Inilah 5 Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Meskipun bukan menjadi penyakit serius, tetapi bau mulut menjadi permasalahan yang dapat menghampiri setiap orang. Permasalahan bau mulut dapat mengurangi rasa percaya diri setiap orang, apalagi ketika berhadapan dengan orang lain. Rasa tidak nyaman dan malu akan menghampiri bagi mereka yang memiliki masalah tersebut.

Selama ini sudah banyak penyebab bau mulut yang bisa saja menghampiri setiap waktu. Untuk mengatasi hal tersebut, sudah banyak cara menghilangkan bau mulut. Namun untuk itu Anda juga perlu mengetahui apa saja sebenarnya penyebab bau mulut yang bisa timbul pada setiap orang.

Penyebab Bau Mulut

Berikut Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Tidak Pernah Sarapan

Penyebab bau mulut yang pertama adalah sering melewatkan sarapan pagi. Sarapan berguna sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas seharian. Lalu hubungannya apa sarapan dengan bau mulut? Sarapan mampu meningkatkan air liur dalam mulut, sehingga membantu lidah untuk mengusir bakteri yang merupakan salah satu penyebab bau mulut. Oleh sebab itu bagi mereka yang jarang sarapan, kemungkinan besar memiliki bau mulut tidak sedap.

Sering Merokok

Tahukah Anda bahwa dengan merokok dapat menyebabkan permasalahan pada bau mulut? Merokok dapat menyebabkan permasalahan kesehatan meski dalam jangka panjang serta menimbulkan permasalahan pada bau mulut tidak sedap. Ini dikarenakan zat-zat pada rokok seperti nikotin yang menyebabkan bau mulut menjadi kurang sedap.

Minuman Beralkohol dan Mengandung Kafein

Penyebab berikutnya adalah banyak minum minuman beralkohol serta yang mengandung kafein. Minuman beralkohol dapat memicu penyakit ginjal, dan masalah lainnya termasuk bau mulut. Minuman beralkohol dan yang mengandung kafein dapat menyebabkan mulut menjadi kering akibat kurangnya produksi air liur. Pada akhirnya mulut kering yang memicu terjadinya bau tak sedap pada mulut.

Mengonsumsi Makanan Manis

Makanan manis yang dimaksud dapat berasal dari permen. Makanan manis seperti permen ternyata tidak hanya dapat merusak kesehatan gigi, melainkan juga memicu permasalahan bau mulut. Ini dikarenakan bakteri pada mulut mengeluarkan zat sulfur dengan aroma kurang sedap. Selain itu tekstur permen yang lengket, menyebabkan bakteri dalam mulut akan terkontaminasi dengan kandungan gula pada permen. Untuk itu sebaiknya pastikan Anda berkumur setelah mengonsumsi permen.

Mengonsumsi Daging

Daging merah mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun kebalikannya daging merah justru dapat menyebabkan permasalahan pada bau mulut, apalagi setelah mengonsumsi sisa dari daging masih menyangkut di gigi. Maka dari itu untuk mengatasinya cukup menggosok gigi setelah mengonsumsi daging dengan tujuan untuk menghilangkan sisa daging yang menyangkut pada gigi.

Itulah tadi pembahasan mengenai 5 penyebab bau mulut yang perlu diperhatikan. Yang terpenting adalah rajin sikat gigi 2 kali sehari (pagi dan malam) serta jangan lupa juga menggunakan obat kumur setelah sikat gigi. Baca juga artikel mengenai Cara menghilangkan bau badan.

Tags:penyakit apa yang menyebabkan bau mulut seharian meski rajin sikat gigi