Inilah Makanan Penyebab Gangguan Pencernaan

By Categories : Kesehatan

Makanan penyebab gangguan pencernaan perlu Anda ketahui agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit pencernaan seperti diare, mulas, sembelit, kembung, bowel syndrome dan asam refluks. Penyakit gangguan pencernaan ini menjadi masalah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada umumnya ada beberapa penyebab dari gangguan pencernaan itu sendiri. Salah satu penyebab gangguan pencernaan yaitu makanan yang tidak bersih dan tidak higienis. Umumnya ada beberapa jenis gangguan pencernaan yang sering menyerang saluran pencernaan. Diantaranya yaitu:

Penyakit batu empedu

Gangguan pencernaan yang pertama adalah karena adanya penyakit batu empedu. Penyakit batu empedu merupakan peradangan kantong empedu karena adanya batu yang berasal dari pengkristalan kolesterol. Selain rasa sakit, penyakit batu empedu juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami demam tinggi dan sakit kuning. Untuk pengobatannya, metode yang direkomendasikan para dokter ahli adalah dengan operasi pengangkatan kantong empedu melalui operasi laparoskopi.

Refluks gastroesofagus

Refluks gastroesofagus atau penyakit asam lambung dikenal sebagai GERD. Penyakit yang satu ini terjadi ketika asam lambung naik ke atas kerongkongan ataupun ulu hati karena cincin otot esofagus tidak dapat menutup dengan baik. Ketika asam lambung naik, penderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti nyeri pada ulu hati, nyeri saat menelan dan lainnya.

Keracunan makanan

Keracunan makanan juga merupakan penyebab gangguan pencernaan yang perlu diwaspadai. Seseorang akan mengalami keracunan makanan jika makanan yang dikonsumsi terkontaminasi bakteri E. coli dan salmonella. Penyebab makanan terkontaminasi paling umum adalah tidak dimasak dengan baik, tersentuh oleh tangan yang kotor, melewati batas kadaluarsa dan disimpan terlalu lama. Gejala keracunan makanan yang perlu diwaspadai antara lain mual, muntah dan pusing. Jika tidak sembuh dan cenderung semakin parah, disarankan untuk segera menemui dokter.

Penyakit usus buntu

Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi di dalam usus buntu. Seseorang yang terkena penyakit ini awalnya akan sakit perut di bagian tengah. dan perlahan akan perpindah menuju sumber peradangannya, yaitu perut bawah sebelah kanan. Penyebab usus buntu sendiri hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Para ahli berpendapat bahwa kondisi ini disebabkan karena adanya penyumbatan pintu masuk usus buntu oleh kotoean ataupun karena pembengkakan kelenjar getah bening pada dinding usus halus. Satu-satunya cara untuk mengobati usus buntuk adalah dengan cara operasi pengangkatan usus buntu tersebut.

Jika Anda sering mengalami masalah yang satu ini, berikut adalah makanan penyebab gangguan pencernaan yang perlu Anda hindari.

Makanan yang Menyebabkan Gangguan Pencernaan

makanan penyebab gangguan pencernaan

Makanan pedas

Makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan yang pertama adalah makanan pedas. Makanan pedas yang terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan heratbun. Hal ini pun diakui oleh beberapa peneliti. Mereka menyatakan bahwa makanan yang berbahan dasar cabai dan merica mampu memicu terjadinya heartbun.

Pemanis buatan

Makanan penyebab gangguan pencernaan yang kedua adalah pemanis buatan atau gula buatan. Sering mengonsumsi permen karet bebas gula akan tetapi dibuat dengan sorbitol dipercaya dapat menyebabkan diare dan juga kram perut. Hal ini dikarenakan sorbitol yang Anda konsumsi tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Sehingga seseorang yang terlalu sering mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan masalah pada ususnya.

Makanan yang digoreng

Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini? Makanan yang digoreng merupakan salah satu makanan terfavorit bagi kita semua salah satunya yaitu gorengan. Akan tetapi makanan yang satu ini juga dapat menyebabkan masalah pada pencernaan Anda yaitu salah satu penyebab diare. Tak hanya itu saja, gorengan juga merupakan makanan enak yang kaya akan lemak trans. Yaitu lemak jahat yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Aneka produk susu

Makanan penyebab gangguan pencernaan selanjutnya adalah aneka produk susu. Produk susu dapat menyebabkan masalah lactose intolerant. Lactose intolerant merupakan masalah pencernaan yang sering kali timbul saat seseorang mengonsumsi susu. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah perut kembung, diare dan permasalah pada usus. Oleh karena itu sebaiknya Anda membatasi atau menghindari produk susu jika Anda merupakan salah satu penderitanya.

Makanan asam

Berbagai macam makanan asam yang biasanya Anda konsumsi juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Makanan asam seperti buah jeruk, lemon dan juga saus tomat dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Sehingga hal ini dapat menyebabkan maag dan mulas pada perut. Hal ini terjadi jika Anda mengonsumsi makanan asam dalam keadaan perut yang masih kosong. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari yang satu ini agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Makanan berlemak

Yang terakhir adalah makanan berlemak, berbagai macam makanan berlemak penyebab gangguan pencernaan adalah kentang goreng, steak, iga dan juga es krim. Tak hanya sebagai makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan, makanan berlemak juga dapat menimbulkan refluks asam pada pencernaan.

baca juga manfaat kencur bagi kesehatan

Nah itulah beberapa makanan penyebab gangguan pencernaan yang sebaiknya Anda hindari.

loading...
Tags:syari cantik, Pantangan untuk anak ganggun pencernaan, www obat gatal paling manjur com, makanan penyebab gangguan saluran cerna, style syar\i cewek kampus kurus, makanan yang perlu di hindari pada orang sakit gangguan pencernaan, makanan yang Tak boleh bagi penderita gangguan pencernaan, makanan yang dihindari untuk gangguan saluran pencernaan, makanan untuk gangguan pencernaan seperti mulas, makanan yang harus dihindari bagi penderita gangguan pencernaan, makanan dilarang utk Gangguan pencernaan, larangan makan gangguan pencernaan, gangguanpencernaan, gangguan pencernaan pada lambung larangan makan, cewe cantik berhijab syari