi karbohidrat. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi yang Dapat Membuat Anda kenyang Lebih Lama

Beras

Sudah dijelaskan tadi bahwa beras merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi oleh setiap orang. Umumnya ada beberapa jenis beras yang dapat di konsumsi yaitu beras putih dan beras merah. Beras putih mengandung 40,6 karbohidrat dalam satu piring nasi sedangkan beras merah hanya mengandung 38 karbohidrat dalam setengah piring nasi.

Baca juga inilah makanan untuk sarapan sehat di pagi hari paling recomended yang harus dicoba

Oleh karena itu, beras merah sering dimanfaatkan oleh seseorang  yang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Disamping lebih mengenyangkan, beras merah juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun harga jual dari beras merah pun sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan beras putih.

Ubi

Yang kedua adalah Ubi. Selain beras, ubi juga sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kandungan karbohidrat yang tinggi membuat makanan ini sangat mengenyangkan. Dalam setiap 8 ons ubi terdapat 55 gram karbohidrat.

Tak hanya kaya karbohidrat saja, ubi juga kaya serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serta kaya nutrisi dan vitamin lain sepert vitamin A, vitamin C, kalium dan masih banyak lagi.

Kentang

Selain ubi, kentang juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dalam 100 gram kentang mengandung 21 gram karbohidrat. Otomatis hal tersebut dapat memberikan efek kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya. Kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, zat besi, lemak, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun Anda harus berhati-hati dalam mengolah kentang, salah dalam mengolahnya justru kentang dapat menjadi makanan berbahaya yang mengancam kesehatan.

Saat mengolah kentang lebih baik Anda merebusnya untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, hindari mengolahnya dengan cara menggoreng. Karena ketika di goreng karbohidrat dalam kentang akan turun dan kentang goreng pun kaya akan lemak yang tidak baik bagi kesehatan.

Jagung

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selanjutnya adalah jagung. Jagung merupakan salah satu makanan jenis biji-bijian yang kaya akan karbohidrat. Dalam setiap 100 gram jagung mengandung karbohidrat sebesar 25 karbohidrat. Sehingga jagung juga dapat Anda gunakan sebagai makanan pengganti nasi.Ingin Kenyang Lebih Lama Konsumsilah Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Ini

Tak hanya itu saja, rasa manis pada jagung juga dapat menjadi alternatif pemanis alami. Sedangkan vitamin A, vitamin B1 dan rendahnya kalori pada makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet ataupun tidak.

Seral

Berikutnya adalah sereal. Saat ini kita dapat dengan mudah menemukan sereal di supermarket ataupun di minimarket dekat rumah. Sehingga Anda tidak perlu bingung jika ingin mengonsumsi makanan yang satu ini. Bagi sebagian orang, mungkin menjadikan sereal sebagai menu wajib yang harus dikonsumsi saat sarapan.

Sebab sereal mengandung 98% karbohidrat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sereal juga merupakan salah satu makanan yang dapat Anda gunakan sebagai menu sahur saat puasa.

Baca juga aneka menu sahur sehat agar bisa tahan lapas hingga waktu buka puasa

Pasta

Jika Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokonya, maka berbeda dengan di Eropa. Di benua Eropa menjadikan pasta menjadi salah satu menu utama. Sebab makanan yang satu ini juga kaya karbohidrat yang mengenyangkan jika dikonsumsi.

Makanan ini sangat cocok dikonsumsi di siang hari dengan campuran daging, saus dan sayuran. Dalam satu porsi pasta mengandung 97 gram karbohidrat. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat dikonsumsi agar kenyang lebih lama.

loading...
Tags:gambar makanan yang mengandung karbohidrat, makanan pokok yang menbuat kenyang dengan waktu yang lama, makanan yang mengandung karbohidrat