Inilah 5 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Stres

By Categories : Kesehatan

Beban pekerjaan ditambah dengan masalah pribadi yang tak kunjung habis menjadi salah satu faktor dari sekian banyak memicu stress. Dalam kondisi tersebut biasanya orang akan mengalami stress, sehingga sebagian dari mereka melampiaskannya dengan melakukan sesuatu seperti mengonsumsi banyak makanan. Tidak ada salahnya jika mengonsumsi makanan asalkan sesuai dengan porsinya dan cocok dikonsumsi untuk stres. Oleh karena itu sebaiknya menghindari beberapa makanan di bawah ini saat stress, langsung saja berikut ulasannya.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Stres

Berikut Makanan yang Perlu Dihindari Saat Stres

Makanan yang Mengandung Banyak Lemak

Ketika seseorang dilanda stress, biasanya nafsu makan mereka akan langsung meningkat. Ini dikarenakan biasanya mengonsumsi makanan banyak sebagai pelampiasan agar pikiran menjadi lebih tenang. Namun sebaiknya makanan yang mengandung banyak lemak jangan dijadikan sebagai pelampiasan. Makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan atau makanan cepat saji tidak akan membantu menghilangkan rasa stress melainkan hanya menambah berat badan yang bisa mengakibatkan obesitas.

Makanan dengan Cita Rasa Pedas

Makanan yang perlu dihindari saat stress adalah makanan yang memiliki cita rasa pedas. Bukannya membantu untuk menenangkan pikiran, makanan dengan cita rasa pedas malah membuat tingkat emosi semakin naik. Akibatnya adalah rasa stress yang meningkat dan tidak terkontrol dengan baik. Selain tidak membantu untuk menenangkan, makanan dengan cita rasa pedas juga tidak baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Makanan dengan Cita Rasa Manis

Sama halnya dengan makanan pedas, makanan manis perlu dihindari ketika dalam kondisi stress. Seperti penjelasan di atas bahwa sebagian orang melampiaskan dengan makan saat mereka sedang kacau. Secara tidak sadar ketika mengonsumsi makanan manis dapat memperburuk keadaan dengan bertambahnya berat badan. Selain itu kandungan gula berlebih juga tidak baik untuk kesehatan, karena dapat memicu penyakit diabetes militus.

Es Krim

Es krim menjadi salah satu makanan untuk membangkitkan mood, karena sensasi dingin pada es krim. Namun hal ini berbeda ketika dikonsumsi saat stress. Es krim justru masuk dalam daftar makanan yang perlu dihindari saat stres.  Kandungan seperti gula dan lemak berlebih justru tidak cocok dikonsumsi saat stress. Kandungan-kandungan tersebut malah membuat suasana hati semakin cemas, dan tidak menenangkan beban pikiran.

Kentang Goreng

Siapa yang tidak suka dengan kentang goreng? Tentu banyak orang menyukai karena cita rasa gurih. Kentang goreng menjadi pantangan bagi seseorang yang mengalami stress. Ini dikarenakan kentang goreng mengandung banyak lemak serta karbohidrat sehingga dapat memicu kenaikan berat badan berlebih. Untuk itu sebaiknya perlu menahan diri ketika akan mengonsumsi kentang goreng sebagai cemilan saat dalam kondisi stress. Meskipun ingin mengonsumsinya, sebaiknya cara pengolahannya jangan digoreng melainkan direbus untuk menghindari kandungan minyak serta garam yang terlalu tinggi. Dengan begitu kentang lebih sehat saat dimakan.

Demikianlah tadi ulasan mengenai 5 makanan yang perlu dihindari saat stres yang perlu diperhatikan. BAca juga artikel menarik mengenai Makanan yang perlu dihindari saat diet.

loading...
Tags:makanan yang dihindari untuk orang stress ringan, melampiaskan stress dengan makanan pedas, pantangan makanan orang stres, stres Tak bisa dihndari