Inilah Jenis Penyakit pada Mata yang dapat Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Penyakit pada mata terdiri dari berbagai jenis yang semuanya tentu mengganggu aktivitas Anda. Mata merupakan salah satu organ tubuh atau alat indra manusia yang memiliki peranan penting bagi kehidupan. Dengan adanya mata kita dapat melihat isi dunia dan melakukan berbagau jenis aktivitas. Berkaitan dengan mata, organ yang satu ini juga sama seperti dengan organ lainnya yang bisa terkena penyakit yang dapat mempengaruhi fungsinya. Terdapat berbagai macam jenis penyakit yang menyerang mata. Apakah Anda tahu jenis penyakit pada mata? Jika tidak tahu, maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

penyakit pada mata

Penyakit Mata

Inilah Macam-macam Penyakit pada Mata

Miopi

Gangguan pada mata yang pertama adalah miopi atau yang dikenal dengan rabun jauh ini merupakan gangguan yang membuat seseorang tidak dapat mampu melihat benda-benda yang jauh. Hal ini dikarenakan mata tidak dapat menampung cahaya tepat retina. Penyakit ini biasanya disebabkan karena aktivitas yang terlalu sering di depan komputer atau karena sering membaca sambil tidur. Nah cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan kacamata negatif untuk membantu pantulan bayangan jatuh pada retina. Baca juga menjaga kesehatan mata yang benar.

Presbiopi

Presbiopi( mata tua) merupakan penyakit pada mata yang membuat seseorang tidak dapat melihat benda-benda yang berjarak dekat maupun jauh. Hal ini dikarenakan lensa mata yang tidak bisa memipih dan mencembung. Kondisi ini dapat di atasi dengan cara menggunakan kacamata yang berlensa rangkap. Satu hal yang harus Anda tahu biasanya penyakit yang satu ini faktor umur sangat mempengaruhi tingkat keseriusannya. Dimana makin bertambah umur maka tingkat kesukaran mata makin tinggi.

Neuritis Optik

Neuritis optik adalah penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada bagian saraf optik. Saraf ini merupakan kumpulan dari dari saraf yang berfungsi untuk menghubungkan informasi yang berasal dari mata menuju ke otak. Adapun gejala awal penyakit ini adalah mata sering terasa sakit dan penglihatan mengalami gangguan. Nah sedangkan cara untuk mengatasi penyakit neuritis optik dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan dan melakukan pemeriksaan rutin.

Glukoma

Gangguan  pada mata selanjutnya adalah glukoma. Penyakit mata yang membuat seseorang tidak mampu melihat dalam jangka waktu tertentu. Penyakit ini disebabkan karena kondisi penyakit mata yang menyerang pada bagian saraf optik mata. Kondisi tekanan yang terlalu tinggi pada bagian mata merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit glukoma. Penyakit glukoma ini terdapat dua jenis yaitu gkukoma sudut terbuka dan glukoma sudut tertutup. Adapun cara untuk mengatasi dan mencegahnya adalah dengan cara melakukan pengobatan secara rutin dengan ditangani dokter yang ahli pada bidangnya. Sedangkan upaya untuk pencegahan yaitu dengan cara mengandung vitamin E, mengonsumsi air putih dan mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Katarak

Katarak merupakan salah satu penyakit paling umum menyerang hampir setiap orang. Katarak menyebabkan penglihatan penderitanya berkurang dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan penyakit ini seperti kebiasaan merokok, obesitas, hipertensi, kebiasaan mengalami alkohol, penambahan usia, penyakit diabetes yang tidak dapat dikendalikan serta paparan sinar matahari. Cara mengatasi katarak adalah dengan cara melakukan perawatan mata secara rutin dan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Mata Bintitan

Penyakit pada mata selanjutnya adalah mata bintitan. Meskipun tidak berlangsung lama, akan tetapi penyakit ini sangatlah menganggu. Penyebab utama dari mata bintitan adalah infeksi kuman stafilokokus, infeksi mata, kebiasaan mengucek mata dan peradangan pada mata. Namun Anda jangan khawatir, karena ada beberapa cara mencegah dan mengatasi mata bintitan, seperti mengonsumsi makanan kaya vitamin A, cuci tangan sebelum memegang mata serta gunakan pelindung mata.

Keratitis

Keratitis merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh virus, jamur ataupun bakteri. Penyakit ini menyerang pada bagian kornea mata. Jika pada kornea mata terdapat bintik-bintik putih sebaiknya Anda harus mewaspadainya, karena hal tersebut merupakan gejala dari penyakit keratitis ini. Penyakit ini juga tergolong penyakit mata yang sangat berbahaya, karena untuk mengatasinya penderita harus melakukan cangkok pada mata.

Mata Juling

Mata juling atau strabismus merupakan sebuah kondisi yang mengambarkan bahwa mata tidak bisa melihat dengan baik. Penyakit yang dapat terjadi pada semua orang ini memiliki gejala yaitu mata tidak fokus saat melihat dan sering terlihat oleh orang lain,  anak-anak akan sering memiringkan salah satu bagian mata untuk melihat objek dengan benar. Cara merawat seseorang yang mengalami gangguan mata ini adalah dengan cara memakai kacamata khusus untuk melatih mata agar bisa sejajar, dan melakukan latihan mata.

Penyakit Graves

Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan sistem kekbalan tubuh, karena tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Gejala penyakit graves adalah mata menjadi lebih menonjol, kehilangan kemampuan untuk melihat, sensitif terhadap cahaya, kelopak seperti tertarik dan ada tekanan kuat pada bagian dalam mata. Penyebab umum dari penyakit ini adalah kebiasaan merokok, memiliki tekanan emosi yang tinggi, terjadi penumpukan karbohidrat serta kehamilan.

Nah itulah beberapa penyakit pada mata yang perlu diwaspadai.