Inilah Jenis Makanan yang Baik untuk Lambung

By Categories : Kesehatan

Lambung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang menyerupai seperti kantong. Lambung sendiri terletak di bawah sekat rongga badan. Pada umumnya fungsi lambung adalah sebagai tempat di mana makanan dicerna dan juga sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan. Akan tetapi jika lambung terluka ataupun terserang bakteri tentunya organ yang satu ini tidak akan bekerja atau berfungsi dengan baik dan pastinya akan menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti asam lambung’

makanan yang baik untuk lambung

Mengingat betapa pentingya fungsi dan peran lambung bagi kesehatan tubuh, tentunya ini akan membuat Anda selalu menjaga kesehatan lambung. Nah berikut adalah makanan yang baik untuk Lambung yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan lambung.

Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan lambung

Buah pisang

Makanan yang pertama adalah buah pisang. Kandungan kalium pada pisang sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan ph (derajat keasaman) di dalam lambung. Sehingga ini akan menghindarkan Anda dari nyeri lambung. Jika Anda sedang melakukan program diet, pisang merupakan buah terbaik yang dapat Anda konsumsi. Ini dikarenakan bahwa pisang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu saja pisang juga kaya akan potasium yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Kol

Makanan yang baik untuk lambung yang kedua adalah kol. Pada umumnya kol merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan gas. Maka jangan heran jika banyak orang yang menjauhi jenis sayuran yang satu ini. Akan tetapi menurut ahli naturopati, Dr. Michael T Murray dari Belleuve Washington. Kol kaya akan asam amino glutamin. Senyawa tersebut berguna untuk mengobati luka pada saluran pencernaan, melindungi lapisan perut serta memberikan nutrisi bagi sel yang ada di dalam lambung. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan ini lebih lanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Brokoli

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan lambung selanjutnya adalah brokoli. Sayuran yang berwarna hijau ini merupakan sumber kalium dan sulfur yang sangat baik. jika dikonsumsi secara teratur, sulfur yang terdapat pada brokoli bermanfaat untuk melindungi lapisan dalam kulit lambung. Tak hanya itu saja, brokoli juga kaya akan vitamin C. Di mana vitamin C memiliki peran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menangkal radikal bebas. Selain brokoli, makanan lain yang kaya akan sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.

Oatmeal

Selain bermanfaat untuk kecantikan, manfaat oatmeal lainnya juga dapat digunakan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan karbohidarat pada oatmeal berguna untuk mencegah asam lambung dan penyakit lambung lainnya. Selain oatmeal, makanan yang kaya akan karbohidrat lainnya adalah biji-bijian, beras serta sereal ganduum.

Nah itulah beberapa makanan yang baik untuk lambung.

loading...