Inilah Kebiasaan Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

By Categories : Kesehatan

Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin. Seseorang yang mengidap penyakit ini, tidak dapat memproduksi ataupun merespon hormon insulin  yang dihasilkan oleh pankreas, sehingga kadar gula dalam darah meningkat.

Indonesia masuk dalam salah satu negara yang berpotensi memiliki angka penderita diabetes yang cukup tinggi. Awalnya penderita hanya dijumpai di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Namun sekarang Indonesia masuk dalam kategori yang berisiko tinggi. Terdapat dua jenis tipe diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya sering dijumpai pada anak-anak dan orang dewasa karena terjadi masalah pada sel penghasil insulin. Kondisi ini biasanya ditemukan sejak lahir Sedangkan untuk diabetes tipe 2 sering dialami oleh orang dewasa dan orang tua.

penyakit diabetes melitus

Pada umumnya ada beberapa faktor penyebab penyakit diabetes melitus, selain dari faktor keturunan diabetes melitus juga dapat disebabkan karena kebiasaan buruk seseorang.

Kebiasan Buruk Pemicu Penyakit Diabetes melitus

Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya terkena penyakit diabetes. Gejala yang dirasakan seringkali diremehkan sehingga diabetes tidak dapat dicegah. Sebenarnya diabetes dapat dicegah sejak awal jika penderita menyadarinya. Untuk mencegah agar tidak terkena diabetes, berikut beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui.

Kurang bergerak dan berolahraga

Setiap orang tentu saja sudah mengetahui bahwa kurang bergerak dan berolahraga merupakan salah satu pemicu munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu diabetes. Tahukah Anda duduk dua jam dalam setiap harinya dapat meningkatkan resiko diabetes sebesar 7%. Hal ini dkarenakan saat tubuh tidak bergerak, lemak akan semakin menumpuk dan tentu saja ini akan menyebabkan berat badan tidak ideal. Seperti yang kita ketahui obesitas merupakan salah satu  penyebab dari penyakit diabetes ini.

Makanan yang berlebih

Makan makanan yang berlebih juga dapat memicu seseorang menderita diabetes. Khususnya makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Agar terhindar dari diabetes sebaiknya batasilah mengonsumsi gula pasir yang berlebihan. Dalam sehari, sebaiknya hanya mengonsumsi 5 sendok makan gula pasir. Atau Anda pun dapat menggantinya dengan sweetener nol kalori yang memiliki GI rendah. Dengan begitu, hal ini tidak akan membuat gula darah meningkat.

Sering minum minuman bersoda

Kebiasaan yang dapat memicu penyakit diabetes selanjutnya adalah sering mengonsumsi minuman bersoda. Tahukah Anda minuman bersoda kaya akan pemanis buatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan? Salah satu akibat terlalu sering minum minuman bersoda yaitu dapat menyebabkan diabetes. oleh karena itu, mulailah untuk mengindari minuman ini agar terhindar dari penyakit diabetes melitus.

Kurang tidur

Berikutnya adalah kurang tidur. Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang buruk juga dapat beresiko terkena diabetes. Hal ini dikarenakan efek dari kurang tidur dapat menyebabkan fungsi organ di dalam tubuh mengalami penurunan. Tak terkecuali dengan fungsi pankreas. Mulailah untuk mengatur jadwal tidur Anda, agar memiliki kualitas tidur yang baik dan terhindar dari segala macam penyakit.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji

Selain praktis dan simpel, makanan cepat saji juga memiliki rasa yang enak. Namun kandungan lemak yang terkandung di dalamnya dapat membuat kadar kolesterol jahat semakin banyak. Jika kolesterol LDL atau kolesterol jahat meningkat, tentu saja hal ini akan dapat memicu penyakit diabetes.

Penyakit diabetes biasanya terjadi melalui beberapa tahapan termasuk dalam tahap pre diabetes. Untuk itu Anda disarankan untuk memeriksakan kadar gula darah secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan dan sebagai usaha pencegahan penyakit diabetes yang sangat baik. Untuk kadar gula darah normal seseorang adalah antara 70-100 mg/dl. Ini kondisi dimana seseorang telah berpuasa selama 8 jam dan < 140 mg/dl yang dilakukan pemeriksaan dua jam setelah makan.

Beberapa orang yang berisiko terkena diabetes adalah sebagai berikut.

  • Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.
  • Orang yang memiliki keturunan atau riwayat keluarga terkena diabetes.
  • Orang yang mengalami penyakit darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.
  • Orang dewasa yang berusia lebih dari 45 tahun serta memiliki riwayat tinggi kolesterol dan darah tinggi.
  • Orang yang pernah menjalani tes gula darah dan masuk kategori pra diabetes atau gejala diabetes.
  • Orang yang menderita penyakit resistensi insulin atau seseoarang yang tidak mampu menghasilkan insulin.

Bagi penderita diabetes, mengontrol makanan yang masuk ke tubuh merupakan hal yang sangat penting. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi diabetes cukup banyak, diantaranya adalah mengkudu, pare, manggis, buncis, ginseng, kayu manis, buah ceri, jeruk, dan nanas.

Nah itulah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus. Baca juga  cara pencegahan penyakit diabetes melitus.

loading...