Inilah Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

By Categories : Kesehatan

Setiap manusia pastinya menginginkan tubuh yang sehat, bugar dan prima setiap harinya. Namun seiring dengan berjalannya usia tubuh manusia akan lebih rentan terhadap penyakit. Selain melakukan berbagai macam olahraga kita juga harus mengonsumsi makanan sehat dan higienis. Tak hanya itu saja, kita juga diharuskan untuk sesekali mengonsumsi ramuan herbal untuk pencegahan penyakit tertentu. Meskipun sudah banyak obat yang dijual di apotik ataupun toko obat lainnya, membuat obat herbal sendiri pastinya akan lebih sehat tanpa campuran bahan pengawet dan lainnya. Nah berikut adalah jenis tanaman obat dan manfaatnya yang dapat Anda jadikan rekomendasi!

Jenis tanaman obat

Macam-macam tanaman obat dan khasiatnya

Jambu biji

Jenis tanaman obat yang pertama adalah jambu biji. Jambu biji merupakan famili dari Myrtaceae yang memiliki nama latin Psidium quajava. Secara umum, tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat diare atau sakit perut. Cara memanfaatkannya pun mudah yaitu ambil daun jambu biji yang masih muda dan segar beberapa lembar. Cuci hingga bersih kemudian rebuslah daun tersebut dengan air hingga mendidih. Kemudian minumlah ramuan tersebut selagi hangat.

Daun sambiloto

Yang kedua adalah sambiloto. Daun ini dapat Anda jumpai di kebun ataupun di pekarangan rumah. Anda pun dapat dengan mudah menanam daun obat ini. Manfaat daun sambiloto sendiri antara lain untuk mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi, mengatasi demam, hingga mencegah pembentukan radang. Caranya, rebuslah daun sambiloto, saring dan kemudian minum air rebusannya.

Temulawak

Jenis tanaman obat selanjutnya adalah temulawak.  Sudah menjadi rahasia umum jika temulawak dapat digunakan sebagai obat. Berbagai macam penyakit yang dapat diatasi oleh temulawak adalah penyakit pada hati, kolesterol hingga nyeri sendi. Selain itu, temulawak juga memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang dan juga anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Kumis kucing

Daun kumis kucing juga merupakan jenis tanaman obat yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Daun ini bermanfaat untuk mengatasi sembelit, radang ginjal, menurunkan kadar gula dalam darah, masuk angin, reumatik serta dapat melindungi tubuh dari berbagai macam serangan bakteri.

Belimbing wuluh

Kandunagn vitamin C pada tanaman ini membuat belimbing wuluh digunakan sebagai tanaman obat. Manfaat  belimbing wuluh yang utama adalah untuk mengatasi sariawan, obat sakit gigi, mengatasi gusi berdarah, mengatasi batuk serta dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Pare

Meskipun memiliki rasa yang pahit, justru inilah yang membuat pare sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat pare untuk kesehatan antara lain untuk mengobati diabetes, disenteri, cacingan pada anak dan masih banyak lagi manfaat pare. Anda dapat memanfaatkan pare sebagai sayur ataupun merebusnya dengan menggunakan air.

Nah itulah beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya.

Tags:tanaman obat, tumbuhan obat, gambar gambar tanaman obat, taufik cristian