Inilah Cara Menurunkan Kadar Gula Upaya Menghindari Penyakit Diabetes

By Categories : Kesehatan

Kadar gula darah merupakan sebuah istilah yang mengacu terhadap tingkat glukosa yang terdapat dalam darah. Kadar gula darah merupakan salah satu sumber energi dalam tubuh manusia. Namun jika kondisi kadar gula darah tidak normal atau tinggi maka akan menyebabkan terjadinya berbagai masalah dengan menurunnya kondisi kesehatan. Peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit dalam tubuh salah satunya adalah diabetes melitus. Menurut pernyataan yang disampaikan oleh Prof. Harum Rasyid Lubis SpPD KGH dalam sebuah seminarnya, mengatakan negara Indonesia mengalami peningkatan jumlah diabetes di angka 8.4 juta setiap tahunnya. Kondisi tersebut memang sungguh sangat memprihatinkan. Karena seperti kita tahu penyakit diabetes menurut WHO merupakan penyakit mematikan ke tiga di Dunia. Lantas apa yang harus dilakukan? Mau tida mau kita harus memerangi penyakit tersebut dengan cara menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Apakah Anda tahu bagaiamana caranya? Jika tidak tahu, maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

cara menurunkan kadar gula darah

Inilah Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Mengurangi Konsumsi Gula
Cara menurunkan kadar gula darah yang pertama adalah dengan cara mengurangi konsumsi gula. Gula sendiri merupakan salah satu hal yang sangat vital upaya mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Meskipun begitu bukan berarti Anda tidak dapat diperbolehkan mengonsumsi gula. Anda dapat mengonsumsi gula yang rendah kalori.

Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih merupakan bumbu dapur yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan terhadap seekor tikus menunjukkan bahwa dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki ekstrak yang berfungsi untuk membantu meningkatkan insulin pada orang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Adapun caranya bisa dengan dikonsumsi langsung ataupun diolah sebagai bumbu masakan.

Cuka Apel
Menurut studi yang dilakukan oleh Arizona State University, mengatakan bahwa cuka sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan cuka memiliki kandungan yang berfungsi untuk menghambat laju gula datar dan meningkatkan insulin dalam tubuh seseorang. Maka dengan begitu Anda dapat mengonsumsi cuka apel secara teratur.

Olahraga Teratur
Cara menurunkan kadar gula yang terakhir selain mengonsumsi bahan alami seperti yang dijelaskan di atas Anda juga harus melakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya dapat menurunkan 70% kadar gula darah dalam tubuh. Bisa melakukan olahraga seperti berenang, bersepeda, jogging ataupun fitnes.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara menurunkan kadar gula darah yang sangat efektif. Tapi jika Anda tidak ingin repot dengan melakukan cara yang di atas untuk menurunkan kadar gula darah. Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat dibandingkan dengan cara yang sudah di jelaskan di atas. Baca juga artikel terkait lainnya Daftar Makanan Untuk Penderita Diabetes.

loading...